Borrell II dari Barcelona

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Jump to navigation Jump to search
Rotlle-genealogic-borrell-II-de-barcelona.jpg

Borrell II († 993) merupakan seorang Comte Barcelona, Girona, dan Osona dari tahun 945 dan Comte Urgell dari tahun 948.

Borrell pertama kali terlihat bertindak sebagai Comte selama pemerintahan ayahandanya Sunyer pada tahun 945 di konsekrasi gereja biara Sant Pere de les Puelles di Barcelona. Pada tahun 947, Sunyer pensiun ke kehidupan monastik dan menyerahkan pemerintahan wilayahnya bersama-sama kepada putranya Borrell dan Miró I. Pada tahun 948, Borrell mewarisi Urgell dari pamandanya Sunifred II.[1] Sunyer meninggal pada tahun 950, dan Miró meninggal pada tahun 966, meninggalkan penguasa tunggal Borrell lebih dari separuh Catalunya Kuno, status yang menyebabkan orang luar dan penjilat menyebut dia sebagai dux Gothiae, "Adipati Gothia". Dokumen-dokumennya sendiri hampir semuanya merujuk kepadanya hanya sebagai comes et marchio, "Comte dan Markis".[2]

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Borrell adalah putra Sunyer. Pada tahun 967 ia menikahi Letgarda, yang diduga adalah putri comte Toulouse atau Rouergue berdasarkan nama-nama yang diberikan kepada anak-anaknya. Olehnya Borrell memiliki dua orang putra dan dua orang putri: Ramon Borrell (972-1017), Ermengol (974-1010), Ermengarda dan Richilda. Setelah kematian Letgarda pada sekitar tahun 986, ia menikahi Eimeruda dari Auvergne pada tahun 987.

Karier militer Borrell tampaknya tidak berbeda - ia tercatat hanya berjuang dua pertempuran dan tampaknya telah kehilangan keduanya - dan itu di bawah pemerintahannya bahwa Barcelona dipecat pada tahun 985 oleh pemimpin Muslim Almanzor.[3][4] Di sisi lain, ia jauh lebih sukses sebagai diplomat. Sebelum serangan 980-an, dan mengurangi sebuah serangan oleh Khalifah al-Hakam II segera setelah suksesi pada 961, ia mempertahankan hubungan baik dengan penguasa Muslim dari Cordoba dan juga mengirim utusan ke raja-raja kaum Franka.[5] Selanjutnya, pada tahun 970, ia berlayar ke Roma untuk bertemu dengan Paus Yohanes XIII dan Kaisar Otto I.[6]

Borrell juga merupakan pelindung pembelajaran dan budaya. Pada 967, Borrell mengunjungi biara Aurillac dan Abbas meminta comte untuk mengambil Gerbert dari Aurillac (calon Paus Silvester II) bersamanya agar bocah itu dapat belajar matematika di Spanyol. Pada tahun-tahun berikutnya, Gerbert belajar di bawah arahan Uskup Atto dari Vic, sekitar 60 km sebelah utara Barcelona, dan mungkin juga di Biara Santa Maria de Ripoll.[7] Dia juga dibawa ke kedutaan 970 ke Roma, di mana Paus membujuk Otto untuk mempekerjakan Gerbert sebagai guru bagi putranya yang masih muda, calon kaisar Otto II.

Pada tahun 985 Marca Hispanica diserang oleh jenderal Muslim Almanzor, yang berhasil merebut Barcelona, ​​yang dijarah dan dihancurkan. Banyak warga ditawan oleh pasukan Muslim.[8] Borrell mengirim permintaan bantuan kepada Raja Lothaire III, saat ini Raja Franka Barat,[9] tetapi meskipun dokumen Borrell mengacu pada perintah kerajaan yang pasti datang dari kedutaan ini,[10] bantuan militer sebenarnya berada di luar kekuasaan Lothaire. Apa yang tampaknya telah menjadi permohonan serupa kepada Hugues Capet menghasilkan surat dari Hugues kepada Borrell menjanjikan bantuan jika comte lebih suka "mematuhi kita daripada orang-orang Ismael",[11] tetapi dalam hal apapun Hugues tidak bisa membujuk bangsawannya untuk mendukung ekspedisi selatan.[12] Tidak ada jawaban atas surat Hugues yang diketahui dari Borrell, dan hubungan antara Marca dan Perancis secara efektif rusak. Para sejarahwan Catalunya sekarang menganggap ini sebagai titik di mana bangsa mereka menjadi kekuatan berdaulat, dan milenium kemerdekaan mereka dirayakan pada tahun 1987 dengan konferensi dan berbagai publikasi; namun tampaknya Catalunya menetapkan selain tautan yang dipertahankan Borrell dengan mahkota Franka untuk waktu yang lebih lama.[13]

Dari 988, putra Borrell, Ramon Borrell dan Ermengol muncul sebagai penguasa di wilayah yang dibagi, dengan Ramon Borrell menjadi comte Barcelona, ​​Girona, dan Osona dan Ermengol menjadi comte Urgell[14] Namun Borrell II melanjutkan mengeluarkan dokumen dan tur domainnya, dan ketika dia sakit pada tahun 993 di Castellciutat dekat La Seu d'Urgell, wasiat yang dia buat disediakan untuknya hidup lebih lama dari para pelaksananya.[15] Namun, itu tidak terjadi, dan kematiannya segera menyusul.[16]

Catatan[sunting | sunting sumber]

  1. ^ An old historiography confuses Borrell's father Sunyer with Sunifred I Count of Cerdanya (928-66). The correct succession to the Catalan counties was clarified by Prosper de Bofarull, Los Condes de Barcelona Vindicados, y Cronología y Genealogía de los Reyes de España considerados como Soberianos Independientes de su Marca. Tomo I: abraza los siete primeros, desde el año 874 al 1035. Barcelona 1836, reprinted 1990.
  2. ^ Jonathan Jarrett, Pathways of Power in late-Carolingian Catalonia. Ph. D. thesis, University of London, 2005, pp. 192–93.
  3. ^ Catalunya Carolíngia V: els comtats de Girona, Besalú, Empúries i Peralada. Editors Santiago Sobrequés i Vidal, S. Riera i Viader, Manuel Rovira i Solà, completed by Ramon Ordeig i Mata. Barcelona: Institut d'Estudis Catalans 2005. Doc. no. 457.
  4. ^ Pierre de Marca, Marca Hispanica sive Limes Hispanicus, hoc est geographica & historica descriptio cataloniae, ruscinonis, & circumiacentium populorum. Edited by Étienne Baluze. Paris 1688; reprinted Barcelona 1972 & 1989. Translated by J. Icart as Marca Hispànica, o País de la Frontera Hispanica: versió catalana. Barcelona 1965. Appendix no. CXXXIII.
  5. ^ Philippe Sénac, "Note sur les relations diplomatiques entre les comtes de Barcelone et le califat de Cordoue au Xe siècle". Histoire et Archéologie des Terres Catalanes au Moyen Âge. Edited by Philippe Sénac. Perpignan 1995, pp. 87–101.
  6. ^ Richer, Histories, cap. III.43. Edited as Richer von Sankt-Remi: Historiae'[pranala nonaktif permanen]. Editor Harmut Hoffmann. Monumenta Germaniae Historica: Scriptores 38. Hannover: Hahn 2000.
  7. ^ Mayfield, Betty (August 2010). "Gerbert d'Aurillac and the March of Spain: A Convergence of Cultures". Mathematical Association of America. 
  8. ^ Gaspar Feliu i Montfort, La presa de Barcelona per Almansor. Història i mitificació Archived December 19, 2008, at the Wayback Machine.. Barcelona: Institut d'Estudis Catalans 2007.
  9. ^ The Letters of Gerbert with his Papal Privileges as Sylvester II, translated with an introduction. Translated by H. P. Lattin. Records of Civilisation: sources and studies 60. New York 1961. No. 77
  10. ^ Diplomatari de la vila de Cardona, anys 966–1276: Arxiu Parroquial de Sant Miquel i Sant Vicenç de Cardona, Arxiu Abacial de Cardona, Arxiu Históric de Cardona, Arxius Patrimonials de les masies Garriga de Bergus, Pala de Coma i Pinell. Edited by A. Galera i Pedrosa. Colleció Diplomataris 15. Barcelona: Fundació Noguera 1998. Doc. no. 7
  11. ^ Lattin, Letters, no. 120.
  12. ^ Richer, Historiae IV.12.
  13. ^ J. Dufour, "Obédience respective des Carolingiens et des Capétiens (fin Xe siècle–début XIe siècle)". Catalunya i França Meridional a l'entorn de l'any mil: la Catalogne et la France méridionale autour de l'an mil. Colloque International du D. N. R. S./Generalitat de Catalunya « Hugues Capet 987-1987 : la France de l'an mil », Barcelona 2-5 juliol 1987. Edited by Xavier Barral i Altet, Dominique Iogna-Prat, Anscari M. Mundó, Josep María Salrach & Michel Zimmermann. Col·lecció Actes de Congressos 2. Barcelona 1991, pp. 21–44.
  14. ^ Bofarull, Condes, I pp. 139–53.
  15. ^ "Els documents, dels anys 981–1010, de l'Arxiu Capitular de la Seu d'Urgell". Edited by Cebrià Baraut. Urgellia Vol. 3. Montserrat 1980. Pages 7–166. Doc. no 232.
  16. ^ Cebrià Baraut, "La data i el lloc de la mort del comte Borrell II de Barcelona-Urgell". Urgellia Vol. 10. Montserrat 1990, pp. 469–72.
Didahului oleh:
Sunyer
Comte Barcelona
947–993
bersama dengan Miró I (947–966)
Diteruskan oleh:
Ramon Borrell