Toa Payoh

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
(Dialihkan dari Braddell)
Nama
Inggris: Toa Payoh
Tionghoa: 大巴窑
(Pinyin: Dàbāyáo)
Melayu: Toa Payoh
Tamil: தோ பயோ

Toa Payoh (Hanzi: 大巴窑; Hanzi: Dàbāyáo) adalah nama sebuah daerah di Singapura. Di daerah ini terdapat sebuah terminal bus (bus interchange) yang besar, stasiun MRT, gedung HDB Hub (kantor pusat HDB) yang terdiri dari perkantoran dan pertokoan, sebuah taman umum, pusat perbelanjaan, serta kawasan perumahan yang kebanyakannya flat-flat bangunan pemerintah.

Selain itu, di Toa Payoh juga terdapat Perpustakaan Toa Payoh yang terdiri dari tiga lantai. Di sekitar perpustakaan, yang letaknya sedikit lebih jauh dari stasiun MRT dan terminal bus, ada banyak deretan toko-toko kecil yang menjual berbagai macam barang, misalnya pakaian, makanan, perlengkapan rumah dan lain-lain.

Kata "Toa Payoh" merupakan dialek Hokkien yang secara harafiah berarti "rawa-rawa besar", karena daerah ini sebenarnya memang merupakan rawa-rawa besar yang kemudian disulap menjadi kawasan perumahan.

Braddell adalah nama sebuah daerah di Singapura. Letaknya di bagian tengah negara tersebut, dekat dengan Toa Payoh. Di daerah ini terdapat sebuah stasiun MRT (Stasiun Braddell), rumah-rumah susun, sebuah kuil Tionghoa yang besar, serta Sekolah Menengah Beatty (Beatty Secondary School).

Secara resmi, Braddell saat ini adalah bagian dari Toa Payoh New Town.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  • Victor R Savage, Brenda S A Yeoh (2003), Toponymics - A Study of Singapore Street Names, Eastern Universities Press, ISBN 981-210-205-1
  • Norman Edwards, Peter Keys (1996), Singapore - A Guide to Buildings, Streets, Places, Times Books International, ISBN 9971-65-231-5