Brinda Karat

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Brinda Karat
বৃন্দা কারাট

AP
Anggota Politburo Partai Komunis India (Marxis)
Mulai menjabat
2005
Anggota Parlemen – Rajya Sabha
Mulai menjabat
2005
Daerah pemilihanBengal Barat
Informasi pribadi
Lahir17 Oktober 1947 (umur 72)
Kalkuta, Bengal Barat, India
Partai politikPartai Komunis India CPI-M-flag.svg
PasanganPrakash Karat
Tanda tangan

Brinda Karat (bahasa Bengali: বৃন্দা কারাট) (kelahiran 17 Oktober 1947)[1] adalah seorang politikus komunis dari India, yang terpilih pada Rajya Sabha sebagai anggota Partai Komunis India (Marxis) PKI(M), pada 11 April 2005 untuk Bengal Barat.

Pada 2005, ia menjadi anggota wanita pertama Politburo PKI(M).[2] Ia juga menjadi sekretaris jenderal Ikatan Wanita Demokratik Seluruh India (IWDSI) dari 1993 sampai 2004,[3][4] dan kemudian menjadi Wakil Presidennya.[5]

Biografi[sunting | sunting sumber]

Masa kecil dan pendidikan[sunting | sunting sumber]

Brinda Karat lahir di Kalkuta, di mana ia menjalani masa kecil awalnya dalam sebuah keluarga dengan empat bersaudara, yang meliputi satu saudara dan tiga saudari. Ayahnya adalah Sooraj Lal Das. Ia kehilangan ibunya Oshrukona Mitra, pada usia lima tahun. Ia memiliki seorang saudari, Radhika Roy yang menikah dengan Prannoy Roy.

Brinda dididik di Sekolah Khusus Perempuan Welham yang elit di Dehradun dan, pada usia 16 tahun, ia berusaha untuk mendapatkan Gelar B.A.-nya di Miranda House, sebuah kolese yang berafiliasi pada Universitas Delhi. Pada 1971, ia berusaha untuk mendapatkan gelar M.A. dalam bidang Sejarah di Universitas Kalkuta

Karier politik[sunting | sunting sumber]

Pada 1967, setelah lulus dari Miranda House, ia pergi ke London, di mana ia bekerja pada Air India di Bond Street selama empat tahun. Ketika bekerja pada Air India, ia mengkampanyekan perlawanan terhadap penyuruhan mengenakan rok di maskapai penerbangan tersebut ketimbang saree. Markas besar Air India akhirnya menyetujuinya dan sejak saat itu para wanita yang bekerja pada maskapai penerbangan tersebut di London dapat memiliki apakah ia mau mengenakan saree atau rok sebagai seragam mereka.

Dalam sebuah wawancara, Karat berkata bahwa ia kembali ke India karena bermotivasi untuk bekerja bagi masyarakat.[6] Ketika bekerja di London, ia mengikatkan diri dengan anti-imperialis, dan gerakan anti-perang pada Perang Vietnam dan ideologi Marxis.[7] Ia bergabung dengan demonstrasi-demonstrasi anti perang di London.

Pada 1971, ia memutuskan untuk meninggalkan pekerjaannya dan kembali ke Kalkuta, di mana ia bergabung dengan Partai Komunis India (Marxis) PKI(M). Ia memulai karya politiknya sebagai aktivis pelajar sejak pengenalan Partai tersebut ketika ia menjadi pelajar di Universitas Kalkuta.

Keluarga[sunting | sunting sumber]

Ia menikah dengan Prakash Karat, orang asal Kerala dan pemimpin PKI(M) terkenal, yang memegang jabatan sebagai sekretaris jenderal pada saat ini. Saudarinya Radhika Roy menikah dengan Prannoy Roy, pendiri dan CEO NDTV.[8] Pada 2005, ia berakting dalam Amu,[9] sebuah film yang dibuat oleh kemenakannya, Shonali Bose, pada kerusuhan Anti-Sikh pada 1984. Ia juga merupakan kerabat dari sejarawan Marxis Vijay Prashad.

Karya sastra[sunting | sunting sumber]

Brinda adalah penulis dari Survival and Emancipation: Notes from Indian Women's Struggles. Buku ini adalah sebuah buku komprehensif tentang gerakan wanita India dari perspektif sayap kiri.[2][3]

Daftar pustaka[sunting | sunting sumber]

  • Survival and Emancipation: Notes from Indian Women's Struggles. Three Essays Collective, New Delhi, 2005.ISBN 81-88789-37-2.

Referensi[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]