Brissonneau et Lotz

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Brissonneau et Lotz dulunya adalah sebuah produsen bakal pelanting asal Prancis, yang memproduksi lokomotif dan gerbong kereta api.[1] Perusahaan ini pun pernah memasok bakal pelanting untuk Paris Metro.[1]

Pada tahun 1972, perusahaan ini diambil alih Alstom, sehingga namanya diubah menjadi Alsthom Groupe Brissonneau. Perusahaan ini didirikan di Nantes, namun pasca diambil alih oleh Alstom, perusahaan ini pun mengakuisisi dan mendirikan pabrik serta bengkel baru di beberapa wilayah di Prancis.

Produksi mobil[sunting | sunting sumber]

Pada dekade 1950-an, perusahaan ini sempat memproduksi mobil kabriolet kecil, berdasar pada Renault 4CV, dan diluncurkan pada musim panas tahun 1956. Dua tahun kemudian, selama tahun 1958 dan 1959, pabrik mobil diperbesar, karena perusahaan ini menerima kontrak dari Renault untuk merakit model baru dari Renault Floride. Mobil ini, yang kemudian juga diubah namanya menjadi Renault Caravelle, tetap diproduksi di pabrik ini hingga tahun 1968.[1][2]

Perusahaan ini juga menerima kontrak dari Opel untuk memproduksi bodi dari mobil Opel GT. Perusahaan ini pun memproduksi bodi untuk beberapa mobil lain hingga akhirnya pabrik ditutup pada tahun 1996.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]

Sumber[sunting | sunting sumber]

  1. ^ a b c Bellu, René (2002). "Automobilia". Toutes les voitures françaises 1959 (salon Paris Oct 1959). Paris: Histoire & collections. 21: 14. 
  2. ^ "Brissonneau & Lotz: History of the Creil facility" (dalam bahasa French).