Boreus hyemalis

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Kutu salju
Boreus hiemalis3.jpg
B. hyemalis
Klasifikasi ilmiah
Kerajaan:
Filum:
Kelas:
Ordo:
Famili:
Genus:
Spesies:
B. hyemalis
Nama binomial
Boreus hyemalis
Linnaeus, 1767

Boreus hyemalis (sinonim: Boreus hiemalis) adalah spesies serangga dengan panjang 3 hingga 4,5 milimeter yang tergolong ke dalam famili Boreidae. Hewan ini sering dijuluki "kutu salju".

Hewan ini memiliki bekas sayap yang pendek dan tebal dengan warna abu-abu-coklat yang berkemilau logam. Spesies ini merangkak atau melompat-lompat di salju pada suhu di sekitar titik beku. Spesies ini tampak mirip dengan kutu gletser, walaupun keduanya tidak memiliki hubungan kekerabatan yang dekat.

Hewan jantan memiliki empat bekas sayap yang membengkok ke arah bawah di ujungnya. Hewan betina hanya memiliki dua bekas sayap yang seperti sisik. Pada umumnya, spesies betina dapat dikenali dari pipa yang membengkok dan seperti mandau dan berfungsi sebagai ovipositor. Hewan dewasa hanya dapat ditemui pada musim dingin antara Oktober hingga Maret. Masa itu merupakan musim kawin untuk hewan ini. Larvanya hidup di daerah yang dilapisi oleh lumut dan lalu pada bulan September masuk ke dalam lubang secara berkelompok untuk menjadi pupa.

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  • Fitch, Asa (May 1847). "Winter Insects of Eastern New York". American Journal of Agriculture and Science. 5–6: 274–284. Diakses tanggal 2007-11-01. 
  • Alfred Edmund Brehm: Däggdjurens Lif. Em. Girons, Stockholm 1882, pp. 145f. (Swedish) (online at: runeberg.org)
  • Döderlein: Bestimmungsbuch für deutsche Land- und Süsswassertiere/ Insekten. Part I: Käfer, Wespen, Libellen, Heuschrecken usw. Oldenbourg, Munich, 1932, DNB 365535060, p. 78.