Breiðafjörður

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Breiðafjörður
Zona pasang surut di pulau Skáleyjar, Breiðafjörður, Islandia
Bangunan dan rumah penduduk di daerah Breiðafjörður
Pulau Elliðaey di Breiðafjörður
Teluk utama dan fiord Islandia. Breiðafjörður dan Faxaflói adalah teluk terbesar di Islandia.

Breiðafjörður (bahasa Islandia: [ˈpreiːðaˌfjœrðʏr̥], terj. har. fiord lebar) adalah sebuah teluk dangkal yang besar, di daerah barat Islandia, dengan lebar sekitar 50 km dan panjangnya 125 km. Teluk ini memisahkan wilayah Westfjords (Vestfirðir) dari semenanjung Snæfellsnes di selatan. Breiðafjörður dikelilingi oleh pegunungan, termasuk Kirkjufell dan gletser Snæfellsjökull di semenanjung Snæfellsnes, serta tebing burung Látrabjarg di ujung Westfjords. Banyak fiord yang lebih kecil memanjang ke daerah bagian dalam Breiðafjörður, yang terbesar adalah Hvammsfjörður di sudut tenggaranya. Salah satu fitur menarik dari teluk ini adalah daratan di utara yang terbentuk sekitar 15 juta tahun yang lalu, tetapi daratan di selatan baru berusia setengahnya.[butuh klarifikasi]

Bentang alam[sunting | sunting sumber]

Breiðafjörður memiliki daratan dan pemandangan laut yang terdiri dari laut dangkal, fyord dan teluk kecil, serta daerah intertidal, dengan sekitar 3.000 pulau, pulau kecil, dan pulau karang. Daerah ini berisi sekitar setengah dari daerah intertidal Islandia dan daerah pasang surutnya bisa mencapai enam meter. Batuan dasar terbentuk selama vulkanisme retakan pada zaman Tersier akhir. Daerah ini sebagian besar terdiri dari lava basaltik yang terkikis oleh gletser selama zaman kuarter, menciptakan lanskap yang beragam. Ada beberapa situs panas bumi, beberapa diantaranya hanya terlihat saat air surut.

Flora dan fauna[sunting | sunting sumber]

Zona pasang surut yang besar di daerah ini menngasilkan keanekaragaman hayati dan produktivitas yang tinggi. Kawasan ini juga memiliki hutan alga yang luas dan habitat penting lain bagi ikan dan invertebrata. Daerah ini mrupakan habitat dari 230 spesies tanaman vaskular dan sekitar 50 spesies burung yang berkembang biak disini. Beberapa diantaranya seperti camar biasa, camar glaucous, elang ekor putih, eider biasa, guillemot hitam, dan phalarope abu-abu. Daerah ini merupakan tempat pementasan penting bagi angsa brent dan burung kedidi simpul merah (Calidris canutus. Anjing laut biasa dan anjing laut abu-abu sering mementaskan diri pada pulau-pulau dan karang di daerah ini.

Beberapa spesies cetacea yang umum ditemukan termasuk lumba-lumba biasa, lumba-lumba paruh putih, paus pembunuh, dan paus minke.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]

Koordinat: 65°15′N 23°15′W / 65.250°N 23.250°W / 65.250; -23.250