Deezer

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
(Dialihkan dari Blogmusik SAS)
Lompat ke: navigasi, cari
Deezer
Deezer logo.svg
Jenis usaha Swasta
Bahasa 180 + negara
Didirikan Paris, Prancis
Markas Paris, Prancis
Pemilik Blogmusik SAS
Pendiri Daniel Marhely
Jonathan Benassaya
Tokoh penting Hans-Holger Albrecht (CEO)
Simon Baldeyrou (CFO)
Sektor Musik
Jasa Streaming musik
Slogan Listen, discover, and take your music anywhere.
Situs web www.deezer.com
Peringkat Alexa Meningkatkan 921 (Desember 2015) [1]
Komersial Ya
Daftar akun Diperlukan
Pengguna 16 + juta anggota
6 + juta anggota membayar
Status Aktif
Platform Web, Android, BlackBerry, iOS, Windows Phone, Symbian

Deezer adalah streaming musik layanan berbasis internet. Hal ini memungkinkan pengguna untuk mendengarkan konten musik dari label rekaman termasuk EMI, Sony, Universal Music Group, dan Warner Music Group pada berbagai perangkat online atau offline . Dibuat dalam Paris, Prancis, Deezer saat ini memiliki 40 juta lagu berlisensi di perpustakaan, lebih dari 30.000 saluran radio, 16 juta bulanan pengguna aktif, dan 5 juta pelanggan dibayar dari 6 November 2013. layanan ini tersedia untuk Web, Android, Kindle Fire HDX, OS X, BlackBerry, iOS, Windows Phone dan Symbian.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Pada tahun 2006, Daniel Marhely mengembangkan versi pertama dari Deezer, disebut Blogmusik, di Paris. Ide adalah untuk memberikan akses tak terbatas ke pecinta musik melalui Streaming teknologi.

Situs dalam inkarnasi aslinya didakwa dengan pelanggaran hak cipta oleh kantor Perancis SACEM, dan setelah ditutup pada bulan April 2007 diluncurkan kembali sebagai Deezer pada bulan Agustus, setelah mencapai kesepakatan dengan SACEM membayar pemegang hak cipta dengan pendapatan dari iklan di situs dan dengan memberikan pengguna kemampuan untuk men-download lagu-lagu streaming di Deezer dari iTunes, dengan Deezer menerima komisi dari setiap pembelian.

Peluncuran[sunting | sunting sumber]

Pada saat diluncurkan pada tahun 2007, Deezer belum dinegosiasikan perjanjian dengan label musik besar dan karena itu menawarkan sebuah katalog yang terbatas. Butuh waktu lebih dari dua tahun untuk perjanjian akan ditandatangani dengan empat label terbesar, serta berbagai yang lebih kecil, tetapi dengan 2011 perusahaan mempunyai hak untuk sekitar delapan juta lagu. Selama bulan Agustus 2007, bulan pertama operasinya, Deezer melihat sekitar 773.000 pengunjung ke situsnya, dengan lalu lintas meningkat pesat dalam beberapa tahun ke depan-2,75 juta orang menggunakan layanan pada Mei 2008, dan ada tujuh juta pengguna pada Desember 2009.

Meskipun lalu lintas tinggi, Deezer segera berlari ke dalam masalah-selama keuangan semester pertama 2008, perusahaan melihat pendapatan hanya € 875.000, tidak cukup untuk membayar biaya lisensi nya. Pada bulan Juli 2008, perusahaan mulai menjalankan iklan itu sendiri melalui biro iklan Deezer Media pada bulan Oktober, Deezer dijamin $ 8.400.000 dalam pendanaan dari AGF Private Equity dan CM-CIC Capital Prive, sehingga total investasi di perusahaan untuk $ 15.800.000. perusahaan memperkenalkan pendaftaran wajib pada bulan Februari 2009 untuk mengumpulkan data yang lebih tepat pada pengguna, dalam rangka untuk menjalankan iklan yang lebih bertarget, dan pada bulan November 2009 mulai menjalankan iklan audio antara lagu.

Pada 5 November 2009, Deezer meluncurkan model layanan tiga-tier baru. Sambil terus dasar web streaming gratis, perusahaan juga memperkenalkan dua layanan-pengguna berlangganan membayar € 4,99 menerima bulanan berkualitas tinggi musik tanpa iklan, dan pengguna membayar € 9,99 bulanan memperoleh akses ke aplikasi download untuk komputer, serta Android, BlackBerry, dan perangkat mobile iOS.

Pada bulan Januari 2010, perusahaan CEO dan co-founder, Jonathan Benassaya, digantikan sebagai CEO oleh Axel Dauchez, setelah kurang dari 15.000 dari 12 juta pengguna Deezer ini mendaftar untuk layanan berlangganan tersebut. Pada bulan Agustus 2010, operator seluler Orange bermitra dengan Deezer di kesepakatan untuk memasukkan akses gratis ke Deezer Premium, tingkat tertinggi paket streaming yang Deezer, dengan beberapa kontrak telekomunikasi Orange di Perancis. Hampir segera setelah kemitraan dimulai, tingkat pengguna mendaftar untuk layanan premium Deezer ini pergi dari 6.000 bulan untuk 100.000; pada Januari 2011, 500.000 orang berlangganan ke layanan, dengan tanda juta-pelanggan mencapai di tengah 2011, setengah tahun lebih cepat dari jadwal. Kedua perusahaan memperluas kemitraan mereka pada September tahun 2011 untuk memasukkan pelanggan kontrak Oranye di Inggris. Juga pada bulan September, Deezer menambahkan integrasi Facebook untuk layanan, yang memungkinkan pengguna untuk mengirim musik ke satu sama lain melalui bahwa layanan media sosial.

Ekspansi ke lebih banyak negara[sunting | sunting sumber]

Ketersediaan Deezer di dunia

Deezer diluncurkan di Perancis pada tahun 2007. Pada Desember 2011, Deezer 7, di waktu yang tersedia hanya di Belgia, Prancis dan Inggris, mengumumkan rencana untuk memperluas seluruh dunia selama sisa 2011 dan terus ke 2012. Menurut perusahaan, ia berencana untuk membuat layanan tersedia untuk seluruh Eropa pada akhir tahun ini, ke Amerika (tidak termasuk Amerika Serikat) pada akhir Januari 2012, ke Afrika dan Asia Tenggara pada akhir Februari , dan sisanya dari dunia (tidak termasuk Jepang) pada akhir Juni.

Butuh waktu sampai 15 Maret 2012 untuk layanan akan tersedia di seluruh Eropa, sementara layanan diluncurkan di Australia, Kanada, dan Selandia Baru pada tanggal 25 April. Pada tanggal 8 Juni, Deezer mengumumkan ketersediaan di 35 negara Amerika Latin, meskipun tidak di Brazil, Kuba, atau Venezuela. Pada tanggal 15 Agustus, Deezer mengumumkan akan tersedia di Indonesia, Malaysia, Pakistan, Filipina, Singapura, dan Thailand dalam beberapa minggu.

Pada 8 Oktober 2012, Deezer mengumumkan bahwa mereka telah menerima $ 130 juta dana dari Access Industries, yang akan digunakan untuk ekspansi internasional lebih lanjut. Dua hari kemudian, perusahaan mengumumkan bahwa mereka telah diperluas ke 76 pasar baru, sehingga total di seluruh dunia untuk 160 negara. Pada tanggal 21 Desember, Deezer mengumumkan tingkat layanan baru yang menawarkan dua jam gratis musik, iklan-didukung Streaming bulan, tersedia untuk pengguna di seluruh dunia, perusahaan pertama layanan streaming musik gratis di luar Perancis. CEO Dauchez mengatakan bahwa Deezer juga mencari mitra untuk memperkenalkan layanan di Amerika Serikat, yang "mampu menyediakan kami dengan volume yang signifikan dari pelanggan" untuk membantu mengimbangi apa yang disebut "luar biasa tinggi" biaya masuk pasar AS.

Per Desember 2012, Deezer memiliki sekitar tiga juta pengguna membayar untuk langganan, dari basis pengguna aktif bulanan sekitar tujuh juta, dengan 20 juta lagu di perpustakaan. Pada tahun 2016, menurut CEO Dauchez, perusahaan bertujuan untuk memiliki lima persen dari pasar musik global.

Pada Januari 2013, Deezer mengumumkan ekspansi ke 22 negara-negara baru di Afrika, Asia, Brasil, Timur Tengah, dan Amerika Serikat, sehingga total untuk 182. Namun, peluncuran Amerika Serikat telah dibatasi untuk sejumlah promosi perangkat. Pada bulan Juli 2016, Deezer menambahkan US ke daftar negara yang didukung. Pada Juli 2016, Deezer terdaftar di negara-negara yang situs 187 di mana layanan ini tersedia.

Setelah ekspansi[sunting | sunting sumber]

Berikut ekspansi ini, Deezer mengumumkan pada tahun 2013 kemitraan dengan LG, Samsung, dan Toshiba yang melihat Deezer aplikasi tersedia pada platform TV pintar, bersama dengan identitas merek baru yang dikembangkan dalam hubungan dengan mcbess ilustrator.

Sejak itu, Deezer telah membuat sejumlah pengumuman, termasuk Skema yang Reward Developer, ponsel App Studio, dan upgrade API, yang baru, versi eksklusif beta dari aplikasi mobile untuk pengguna Android, dan aplikasi baru Deezer untuk Windows 8.

April 2013 juga melihat Deezer memperbarui aplikasi iOS dengan fitur caching pintar baru, yang memungkinkan aplikasi untuk mengidentifikasi dan mengingat trek pengguna yang paling dimainkan, bahkan di daerah cakupan jaringan yang buruk.

Pada bulan April 2014, Deezer menambahkan fitur baru yang dikenal sebagai "Arus". "Arus" mengambil perpustakaan musik seseorang yang ada dan menggabungkannya dengan aliran masa lalu mereka, untuk non-stop musik disesuaikan hanya untuk pengguna. Deezer juga diperbarui aplikasi mobile untuk memungkinkan streaming mobile gratis untuk semua orang, terlepas apa rencana satu langganan berlangganan di Deezer.

Pada bulan April 2014, Deezer mengumumkan bahwa CEO saat ini, Dauchez, akan meninggalkan perusahaan pada bulan September, "untuk mengejar peluang profesional yang baru". Pengumuman itu juga mencatat bahwa CEO AS Deezer ini, Tyler Goldman, telah bergabung dengan tim manajemen perusahaan terdiri dari pendiri Marhely, COO Christopher Coonen, dan ketua dewan Didier Bench. Perusahaan ini juga mengumumkan bahwa mereka bertujuan untuk memulai Deezer di Amerika Serikat pada tahun 2014.

Pada bulan Juni 2014, Deezer mengumumkan kemitraan baru dengan Samsung memberikan pengguna Samsung Galaxy S5 di Eropa gratis, enam bulan Deezer Premium + langganan. Kemudian, Samsung dan Deezer diperpanjang kemitraan mereka dengan menawarkan enam bulan, gratis berlangganan Deezer Premium + untuk Samsung multiroom Wireless Produk Audio, termasuk yang M5 dan M7 garis speaker audio nirkabel multiroom.

Pada bulan Juni 2014, Deezer dan Google mengumumkan bahwa Google Chromecast akan mendukung Deezer Android dan iPhone apps untuk memungkinkan pengguna untuk streaming musik dari ponsel mereka ke televisi mereka melalui Chromecast. dukungan Chromecast menjadi tersedia untuk pengguna Deezer Premium + dari 25 Juni 2014 dan seterusnya di Australia, Belgia, Brasil, Kanada, Finlandia, Perancis, Jerman, Belanda, Norwegia, Portugal, Korea Selatan, Spanyol, Swedia, Swiss, dan Inggris.

Pada bulan September 2014, Deezer mengumumkan Deezer Elite, layanan eksklusif baru dibuat untuk dan dalam kemitraan dengan Sonos. Deezer Elite memberikan kualitas audio CD ke pengguna AS dari Sonos Hi Fi-Systems. Layanan ini akan tersedia untuk seluruh dunia untuk pengguna Sonos dari Deezer saja. [33] Perlu dicatat bahwa Deezer Elite "High-Resolution Audio" adalah kualitas lossless CD (16bit/44,1 kHz) dan bukan "Hi-Res" atau audio resolusi tinggi. Sonos tidak mendukung Hi-Res (24/96, 24/192 atau serupa) streaming.

Pada bulan Oktober 2014, Deezer meluncurkan antarmuka pengguna baru untuk pemain situsnya. Perubahan baru ini di desain secara luas disambut oleh banyak pengguna.

Pada bulan Oktober 2014, Deezer mengumumkan bahwa Bose SoundTouch dan produk SoundLink sekarang akan didukung untuk Deezer Premium + layanan. Kemitraan ini pertama akan diluncurkan di AS dan kemudian akan tersedia untuk pengguna di seluruh dunia.

Pada bulan Oktober 2014, Deezer mengumumkan bahwa Stitcher Radio akan menggabungkan menjadi Deezer. Pada tahun 2015, pengguna Deezer akan dapat menggunakan fitur Stitcher Radio dalam Deezer.

Pada bulan Desember 2014, Deezer dan Pepsi mengumumkan kemitraan untuk mengatur Midem Artist Accelerator untuk mendukung manajer dan label saat mereka tumbuh profil artis mereka. Pada bulan Juni 2016, itu dijual Stitcher untuk EW Scripps Company untuk $ 4,5 juta

Integrasi Last.fm[sunting | sunting sumber]

Pada bulan Januari 2012, Last.fm mengumumkan bahwa Deezer akan mengintegrasikan dengan Last.fm, memungkinkan pengguna untuk mengirim lagu dari Deezer ke akun Last.fm dan "scrobble" mereka.

Rekening dan langganan[sunting | sunting sumber]

Pada September 2016 ada empat jenis akun Deezer. Semua langganan fitur unlimited track bermain dan dukungan untuk perangkat mobile. Discovery lapis hanya memiliki akses ke fitur Playlist/Artis Mix dan Flow.

Abonemen Harga Iklan Melewatkan dan Scrubbing Modus Offline TV, HiFi, dan Dukungan Mobil Google Chromecast Support Akun Kualitas Audio (kbit/s)
Penemuan Bebas Ad-Didukung Enam Skips per Hour, ada Scrubbing Tidak Tersedia Tidak Tersedia Tidak Tersedia 1 MP3 Quality (128 kbit/s)
Premium+ $ 9.99/bulan, € 9.99/bulan; percobaan gratis 15 hari Tidak satupun terbatas Skips dan Scrubbing Available Tersedia Tersedia 1 MP3 Quality (320 kbit/s)
Elite $14,99/bulan, 14,99€/bulan Tidak satupun terbatas Skips dan Scrubbing Hanya tersedia pada sistem Sonos Tidak tersedia; Didukung hanya pada Sonos sistem Tidak Tersedia 1 CD Quality (1,411 kbit/s; 16/44.1 kHz)
Family €14,99/bulan, 14,99€/bulan Tidak satupun Ultimate Skips dan Scrubbing Tersedia Tersedia Tersedia 6 MP3 Quality (320 kbit/s)

Perangkat yang tersedia[sunting | sunting sumber]

Deezer tersedia melalui:

Kekhawatiran atas aplikasi Android[sunting | sunting sumber]

"Deezer Music" aplikasi Android meminta izin seperti "membaca data log sensitif", "mengambil menjalankan aplikasi", "menghapus aplikasi", dan "daya perangkat atau menonaktifkan", yang telah meningkatkan kekhawatiran atas privasi pengguna.

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Deezer.com Info Site". Alexa Internet. Diakses tanggal 2015/12/06. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]