Blockchain.com

Halaman yang dilindungi semi
Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Blockchain
URL
Eponimrantai blok
Tipeperusahaan internet, perangkat lunak bebas, blockchain explorer (en), cryptocurrency exchange (en) dan Dompet mata uang kripto
Bahasa pemrogramanC
Service entry (en)August 30, 2011
Peringkat AlexaKenaikan 2,952 pada Nov 2018[1]
Twitter: blockchain

Blockchain.com (sebelumnya Blockchain.info) adalah layanan ekplorasi blok Bitcoin, semacam Wallet atau dompet mata uang kripto yang sesuai untuk Bitcoin, Bitcoin Cash, dan Ethereum. Mereka juga menyediakan data grafik Bitcoin, statistik, dan informasi pasar.

Blockchain.info diluncurkan pada Agustus 2011.[2][3][4]

How Does Blockchain Work?

Blockchain pada dasarnya adalah database bersama yang berisi entri yang perlu dikonfirmasi dan dienkripsi.

Blok adalah bagian terbaru dan berkembang dari blockchain. Ini mencatat transaksi terakhir sampai selesai. Setelah itu, blok masuk ke blockchain sebagai basis data permanen dan blok baru dibuat. Semua blok di blockchain terhubung dalam urutan linier dan kronologis. Setiap blok memiliki hash dari blok sebelumnya. Blockchain berisi informasi tentang alamat dan saldo berbagai pengguna, mulai dari blok genesis hingga blok terakhir yang harus diselesaikan.

Blockchain tidak dapat diubah, artinya ketika data baru dimasukkan, itu tidak akan pernah bisa dihapus. Meskipun data tidak dapat dihapus, pihak yang menyetujui dapat memperbarui blockchain dan data dapat didistribusikan, tetapi tidak disalin.

Ukuran blockchain tumbuh dengan setiap penambahan kriptografis dari blok dan dianggap oleh beberapa orang untuk menciptakan masalah dalam penyimpanan dan sinkronisasi.

Kode dan kerangka kerja di balik blockchain dapat menjadi alternatif digital yang aman untuk layanan perbankan, dan alat yang berguna dalam proses keuangan.

Namun, terlepas dari potensinya yang besar, teknologi blockchain masih dalam fase berkembang; akibatnya, kemunduran dalam penerapan teknologi dan masalah penyadapan dapat terjadi.[5]

Referensi

  1. ^ "Blockchain.com Site Overview". Alexa Internet. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2020-03-27. Diakses tanggal 18 November 2018. 
  2. ^ McMillan, Robert. "Apple Yanks World's Most Popular Bitcoin Wallet From App Store | Wired Enterprise". Wired. Diakses tanggal 2014-02-06. 
  3. ^ Paul Vigna. "Blockchain's Bitcoin App Reinstated in Apple's App Store". The Wall Street Journal blogs. Diakses tanggal 2014-07-28. 
  4. ^ Sydney Ember (2014-10-07). "Bitcoin Start-Ups Luring Ever More Investment". The New York Times. hlm. B3. Diakses tanggal 2015-10-02. 
  5. ^ "All About Blockchain Technology ׀ Beginner's Guide". Coindoo (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2021-12-02.