Bola voli (bola)

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Bola voli

Bola voli adalah bola yang digunakan untuk bermain bola voli dalam ruangan, voli pantai, atau variasi olahraga lainnya yang kurang umum. Bola voli berbentuk bulat dan secara tradisional terdiri dari delapan belas panel kulit sintetis atau asli yang hampir empat persegi panjang, disusun dalam enam bagian yang identik dari tiga panel, masing-masing dililitkan di kandung kemih. Sebuah katup memungkinkan tekanan udara internal disesuaikan. Dalam istirahat dari konstruksi tradisional, pada 2008, FIVB diadopsi sebagai bola resmi dalam ruangan Mikasa baru dengan lesung pipit dan hanya delapan panel untuk sentuhan yang lebih lembut dan penerbangan yang lebih benar.[1]

Bola voli dalam ruangan bisa berwarna putih solid atau kombinasi dua atau tiga warna yang mudah dibedakan. Mereka dibuat dalam dua versi: versi pemuda sedikit lebih kecil dan beratnya jauh lebih kecil daripada bola voli dewasa dan dari versi standar untuk mengakomodasi penggunaan pemuda.

Bola voli pantai sedikit lebih besar dari bola dalam ruangan standar, memiliki tekstur eksternal yang lebih kasar, dan tekanan internal yang lebih rendah. Mereka bisa berwarna cerah atau putih pekat. Bola voli pertama dibuat dari panel kulit di atas bangkai karet.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "New Volleyball Set For Olympics". Diarsipkan dari versi asli tanggal 2007-11-28. Diakses tanggal 2011-03-06. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]