Breakfast at Tiffany's

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Jump to navigation Jump to search
Breakfast at Tiffany's
Breakfast at Tiffanys.jpg
Poster film tahun 1961
Sutradara Blake Edwards
Produser Martin Jurow dan Richard Shepherd
Penulis Truman Capote (novel)
George Axelrod (skenario)
Pemeran Audrey Hepburn
George Peppard
Patricia Neal
Buddy Ebsen
Martin Balsam
Mickey Rooney
Musik Henry Mancini
Sinematografi Franz Planer and Philip H. Lathrop
Penyunting Howard A. Smith
Distributor Paramount Pictures
Tanggal rilis
5 Oktober 1961
Durasi
115 menit
Bahasa Inggris
Anggaran $2.500.000

Breakfast at Tiffany's adalah film roman komedi karya sutradara Blake Edwards dengan peran utama Audrey Hepburn dan George Peppard. Film ini meraih dua Academy Award tahun 1961 untuk Musik Asli Terbaik (Henry Mancini), dan Lagu Terbaik "Moon River" (Johnny Mercer dan Henry Mancini) yang dinyanyikan sendiri oleh Hepburn.

Diangkat dari novel pendek berjudul sama karya Truman Capote, film ini menceritakan wanita muda yang senang berpesta bernama Holly Golightly. Akting Hepburn sebagai Holly Golightly mendapat nominasi Academy Award untuk Aktris Terbaik. Penampilan Hepburn dalam Breakfast at Tiffany's sebagai Holly Golightly yang tinggi langsing mengenakan bergaun pesta warna hitam dan pipa rokok panjang, telah menjadi salah satu simbol film Amerika Serikat abad ke-20.

Skenario[sunting | sunting sumber]

Truman Capote ingin Marilyn Monroe memerankan Holly Golightly sewaktu menjual hak untuk memfilmkan novel Breakfast at Tiffany's kepada Paramount Studios.[1] Ketika Monroe tidak dipilih dan peran tersebut dipercayakan kepada Audrey Hepburn, Capote berkomentar, "Paramount sudah betul-betul mengkhianati saya dan memasang Audrey."[1]

George Axelrod menulis skenario berdasarkan novel Capote, dan masuk nominasi Piala Oscar tahun 1961. Axelrod mengubah akhir cerita pada novel yang tidak tuntas menjadi penyelesaian happy ending gaya Hollywood.

Sinopsis[sunting | sunting sumber]

Film dibuka dengan adegan Holly Golightly (Audrey Hepburn) berdiri memandangi jendela etalase toko perhiasan Tiffany's di Manhattan sambil menikmati sarapan pagi berupa kue. Holly adalah seorang wanita muda yang masa kecilnya tidak bahagia, menikah di usia 14, dan pindah dari Hollywood ke New York. Di New York, Holly bekerja sebagai gadis panggilan kelas atas, sambil sekali-sekali menjadi pembawa pesan rahasia bagi bos mafia yang sedang dipenjara. Setelah dilamar salah seorang pria terkaya di dunia, Holly berencana pergi ke Brazil untuk menikah dengannya.

Holly secara kebetulan bertemu dengan tetangga satu apartemen bernama Paul Varjak (George Peppard). Walaupun dirinya sendiri tidak mengaku, Paul adalah simpanan seorang wanita pengusaha yang berusia lebih tua. Cerita berkisar pada hubungan antara Holly dan Paul, serta sejumlah pria yang mengejar cintanya. Hubungan Holly dengan mafia menyebabkan dirinya berurusan dengan polisi. Akibatnya, rencana pernikahan Holly dengan pria terkaya di dunia di Brazil menjadi batal. Calon suaminya sedang memulai karier di bidang politik, dan tidak mau menerima Holly yang sudah memiliki catatan kriminal.

Selain adegan di depan toko Tiffany's, adegan terkenal dalam film ini antara lain adegan Hepburn menyanyikan lagu "Moon River" di jendela apartemen, dan ketika Holly mencari kucing (Orangey) di tengah hujan lebat.

Academy Award[sunting | sunting sumber]

Penghargaan Penerima
Musik Asli Terbaik (Original Music Score) Henry Mancini
Lagu Terbaik: "Moon River" Johnny Mercer
Henry Mancini
Nominasi:
Aktris Terbaik Audrey Hepburn
Penata Seni Terbaik (Best Art Direction) Hal Pereira
Roland Anderson
Sam Comer
Ray Moyer
Skenario Adaptasi Terbaik George Axelrod

Pemeran[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ a b Barry Paris, Audrey Hepburn, Berkley Books, 1996.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]