Bleu des Causses

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Jump to navigation Jump to search
Bleu des Causses
10 Bleu des Causses.JPG
Negara asal Perancis
Kawasan, kota Rouergue
Wilayah Auvergne
Sumber susu Sapi
Dipasteurisasi Tidak
Tekstur Keras
Waktu pematangan 3-6 bulan
Sertifikasi AOC: 1947[1]

Bleu des Causses adalah keju biru dari Perancis yang dibuat dengan menggunakan susu sapi mentah.[1] Selama berabad-abad keju ini telah dibuat di Rouergue dan sekitarnya.[1] Keju ini diproduksi dimatangkan di gua batu kapur alami.[2] Udara dalam gua yang lembap dan dingin memengaruhi rasa dari keju ini sehingga rasanya seperti kacang.[2] Pematangan keju ini memakan waktu 3 hingga 6 bulan.[2] Hasil dari pematangan tersebut adalah keju yang padat namun lembap dan memiliki rasa yang lebih pedas dibandingkan dengan keju biru dari Perancis lainnya.[1] Keju Bleu des Causses memiliki rasa yang tidak terlalu asin dibandingkan dengan keju Roquefort.[1] Sebelum dibungkus dengan kertas alumunium maka keju ini diberikan cap AOC terlebih dahulu yang menjamin kualitas dari keju tersebut.[1]

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Rujukan[sunting | sunting sumber]

  1. ^ a b c d e f (Inggris) Harbutt, Juliet (2006). The World Encyclopedia of Cheese. Anness Publishing Ltd. ISBN 978-1-84309-960-4.  Page 19.
  2. ^ a b c (Inggris) Iburg, Anne (2004). Dumont's Lexicon of Cheese. Rebo International b.v., Lisse, The Netherlands. ISBN 978-90-366-1689-8.  Page 63.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]