Bottlesmoker

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Jump to navigation Jump to search

Bottlesmoker
Bottlesmoker performed at Malang 01.jpg
Bottlesmoker saat tampil di Malang. Dari kiri ke kanan: Anggung Suherman, Ryan Adzani.
Latar belakang
Asal Bandung, Indonesia.
Genre Electronic
toytronica
indietronica
Tahun aktif 2005–sekarang
Label Neovynil Netlabel
Disconinjaz Records
Dystopiaq Records
Misspelled Records
Shining Records
Tsefula/Tsefuelha Records
Yes No Wave Music
Artis terkait Sunday Carousel
The Milo’s Ajie Gergaji
Peppy
Stars and Rabbit
SRXBS
Situs web bottlesmoker.asia
Anggota

Bottlesmoker adalah duo musisi elektronik Indonesia yang berasal dari Bandung. Duo yang terdiri dari Anggung Suherman dan Ryan Adzani ini menciptakan lagu-lagu dengan memodifikasi sendiri instrumen musik mereka, konsep penciptaan musik yang sering dikenal dengan istilah circuit-bending.[1][2] Mereka juga suka menggunakan instrumen musik mainan seperti glockenspiel, hand bell, melodika, bahkan alat/mainan apapun yang bisa menghasilkan suara seperti handphone mainan, radio, hingga Nintendo DS.[3] Bottlesmoker juga menciptakan instrumen mereka sendiri seperti Noise Box, Theremin, 8 Step Sequencer, sehingga Bottlesmoker dapat memproduksi musik yang begitu unik yang tidak dimiliki musisi lain.[3] Dengan berbagai macam instrumen tersebut, mereka mengombinasikan suara-suara unik dari berbagai macam instrumen tersebut dan menciptakan musik elektronik yang selalu mereka bagikan secara gratis.

Perjalanan Karier[sunting | sunting sumber]

Sejak tahun 2005, duo musisi ini telah mulai menciptakan musik eksperimental dalam cakupan genre pop elektronik yang disebut indietronic instrumental, yang pada masa itu masih merupakan sesuatu yang langka di Indonesia. Bottlesmoker lahir dengan keinginan untuk menyimpang dari cara biasa dalam membuat musik. Pada tahun-tahun awal ini, musik mereka yang bergaya instrumental dengan tempo rendah masih kurang mendapat respon dari kebanyakan penikmat musik di negaranya sendiri yang lebih dahulu familiar dengan beat musik elektronik semacam techno house bertempo cepat.[4]

Anggung "Angkuy" Suherman dan Ryan "Nobie" Adzani menciptakan musik mereka hanya dari dalam kamar, sebuah cara yang tidak lazim dibandingkan dengan musisi lain yang merekam karya mereka di studio rekaman. Cara berkarya seperti ini yang kemudian lebih dikenal dengan istilah bedroom music (musik kamar tidur atau sebelumnya terkenal sebagai musik lo-fi) karena karya musik yang dapat diciptakan bahkan dari dalam kamar tidur. Pada masa awal berkarya, mereka menggunakan platform Myspace. Saat itu mereka masih sering memakai konsep SASE (Self Address Stamped Envelopes) untuk menyebarkan lagu-lagu mereka kepada siapapun di seluruh dunia secara gratis.[5] Mereka menggunakan metode ini karena sadar dengan konsep musik mereka yang tidak cocok dengan label rekaman konvensial.

Pada tahun 2006, Bottlesmoker merilis album pertama mereka, Before Circus Over secara gratis di Myspace,[4][6] yang kemudian dirilis kembali pada tahun 2008 di bawah naungan Neovinyl Netlabel,[7] sebuah netlabel asal Spanyol. Pada tahun yang sama, Bottlesmoker mendapat tawaran untuk merilis album kedua Slow Mo Smile oleh Probablyworse Records asal Amerika Serikat,[6][8] yang kemudian dirilis ulang nantinya oleh Neovinyl Netlabel pada tahun 2011. Masih pada tahun 2008, mereka memproduksi EP berjudul Walls & Messenger Day, sebagai hasil gabungan dari dua lagu dalam EP tersebut: "Walls" dan "Messenger Day". Pada tanggal 7 Juli 2010, Tsefula/Tsefuelha Records, netlabel yang berbasis di Jakarta, merilis single kolaborasi Bottlesmoker dengan Sunday Carousel dan Ajie Gergajie berjudul Before Circus Over + Frozen Scratch Cerulean.

Pada tahun 2012, Misspelled Records menggandeng mereka untuk merilis album bertajuk Let's Die Together in 2012, sebuah album yang sangat terasa perbedaannya dibanding album-album mereka sebelumnya. Pada tahun yang sama, Bottlesmoker merilis album kolaborasi berjudul "On The Other Hands" berisi lagu-lagu mereka dari album terdahulu yang telah di-remix oleh 10 musisi lain. Album selanjutnya berjudul Hypnagogic, sebuah album yang dirilis di bawah naungan label Dystopiaq pada tahun 2013 dan berisi 22 lagu. 20 lagu dari album Hypnagogic tersebut kemudian kembali di-remix oleh 20 musisi berbeda pada tahun 2015 dengan judul Bottlesmoker On The Other Hands; Hypnagogic Remix dan dirilis oleh 2 label berbeda yang kemudian bergabung, yaitu Tsefula/Tsefuelha Records dan Yes No Wave Music, netlabel yang berbasis di Yogyakarta. Pada tanggal 14 juli 2016, Bottlsemoker menelurkan EP bertajuk "Polarity" dengan 3 lagu dari 5 lagu di dalamnya dibuat berkolaborasi dengan beberapa musisi lain. Pada tahun 2017, Bottlesmoker bekerja sama dengan etnomusikolog Palmer Keen asal Amerika Serikat yang sedang melakukan ekspedisi field recording kesenian daerah di Indonesia menggunakan platform Aural Archipelago,[9][10][11][12][13] untuk menghasilkan album mereka yang bertajuk Parakosmos dan dirilis bertepatan dengan netlabel day, yaitu pada tanggal 14 Juli.[14][15]

Diskografi[1][16][sunting | sunting sumber]

Penghargaan dan Pencapaian[sunting | sunting sumber]

Tahun Penghargaan Kategori Hasil
2010 AVIMA (Asia Voice of Independent Music Awards)[17][18] Best Electro / Dance Act Menang (Gold)
Best Electro / Dance Song Menang (Bronze)
INAICTA (Indonesia Information and Communications Technology Award)[8] Best Digital Music Menang
ICEMA (Indonesia Cutting Edge Music Awards) Favourite Electronica Song Nominasi (Lima Besar)
Asian Music Festival, Manila, Filipina Delegasi Indonesia Delegasi
2011 Festival Padjadjaran Awards[8] Best Music Video Clip Menang
Best Concept Video Clip Menang
Best Director Menang
Asian Echo, Shanghai & Beijing (China) Delegasi Indonesia Delegasi
Fete dela WSK, Manila, Filipina Delegasi Indonesia Delegasi
2013 Handshake Records Anniversary Party, Beijing, China Delegasi Indonesia Delegasi
Canal Kylin International Music Festival, Beijing, China Delegasi Indonesia Delegasi

Galeri[sunting | sunting sumber]

Casio dan Nintendo DS terlihat pada salah satu penampilan Bottlesmoker
Hand bell yang digunakan Bottlesmoker
Bottlesmoker saat tampil di Malang
Bottlesmoker saat tampil di Malang

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ a b Hilman (22 November 2012). "INF 2012 Zine: Tentang Bottlesmoker | Indonesian Netlabel Union". Indonesian Netlabel Union. Diakses tanggal 2 Oktober 2018. 
  2. ^ Silenzi, Andrea (27 Juni 2013). "Bottlesmoker: Electronic Music Made with Custom Toy Instruments in Bandung, Indonesia" [Bottlesmoker: Musik Elektronik Dibuat dengan Instrumen Mainan yand Dikustomisasi di Bandung, Indonesia]. ccCommunity (dalam bahasa Inggris). The Free Music Archive. Diakses tanggal 2 Oktober 2018. 
  3. ^ a b "BOTTLESMOKER INTERVIEW" [Wawancara Bottlesmoker]. YES/NO MUSIC (dalam bahasa Inggris). 14 Mei 2013. Diakses tanggal 3 Oktober 2018. 
  4. ^ a b "BOTTLESMOKER: D.I.Y. Electro-pop-indietronic music from INDONESIA". Reykjavik Boulevard (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2018-10-02. 
  5. ^ "KapanLagi.com: Profil Bottlesmoker", KapanLagi.com (dalam bahasa Inggris), diakses tanggal 2017-08-07 
  6. ^ a b "Bottlesmoker, Musik Elektronik yang Eksperimental". MLDSPOT. 30 Maret 2016. Diakses tanggal 2 Oktober 2018. 
  7. ^ "Bottlesmoker - Before Circus Over". Discogs (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 3 Oktober 2018. 
  8. ^ a b c "Mendunia Tanpa Gembar-Gembor Media Mainstream." Majalah Energia. 11.2 (2015): 62-63. Digital.
  9. ^ Zaki, Mohammad (20 Juni 2017). "Bottlesmoker Meramu Kesenian". Rolling Stone Indonesia. Diarsipkan dari versi asli tanggal 26 Juni 2017. Diakses tanggal 6 Agustus 2017. 
  10. ^ "Bottlesmoker Rilis Album Baru Bernuansa Etnis". Tempo Seleb (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2017-08-07. 
  11. ^ "5 Fakta Menarik Album Baru Bottlesmoker, Parakosmos!". hai.grid.id. Diakses tanggal 2017-08-07. 
  12. ^ Adcha, Fachrul (17 Juli 2017). "Bottlesmoker Luncurkan Parakosmos". BICARA MUSIK. Diakses tanggal 7 Agustus 2017. 
  13. ^ S, Widya (26 Juli 2017). "Unduh Gratis dan Legal Album Baru 'Parakosmos' dari Bottlesmoker". Qubicle Music. Diakses tanggal 7 Agustus 2017. 
  14. ^ "Netlabel Day - About us" [Netlabel Day - Tentang Kami]. Netlabel Day (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 7 Agustus 2017. 
  15. ^ "BOTTLESMOKER "Parakosmos"". YES NO WAVE MUSIC. 14 Juli 2017. Diakses tanggal 2 Oktober 2018. 
  16. ^ "Bottlesmoker Discography" [Diskografi Bottlesmoker]. Discogs (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2017-08-06. 
  17. ^ "FULL AVIMA 2010 Winners List (Official Release)". Voize.My. 3 Mei 2010. Diarsipkan dari versi asli tanggal 11 Mei 2010. Diakses tanggal 3 Oktober 2018. 
  18. ^ "Independent OPM Artists bagged 6 Golds at AVIMA 2010 - Glamour Moments". Glamour Moments (dalam bahasa Inggris). 8 Mei 2010. Diakses tanggal 3 Oktober 2018. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]