Božidar Karađorđević

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Pangeran Bojidar Karageorgevitch (1862-1908)
Makam Pangeran Bojidar di Pemakaman Père-Lachaise, Paris (divisi ke-LXXXIX)

Pangeran Bojidar Karageorgevitch (bahasa Serbia: Кнез Божидар Карађорђевић / Knez Božidar Karađorđević; 11 Januari 18622 April 1908) merupakan seorang seniman Serbia, penulis seni, pelacong dunia, dan anggota Dinasti Karađorđević, Serbia. Dia mengajar menyanyi dan menggambar dan kemudian mencari nafkah sebagai kritikus seni dan penerjemah. Dia adalah penyumbang untuk Encyclopædia Britannica, Le Figaro, La Revue de Paris, Revue des Revues, Magazine of Art, dan publikasi lainnya.

Pangeran Bojidar berasal dari garis senior Dinasti Karađorđević (kakandanya adalah Pangeran Aleksa Karađorđević). Dia adalah putra kedua Pangeran Đorđe Karađorđević dan istrinya Sara Karađorđević (née Sara Anastasijević). Kakeknya Pangeran Aleksa adalah putra sulung Đorđe Petrović, pendiri Wangsa Karađorđević dan pemimpin Pemberontakan Serbia Pertama.

Sebagian besar hidupnya, Pangeran Bojidar tinggal di Prancis sebagai anggota Dinasti Karađorđević yang diasingkan setelah Pangeran Aleksandar Karađorđević kehilangan takhta Serbia pada 1858. Bojidar sering bepergian dan melakukan sejumlah perjalanan keliling dunia. Dia bertugas di Angkatan Darat Prancis dan bertempur dalam kampanye Prancis di Tonkin serta mendapat penghargaan Salib Légion d'honneur.[1] Untuk mencari nafkah ia mengajar menyanyi dan menggambar sebelum menjadi penerjemah dan wartawan.[2]

Dia meninggal di Versailles pada 2 April 1908.[3]

Karya[sunting | sunting sumber]

Media terkait Prince Bojidar Karageorgevitch di Wikimedia Commons

  • Karageorgevitch, Prince Bojidar (1899). Enchanted India. Harper & Brothers, New York. 

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ The New York Times. 1913-06-12. hlm. 2.  Tidak memiliki atau tanpa |title= (bantuan)
  2. ^ Knapp, Bettina Liebowitz (2004). Judith Gautier: Writer, Orientalist, Musicologist, Feminist, a Literary Biography. University Press of America. hlm. 277. ISBN 0-7618-3000-6. 
  3. ^ "Death of a Servian Prince". The New York Times. 1908-04-26. hlm. C2. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]