Boris Gromov

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Jendral Boris Gromov.
Fotografer: Mikhail Evstafiev

Boris Vsevolodovich Gromov (bahasa Rusia: Бори́с Все́володович Гро́мов), lahir 7 November 1943 di kota Saratov, Rusia, adalah seorang figur politik dan militer asal Rusia.

Dia lulus dari Sekolah Militer Suvorov, Sekolah Komander Militer Leningrad dan kemudian dari Akademi Militer Frunze di Moskwa.

Saat Perang Soviet-Afganistan, Gromov melakukan tiga kunjungan kenegaraan (1980-1982, 1985-1986, 1987-1989), dan paling dikenal dalam masa jabatannya selama 2 tahun sebagai komandan terakhir Pasukan Soviet yang ke-40 di Afganistan. Gromov adalah tentara Uni Soviet yang terakhir meninggalkan Afganistan, menyeberangi Jembatan Persahabatan di sungai Amu-Daria pada tanggal 15 Februari 1989, hari saat pengunduran diri Soviet dari Afganistan selesai. Dia menerima penghargaan militer tertinggi - bintang emas Pahlawan Uni Soviet setelah operasi besar untuk menginvasi kota Khost di Afganistan Timur.

Setelah perang Soviet-Afganistan, dia dipilih sebagai kandidat sebagai Wakil Presiden dari Partai Komunis Rusia saat Pemilihan Presiden Rusia tahun 1991 (kandidat sebagai Presiden adalah Perdana Menteri sebelumnya, Nikolay Ryzkhov). Dia menjadi Wakil Menteri Pertahanan Pertama Federasi Rusia. Tahun 1994 Gromov pensiun dari Angkatan Bersenjata Rusia, dan segera ditunjuk sebagai wakil Menteri Dalam Negeri. Pada tahun 1995 ia terpilih menjadi anggota Duma, majelis rendah Rusia. Bulan Januari tahun 2000, dia dipilih sebagai gubernur Oblast Moskwa dan dipilih kembali pada bulan Desember tahun 2003.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]