Bratukhin B-5

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas


Bratukhin B-5 adalah sebuah helikopter transportasi prototipe Soviet twin-rotor yang dirancang oleh biro desain pesawat Bratukhin.

B-5 adalah desain yang lebih baik dan lebih besar berdasarkan biro sebelumnya G-4, sebuah helikopter twin-rotor, dengan masing-asing rotor didorong oleh mesin radial Ivchenko AI-26. Setiap mesin itu ditempatkan di sebuah pod pada cadik dengan rotor terkait di atas. Program ini ditunda menunggu mesin yang tepat dan B-5 belum selesai sampai 1947, hanya membuat beberapa hop singkat sebelum program itu ditinggalkan karena getaran dan meregangkan struktural.

Sebuah varian ambulans udara, Bratukhin B-9 dibangun tapi ditinggalkan tanpa diterbangkan. Varian lain adalah Bratukhin B-10 yang memiliki mesin uprated 575 hp (429 kW) dan dimodifikasi untuk digunakan dalam peran observasi artileri dengan sebutan militer VNP (Vosdushnii Nabludatelnii Punk - Aerial Observation Point). B-10 memiliki tiga kursi untuk kru, kabin bisa menahan tiga penumpang atau peralatan. B-10 terbang pada tahun 1947, tetapi meskipun tidak memiliki masalah sayap kekakuan B-54, menunjukkan penanganan yang memadai seperti B-5 dan B-9 juga ditinggalkan. Sebuah varian dengan peningkatan varian dibangun sebagai Bratukhin B-11.

Referensi[sunting | sunting sumber]