Blip.fm

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas


Blip.fm adalah situs jejaring sosial dan mikroblog yang memberikan layanan bagi penggunanya untuk mengirim dan membaca pesan berisi lagu yang disebut dengan blip. Blip merupakan pos berbasis teks sebanyak 150 karakter bersama file lagu yang terpampang di halaman profil pengguna (DJ) dan diantar ke halaman profil pendengar DJ (listener). Cara melakukan pengiriman dan penerimaan blip antar pengguna disebut reply dengan mengetik nama pengguna listener yang dituju dengan diawali simbol "@". Fitur yang ditawarkannya antara lain akses ke stasiun-stasiun radio daring, menciptakan stasiun radio daring, streaming MP3 secara gratis, dan berkumpul dengan berbagai komunitas sosial.

Berbeda dengan situs web mikroblog berbasis teks seperti Twitter yang tidak memiliki fitur untuk berbagi rich media (harus mengunggah via situs web lain seperti TinyUrl atau Youtube), Blip.fm yang disebut "Twitter untuk Musik" memiliki spesifikasi berbagi rich media berupa file lagu dengan ekstensi MP3. Pengguna Blip.fm tidak perlu mengunggah lagu yang akan dibagi. Pengguna cukup mengetik judul lagu atau nama artis yang bersangkutan lalu Blip.fm akan mengambil file musik lewat basisdata musik yang dimiliki situs web Seeqpod,[1] Skreemr, atau Fuzz. Listener dapat mendengarkan lagu yang di-blip oleh DJ melalui playlist yang terletak di bagian bawah halaman.

Registrasi dilakukan dengan memilih opsi "Sign Up" yang terletak di halaman depan situs web. Pengguna diminta memasukkan nama pengguna DJ yang diinginkan (nama asli tidak diwajibkan) serta alamat surat elektronik (harus merupakan alamat surat elektronik yang aktif). Kata sandi DJ akan dikirimkan ke alamat surat elektronik yang dicantumkan pengguna. Untuk membangun komunitas di Blip.fm, pengguna dapat mengimpor kontak dari akun jejaring sosial lain.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Blip.fm yang diluncurkan pada Mei 2007 diproduksi oleh perusahaan bernama Fuzz Artists Inc. Teknisi pertama Fuzz adalah Arin Sarkissan yang pada awal kariernya bekerja untuk mengembangkan mixtape daring baru yang dapat dikustomisasi. Mixtape tersebut menggunakan aplikasi Flash. Fitur yang ditawarkan dari mixtape daring buatan Arin Sarkissan antara lain kostumisasi warna background serta penambahan teks dan widgets yang dapat dilakukan oleh penggunanya. Kelemahan dari mixtape ini adalah lamanya pemuatan yang diperlukan untuk kostumisasi. Arin Sarkissan yang berkolaborasi dengan lead developer Ian White memutuskan untuk melakukan inovasi pada mixtape daring dengan mengambil konsep mikroblog Twitter lewat semboyan “Twitter untuk Musik.”

Teknologi yang digunakan Arin Sarkissan adalah teknologi API. Pada awal proyek Blip.fm Ian White mengawali tugasnya sebagai teknisi dengan merancang User Interface bagi pengguna yang komponennya terdiri dari pemutar musik, shortcut keyboard dan fungsi scrolling. Awalnya proyek Arin Sarkissan dan Ian White dinamakan Tweem, namun nama situs web tersebut direvisi menjadi Blip.fm. Setelah berkonsolidasi dengan CEO dan pendiri Fuzz, Jeff Yasuda, Blip.fm diluncurkan dalam salah satu laman dalam situs web resmi Fuzz yang dapat diakses melalui http://fuzz.com/blip[pranala nonaktif permanen]. Karena traffic[2] -nya yang terlalu besar, maka Blip.fm melakukan rekfakturisasi dengan memisahkan Blip.fm menjadi situs web berdikari yang memiliki domain di http://blip.fm.

Pada tanggal 13 Februari 2009,[3] Jeff Yasuda menyatakan tutupnya situs web Fuzz dengan motif tingginya biaya operasi perusahaan. Dalam perkembangannya, demografi pengguna Blip.fm mayoritas berasal dari Amerika Serikat (52,0%), Jerman (10,9%), Inggris (4,2%), Kanada (3,8%), Italy (3,8%) dan negara lain (36,3%). Sekarang, Blip.fm bermarkas di 602 20th Street, San Fransisco, CA, 94107, USA.

Teknologi[sunting | sunting sumber]

Blip.fm menggunakan teknologi API (application programming interface) untuk meningkatkan performa sekaligus membuka peluang bagi pihak ketiga (developer) dalam berkontribusi, misalnya lewat pengembangan userscript-usercript baru. API merupakan kumpulan protokol untuk membuat aplikasi peranti lunak. Penerapan API di Blip.fm antara lain untuk:

  • Mempos blip
  • Menghapus blip
  • Pencarian blip lewat nama pengguna (DJ)
  • Mencari blip publik berdasarkan waktu
  • Pencarian musik lewat judul lagu atau nama artis

Awalnya Blip.fm menggunakan sistem private beta yang artinya untuk mendapatkan API Key para calon developer harus meminta izin terlebih dahulu pada teknisi Blip.fm. Namun sekarang Blip.fm telah meluncurkan versi beta yang dapat diakses di alamat http://blip.fm/beta

Untuk menjalankan layanan “blip notification” (setiap notifikasi yang diberikan setelah pengguna melakukan pos blip), Blip.fm menggunakan built in userscript bernama Greasemonkey dari aplikasi Fluid.app.

Fitur[sunting | sunting sumber]

Mikroblog[sunting | sunting sumber]

Blip.fm memberikan fitur push message yang dapat mengalihkan pos blip ke situs web mikroblog Twitter, FriendFeed, Tumblr dan Pownce. Untuk menyaring setiap blip yang akan dipos dalam Twitter atau FriendFeed, DJ perlu melakukan pengaturan akun lewat panel “Settings”.

Dalam pengubahan pengaturan dengan sistem blip-by-blip DJ dapat menyeleksi blip tanpa melalui panel Settings, melainkan dengan membuat blip berisi tanda seru “!” diikuti spasi dan pesan “This blip won’t update my Twitter status” atau “This blip will update my Twitter status.”Pesan pertama digunakan apabila DJ hanya ingin melakukan blipping di Blip.fm sementara pesan kedua digunakan jika DJ ingin blip terintegrasi dengan Twitter.

Blip[sunting | sunting sumber]

Sebuah blip adalah kombinasi dari sebuah file lagu dan pesan pendek yang menyertainya. Cara untuk membuat blip diawali dengan mengetik nama file lagu yang ingin didengar DJ (atau lagu yang ingin diperdengarkan DJ pada listener) pada field pesan. Setelah file lagu ditemukan dalam database, DJ dapat melakukan pratayang musik lalu menambahkan pesan singkat (dibawah 150 karakter) pada blip-nya. Proses pengeposan blip disebut dengan blipping.

Playlist[sunting | sunting sumber]

Playlist adalah daftar kumpulan beberapa lagu dari DJ. Untuk menambahkan lagu dalam playlist, DJ dapat meng-klik ikon bintang yang terletak di pojok kanan blip. Setelah warna ikon bintang berubah menjadi kuning artinya secara otomatis lagu telah ditambahkan ke dalam Playlist. Untuk melihat atau menyunting Playlist, DJ dapat meng-klik pranala “Playlist” di laman web profilnya. Penyuntingan dilakukan dengan men-drag atau drop judul lagu untuk mengubah susunan lagu dalam daftar Playlist. Penyimpanan susunan lagu baru dilakukan secara otomatis.

Reply[sunting | sunting sumber]

Reply digunakan sebagai media komunikasi antar DJ via pos blip. Agar blip kita muncul dalam laman “Replies” DJ lain, seorang DJ harus mengetik simbol “@” diikuti dengan nama pengguna DJ yang dituju. Penulisan dilakukan di kolom pesan (message field). Contoh: “Lagu Hyperballad mengingatkan saya pada @Keishkara.

DJ juga dapat mengirimkan blip pada beberapa DJ lain secara sekaligus dengan mengetik simbol “@” diikuti nama-nama DJ yang diinginkan. (Contoh: blip dengan teks “Lagu The Boy From Ipaneme ini didedikasikan untuk @Ladykeiho, @CaptainSpock dan @Hanandhita “ akan terkirim pada DJ Ladykeiho, DJ CaptainSpock dan DJ Hanandhita. Kolom pesan tidak akan muncul sebelum DJ selesai menyeleksi lagu yang akan di-blip.

Props[sunting | sunting sumber]

Props adalah token penghormatan yang dapat diberikan dari satu DJ kepada DJ lain, misalnya pada DJ yang telah melakukan blipping lagu favorit bagi listener-nya, atau DJ yang telah berperilaku baik dalam berinteraksi di Blip.fm. Setiap DJ dibekali dengan 10 poin "Credits" sebagai limit pemberian Props kepada DJ lain. Satu poin “Credits” sebanding dengan 1 poin Props.

Fungsi organisasi Blip.fm[sunting | sunting sumber]

Sebagai sebuah organisasi, Blip.fm melakukan fungsi kerja sama dalam bentuk kemitraan maupun partisipasi dengan pihak media daring dan luring lainnya.

Konferensi[sunting | sunting sumber]

Konferensi-konferensi teknologi, media, dan hiburan yang pernah diikuti Blip.fm adalah:

  • Twiistup Conference[4] tanggal 29 Juli 2009 di Los Angeles
  • Twitter Conference tanggal 22-23 September di 2009 Skirball Cultural Center, Los Angeles
  • SanFran MusicTech Summit. Dalam acara ini Blip.fm menjadi sponsor sekaligus pembicara (diwakili Jeff Yasuda)
  • New Noise Santa Barbara – Music and Conference Festival[5] tanggal 8-10 Oktober 2009 di California. Jeff Yasuda diundang menjadi panelis untuk tema gelar wicara “Exploring The New Frontier In Music”

Penerimaan[sunting | sunting sumber]

Untuk meningkatkan penerimaan (revenue) dari organisasinya, Blip.fm membuat toko daring dengan nama Blip.fm SuperShop. Spesifikasi produknya adalah kaus dan hoodie. Kemitraan dengan Amazon.com[6] juga menambah penerimaan Blip.fm. Proses tersebut terjadi karena adanya mekanisme “referral links”. Artinya, setiap ada pengguna yang membeli produk Amazon lewat pranala yang muncul di mesin pencari Blip.fm, Blip.fm akan memperoleh penerimaan. Jeff Yasuda menyebutkan bahwa Blip.fm akan menjalin kerja sama dengan empat label musik besar yaitu Warner Music (WMG), EMI, Sony Music Entertainment (SNE) dan Universal Music Grup.

Pelayanan[sunting | sunting sumber]

Untuk meningkatkan pelayanan bagi penggunanya, Blip.fm melakukan kemitraan dengan beberapa situs web lain. Dengan Imeem, Blip.fm melakukan kemitraan untuk penyediaan versi penuh dari lagu-lagu dalam database. Sebagai sarana mikroblog, Blip.fm melakukan integrasi dengan situs web jejaring sosial seperti Facebook, Myspace dan identi.ca. Dengan versi beta dari situs webnya, Blip.fm berhasil menjaring developer iPhone yang bernama Gorloch Interactive untuk membuat aplikasi pemutar musik baru (disebut Boombox). Sementara untuk mendukung program mingguan Power Prize Pack Giveaway (pemilihan secara acak 3 orang DJ untuk diberi aksesoris iPod secara cuma -cuma), Blip.fm menjalin kerja sama dengan Grifin Technology.

Komunitas[sunting | sunting sumber]

Bagi komunitasnya, Blip.fm memiliki acara Blip’n’Beer yang merupakan sarana bagi para pengguna untuk dapat berkumpul luring. Gelaran Blip’n’Beer yang ke-tiga (Desember 2008) diikuti oleh pengguna-pengguna dari 17 kota dan 6 negara yang meliputi San Fransisco, New York, Cleveland (Amerika Serikat), Rio de Janeiro (Brasil), Bogota (Colombia), Weisbaden (Jerman), Dublin (Irlandia) dan Lisbon (Portugal).

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Robin Wauters (2009-05-09). "Trouble Ahead For Blip.fm?". washingtonpost.com. Diakses tanggal 2009-10-16. 
  2. ^ "Site Profile for Blip.fm (rank #5.251)". Compete. 2008-11-07. Diakses tanggal 2009-10-15. [pranala nonaktif permanen]
  3. ^ Robin Wauters (2009-01-21). "Fuzz.com Hits Deadpool, Spin-Off Blip.fm Alive And Well". washingtonpost.com. Diakses tanggal 2009-10-14. 
  4. ^ "101 The Twitter Conference Speakers". Parnassusgroup.com. 2009-07-16. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2012-07-20. Diakses tanggal 2009-10-16. 
  5. ^ "New Noise Santa Barbara Panel Topics". New Noise Santa Barbara. 2009-10-09. Archived from the original on 2009-08-21. Diakses tanggal 2009-10-16. 
  6. ^ Douglas MacMillan (2008-11-07). "Building a Better Twitter". BussinessWeek.com. Diakses tanggal 2009-10-15. 
  • Pacey, Arnold. (2000). The Future of Technology. Cambridge, MA: The MIT Press(AP). Chapter 1-3
  • Jones, S., Kovac, R., & Groom F. M. (2009). Introduction to Communication Technologies: A Guide for Non Engineers. Bocaraton, FL:CRC Press.
  • Brown, Rob. 2009. Public Relations and the Social Web: How to Use Social Media and Web 2.0 in Communications. USA: Kogan Page.
  • Weinberg, Tamar. 2009. The New Community Rules: Marketing on the Social Web. Michigan: O'Reilly Media, Inc.
  • Brogan, Chris. 2009. Trust Agents: Using the Web to Build Influence, Improve Reputation, and Earn Trust page 256-346. USA: John Wiley and Sons.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]