Bourrée

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Tarian Bourrée di Auvernia, awal abad ke=20
People dancing bourrée in a folk ball.
People dancing bourrée in a folk ball

The bourrée (bahasa Ositan: borrèia; juga di Inggris, borry or bore) adalah tarian asal Prancis dan kata-kata serta musik yang menyertainya. Bourrée menyerupai gavotte karena dalam waktu ganda dan sering kali memiliki ritme daktilik. Namun, ini agak lebih cepat, dan frasa ini dimulai dengan anacrusis seperempat batang atau "pick-up", sedangkan gavotte memiliki anacrusis setengah batang.

Di era Barok, setelah Academie de Dance didirikan oleh Louis XIV pada tahun 1661, istana Prancis mengadaptasi bourrée, seperti banyak tarian lainnya, untuk tujuan konser dance. Dengan cara ini ia memberi nama untuk karakteristik langkah balet tarian, gerakan cepat kaki saat en pointe atau demi-pointe, dan urutan langkah yang disebut pas de bourrée.

Bourrée menjadi gerakan opsional dalam rangkaian tarian klasik, dan J. S. Bach, Handel, dan Chopin menulis bourrées, tidak selalu bermaksud untuk ditarikan.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Berkas:Page 1 of the dance la Bouree d'Achille published in 1700 by Feuillet.jpg
Delapan batang tarian direkam dan diterbitkan oleh Feuillet pada tahun 1700
Irama Bourrée
Irama Bourrée lain.

Bourrée berasal dari Auvergne di Prancis. Kadang-kadang disebut "tarian bakiak Prancis" atau "dedak para sabot". Pertama kali arus sebagai arus masuk pada tahun 1665 di Clermont-Ferrand, masa perang ini masih bertahan di Auvergne di Massif Central dan di departemen Ariège dan ditarikan selama orang-orang di Prancis dan di negara lain. Tarian masa kini di Auvergne yang lebih rendah, juga disebut Montagnarde (Montanhardas), dalam waktu tiga kali lipat sedangkan tarian Auvergne tinggi yang disebut Auvergnate (Auvernhatas) dalam waktu ganda. Varian modern yang disebut bourrées ditarikan sebagai tarian mitra, lingkaran, tarian persegi, dan tarian garis.

Bagaimanapun bourrées telah disusun sebagai karya musik abstrak sejak pertengahan abad ke-16. Michael Praetorius menyebutkannya dalam ringkasan musiknya Syntagma musicum dan memperkenalkannya sebagai tarian di Terpsichore-nya. Namun demikian, tidak ada notasi awal tari dan sulit untuk menilai interaksi awal antara tari rakyat dan tari keraton. Secara musikal, bourrée mengambil bentuk biner umum dari gerakan tari klasik, kadang-kadang diperluas oleh bourée kedua, keduanya dimainkan dalam bentuk terner A– (A) –B – A.

Marguerite de Navarre, yang merupakan saudara perempuan Raja Swedia, memperkenalkan tarian tersebut ke istana Prancis pada tahun 1565 dan itu populer sampai masa pemerintahan Louis XIII (1601–1643) dan membuka banyak bola, tetapi borrée membutuhkan beberapa waktu untuk tampil dalam notasi tari balet awal dari teater barok Prancis. Langkah dengan dua gerakan tidak diilustrasikan oleh Feuillet tetapi muncul di Rameau sebagai "benar" pas de bourée, langkah yang lebih sederhana, dengan satu gerakan, diidentifikasikan dengan armada. Langkah dasar, dengan satu gerakan awal (yaitu plié di kaki penyangga) dan tiga perubahan berat badan berikutnya dalam suatu takaran, dapat dilakukan dalam banyak variasi, dan variasi dari langkah ini muncul secara umum di sepanjang notasi tarian yang diterbitkan di abad kedelapan belas, dimulai dengan Feuillet pada tahun 1700.

Langkah minuet adalah pas composé, sebuah langkah yang terdiri dari langkah-langkah yang lebih mendasar. Pas de bourée dari satu gerakan adalah paruh kedua dari langkah minuet yang paling umum, langkah minuet dari dua gerakan, atau "satu dan satu armada", seperti yang dijelaskan oleh master bahasa Inggris Tomlinson. Pas de bourée langka dari dua gerakan, yang disebutkan di atas, terjadi sebagai variasi anggun di beberapa passapied yang direkam, sebagai bagian dari langkah minuet tiga gerakan.

Yuri Khanon " L'Os de chagrin " ( selingan opera "The Shagreen Bone ") Final: Bourrée

Diresmikan dalam balet klasik, langkah melompat dari bourrée menjadi langkah cepat dan meluncur, sering kali en pointe atau demi-pointe, salah satu urutan langkah balet yang paling banyak digunakan. Pas de bourrée, lebih dikenal sebagai "sisi depan belakang" atau "sisi depan belakang", adalah urutan gerakan cepat yang sering dilakukan sebagai persiapan untuk langkah yang lebih besar. Terkadang, itu dimulai dengan perpanjangan dari leg pertama sementara demi plié, menutupnya ke yang kedua karena keduanya transit ke relevan, memperpanjang leg kedua ke posisi terbuka dan lagi menutup pertama ke kedua di demi plié, atau dengan kaki lurus jika cepat atau sebagai langkah terakhir dari sebuah rantai . Ada beberapa varian. A pas de bourrée piqué mengangkat kaki di sela-sela langkah. [1]

Dalam Der Vollkommene Capellmeister (Hamburg, 1739), Johann Mattheson menulis tentang bourrée, "ciri khasnya terletak pada kepuasan dan sikap yang menyenangkan, pada saat yang sama ia agak riang dan santai, sedikit malas dan santai, meskipun tidak menyenangkan ". [2]

Johann Sebastian Bach sering menggunakan bourrée di suite-nya sebagai salah satu gerakan tarian opsional yang muncul setelah sarabande tetapi sebelum gigue, ia juga menulis dua bourrée pendek di Notebooknya untuk Anna Magdalena Bach . Bahwa dalam Lute Suite di E Minor (BWV 996) sangat populer.

Handel menulis beberapa bourrée di kamar sonata solonya (misalnya gerakan keempat sonata Oboe di C minor ); Namun, mungkin yang paling terkenal adalah gerakan ketujuh dari rangkaian Water Music (Handel).

Pada abad ke-19 Frédéric Chopin dan Emmanuel Chabrier menulis bourrées untuk piano (seperti Bourrée fantasque yang terakhir, disusun tahun 1891). Komposer Inggris Victoria, Sir Hubert Parry memasukkan bourrée ke dalam Lady Radnor Suite (1894).

Dalam musik populer[sunting | sunting sumber]

Bourrée telah digunakan oleh sejumlah band musik pop dan rock, terutama <a href="https://en.wikipedia.org/wiki/Bourr%C3%A9e_in_E_minor" rel="mw:ExtLink" title="Bourrée in E minor" class="cx-link" data-linkid="121">Bach's E minor Bourrée</a> karya Bach untuk lute . Pada tahun 1969 baik Bakerloo dan Jethro Tull merilis versi ini, yang pertama sebagai single, "Drivin 'Bachwards", di Harvest Records (HAR 5004) pada bulan Juli dan pada album debut self-title mereka (Harvest SHVL 762) pada bulan Desember berikutnya, yang terakhir di album Agustus mereka Stand Up . Paul McCartney juga menyatakan bahwa The Beatles telah mengenal lagu itu sejak lama dan itu telah menginspirasi lagunya Blackbird . [3] Jimmy Page dari Led Zeppelin sering memainkan bagian pembuka Bourrée di E minor sebagai bagian dari solo pertunjukan live Heartbreaker, dan dia juga menggambarkan intro gitar akustik dan perekam untuk Stairway To Heaven Zeppelin sebagai "a poor man bourrée" . Tenacious D memainkan rendering singkat di " Rock Your Socks " di album eponim mereka dan di "Classico" di album kedua mereka. Gitaris rock Blues Saraceno memainkan versi jazz di awal dan akhir lagu "Bouree" di album ketiganya, Hairpick .

Adaptasi bourée yang lain:

  • Instrumental "Evil Eye" dari album Rising Force karya Yngwie Malmsteen dimulai dengan bourrée oleh Johann Krieger .
  • Intro untuk lagu "Totentanz" di album band thrash metal Coroner,dalam album karyanya <a href="https://en.wikipedia.org/wiki/R.I.P._(Coroner_album)" rel="mw:ExtLink" title="R.I.P. (Coroner album)" class="cx-link" data-linkid="150">R.I.P.</a>, adalah bourrée yang digubah oleh Robert de Visée .
  • The Fifth Estate 's "Ding Dong! The Witch Is Dead "memiliki bagian tengah yang terdiri dari bourrée oleh Michael Praetorius dari Dances Terpsichore .
  • Album 2010 The Family Stand In 1000 Years memiliki versi jazz bourrée in E minor.

Lihat juga[sunting | sunting sumber]

  • Tarian desa
  • Polska
  • Branle

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Ballet Dictionary", ABT website.
  2. ^ Bach. The French Suites: Embellished version. Barenreiter Urtext.
  3. ^ "YouTube". www.youtube.com. 

Tautan luar[sunting | sunting sumber]