Boys Don't Cry (film)

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Boys Don't Cry
BoysDontCryPoster1999.jpg
Poster film Boys Don't Cry
SutradaraKimberly Peirce
ProduserJeffrey Sharp
John Hart
Eva Kolodner
Christine Vachon
SkenarioKimberly Peirce
Andy Bienen
PemeranHilary Swank
Chloë Sevigny
Peter Sarsgaard
MusikNathan Larson
SinematografiJim Denault
PenyuntingTracey Granger
Lee Percy
Perusahaan
produksi
Hart-Sharp Entertainment
IFC Films
Killer Films
DistributorSearchlight Pictures
Tanggal rilis
Durasi
118 menit[1]
NegaraAmerika Serikat
BahasaInggris
Anggaran$2 juta
Pendapatan kotor$20.741.000[2][3]

Boys Don't Cry adalah film biografi drama kriminal Amerika Serikat tahun 1999 yang disutradarai oleh Kimberly Peirce dan diproduseri oleh Jeffrey Sharp, John Hart, Eva Kolodner dan Christine Vachon. Naskah film ini ditulis oleh Kimberly Peirce dan Andy Bienen. Film ini dibintangi oleh Hilary Swank, Chloë Sevigny dan Peter Sarsgaard.

Film Boys Don't Cry ditayangkan secara perdana di Festival Film Venesia pada tanggal 2 September 1999 dan dirilis di Amerika Serikat pada tanggal 22 Oktober 1999.[4] Film ini mendapatkan review positif dari para kritikus.

Plot[sunting | sunting sumber]

Brandon Teena (Hilary Swank) adalah seorang pria trans muda yang memiliki nama lahir Teena Renae Brandon.[5] Ketika Brandon diketahui sebagai transgender oleh saudara lelaki dari mantan kekasih Brandon, ia menerima ancaman pembunuhan. Segera setelah itu, ia terlibat dalam perkelahian di kedai dan diusir dari mobil karavan sepupunya. Brandon kemudian pindah ke Falls City, Nebraska, tempat ia bertemu dengan mantan narapidana John Lotter (Peter Sarsgaard) dan Tom Nissen (Brendan Sexton III) serta teman-teman mereka Candace (Lecy Goranson) dan Lana Tisdel (Chloë Sevigny). Brandon menjalin asmara dengan Lana, yang awalnya tidak menyadari anatomi dan masa lalu Brandon yang bermasalah. Mereka berdua berencana untuk pindah ke Memphis di mana Brandon akan mengelola karier bernyanyi karaoke Lana. Akhirnya, malam harinya, mereka berhubungan seks.

Polisi menahan Brandon atas tuduhan yang muncul sebelum relokasi. Mereka menempatkan Brandon di penjara wanita di Falls City. Lana menyelamatkan Brandon dan bertanya mengapa ia ditempatkan di penjara wanita. Brandon berusaha membohongi Lana dan mengatakan bahwa ia dilahirkan interseks (dalam film mengatakan "hermafrodit") dan akan segera menerima operasi rekonstruksi genital, tetapi Lana menghentikannya dan menyatakan cintanya untuk Brandon terlepas dari jenis kelaminnya. Namun, ketika Brandon berada di penjara, Candace menemukan sejumlah dokumen yang mencantumkan nama lahir Brandon, Teena Brandon, lalu ia dan teman-temannya terkejut dan jijik dengan berita itu. Mereka memasuki kamar Brandon, mencari barang-barang Brandon dan menemukan beberapa literatur transgender yang menegaskan kecurigaan mereka. Tom dan John langsung melakukan kekerasan terhadap Brandon, memaksanya untuk melepas celana Brandon dan mengungkapkan alat kelaminnya. Mereka mencoba membuat Lana melihatnya sendiri, tetapi Lana menutup matanya dan berbalik. Setelah perkelahian ini, Tom dan John menyeret Brandon ke mobil John dan pergi ke lokasi yang terisolasi di mana mereka memukuli Brandon dan memerkosanya secara brutal.

Setelah itu, mereka membawa Brandon ke rumah Tom. Meskipun ia terluka, Brandon melarikan diri melalui jendela kamar mandi. Meskipun para penyerangnya mengancam Brandon dan memperingatkannya untuk tidak melaporkan serangan itu ke polisi, Lana membujuk Brandon untuk melakukannya. Namun, kepala polisi terbukti tidak peduli dengan kejahatan yang menimpanya daripada "krisis identitas seksual" Brandon.

Kemudian, John dan Tom mabuk dan pergi ke rumah Candace. Lana mencoba untuk menghentikan mereka, tetapi mereka menemukan Brandon, yang telah bersembunyi di gudang terdekat. John langsung membunuh Brandon dengan menembaknya di bawah dagu. Tom menembak kepala Candace ketika Lana berkelahi dengan mereka dan memohon mereka untuk berhenti. Tom menikam tubuh Brandon yang tak bernyawa. John dan Tom melarikan diri dari tempat kejadian, sementara Lana yang menangis berbaring di tubuh Brandon. Pagi berikutnya, Lana terbangun di samping mayat Brandon. Ibu Lana datang dan membawanya pergi dari tempat kejadian. Ketika Lana meninggalkan Falls City, sebuah surat yang ditulis oleh Brandon kepadanya terdengar di sulih suara.

Pemeran[sunting | sunting sumber]

  • Hilary Swank sebagai Brandon Teena
  • Chloë Sevigny sebagai Lana Tisdel
  • Peter Sarsgaard sebagai John Lotter
  • Brendan Sexton III sebagai Marvin "Tom" Nissen
  • Lecy Goranson sebagai Candace
  • Jeannetta Arnette sebagai Linda Tisdel, ibu Lana
  • Matt McGrath sebagai Lonny, sepupu Brandon
  • Alison Folland sebagai Kate Lotter, saudara John dan sahabat Lana
  • Lou Perryman sebagai Sheriff Charles B. Laux
  • Cheyenne Rushing sebagai Nicole, kekasih pertama fiksi Brandon di Lincoln
  • Libby Villari sebagai perawat[6]

Tanggapan Kritikus[sunting | sunting sumber]

Film Boys Don't Cry mendapatkan review positif dari para kritikus. Berdasarkan Rotten Tomatoes, film ini memiliki rating 88%, berdasarkan 78 ulasan, dengan rating rata-rata 7,9/10.[7] Berdasarkan Metacritic, film ini mendapatkan skor 86 dari 100, berdasarkan 33 kritik, menunjukkan "pengakuan universal".[8]

Box Office[sunting | sunting sumber]

Film Boys Don't Cry mendapatkan $11.540.607 di Amerika Utara dan $9.200.393 di negara lain. Total pendapatan yang dihasilkan oleh film ini mencapai $20.741.000, melebihi anggaran produksi film $2 juta.[2]

Pada pembukaan akhir pekan, film ini mendapatkan $73.720, menempati posisi ke-43 di box office.[2]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Boys Don't Cry (18)". British Board of Film Classification. November 9, 1999. Diarsipkan dari versi asli tanggal November 17, 2015. Diakses tanggal November 14, 2015. 
  2. ^ a b c "Boys Don't Cry (1999)". Box Office Mojo. Diakses tanggal July 14, 2020. 
  3. ^ "Boys Don't Cry (1999)". The Numbers. Diakses tanggal July 14, 2020. 
  4. ^ "'Boys Don't Cry' filmmaker saw past violence to love". CNN. October 22, 1999. Diakses tanggal July 14, 2020. 
  5. ^ D'Erasmo, Stacey (October 1999). "Boy Interrupted". Out Magazine. Diarsipkan dari versi asli tanggal May 18, 2015. 
  6. ^ "Boys Don't Cry Acting Credits". The New York Times. Diarsipkan dari versi asli tanggal November 17, 2015. Diakses tanggal October 6, 2015. 
  7. ^ "Boys Don't Cry (1999)". Rotten Tomatoes. Diakses tanggal February 13, 2018. 
  8. ^ "Boys Don't Cry reviews". Metacritic. Diakses tanggal February 13, 2018. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]