Blanche dari Prancis (1282–1305)

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Blanche dari Prancis
Makam Blanche dari Prancis
Permaisuri Austria
Periode1300-1 Maret 1305
Informasi pribadi
Pemakaman
WangsaIstana Capet
Istana Habsburg
AyahPhilip III dari Prancis
IbuMaria dari Brabant, Ratu Prancis
PasanganRudolph I dari Bohemia

Blanche dari Prancis (tahun 1282 – 1 Maret, 1305) dilahirkan di Paris, orangtuanya adalah Philip III dari Prancis dan Maria dari Brabant, Ratu Prancis.[1]

Keluarga[sunting | sunting sumber]

Blanche merupakan anak kedua dari tiga anak yang dilahirkan dari pernikahan kedua ayahnya. Saudara-saudaranya adalah Louis, Pangeran Évreux dan Margaret, Ratu Inggris. Blanche memiliki dua abang tiri dari pernikahan pertama ayahnya dengan Isabella dari Aragon, Philip, calon raja Prancis dan Charles, Pangeran Valois.[2]

Eyang maternal Blanche adalah Henry III, Adipati Brabant dan istrinya Alice dari Burgundia. Eyang paternalnya adalah Louis IX dari Prancis dan Margaret dari Provence.

Kehidupan[sunting | sunting sumber]

Perjodohan[sunting | sunting sumber]

Stempel Blanche dari Prancis

Blanche dijodohkan 4 kali sebelum akhirnya menikah.[3] Ia pertama-tama dijodohkan di bulan September 1290 kepada John I, Marquis Namur. Perjodohan keduanya pada tanggal 31 Juli 1291 kepada Edward, Pangeran Wales, ia sebaliknya menikahi keponakan Blanche Isabella. Perjodohan lainnya pada tahun 1296 dengan John, putra John II, Pangeran Belanda.

Tiga tahun setelah kematian istri pertama Edward I dari Inggris, Eleanor dari Kastilia, pada usia 49 tahun pada tahun 1290, Edward I masih berkabung. Namun berita akan kecantikan Blanche sampai ke telinganya. Putranya Pangeran Wales dijodohkan kepadanya namun dibatalkan karena Raja Edward memutuskan bahwa ia sendiri yang akan menikah dnegan Blanche dengan risiko apapun dan mengirimkan utusan untuk bernegosiasi tentang pernikahan itu dengan saudara tirinya, Raja Philip IV. Philip setuju untuk memberikan Blanche kepada Edward dengan kondisi sebagai berikut:

  1. Sebuah gencatan senjata yang disetujui di antara kedua negara tersebut.
  2. Edward menyerahkan provinsi Gascony.

Herannya Edward menyetujui kondisi-kondisi tersebut dan mengirimkan saudaranya Edmund Crouchback, Earl Lancaster, untuk menjemput calon mempelainya. Edward telah ditipu, karena Blanche akan dinikahkan. Sebaliknya Philip menawarkan adik perempuannya Margaret, seorang gadis muda berusia 11 tahun, untuk menikah dengan Edward (yang berusia 55 tahun). Mendengar hal ini, Edward mengumumkan perang di Prancis, menolak untuk menikahi Margaret. Setelah 5 tahun, sebuah gencatan senjata disepakati, dengan kondisi dimana Edward akan menikahi Margaret, akan memulihkan kunci kota Guienne, dan menerima £15,000 pinjaman kepada Marguerite.

Pernikahan[sunting | sunting sumber]

Daripada Edward I, pada 25 Mei, 1300 ia menikahi Rudolph I dari Habsburg, Adipati Austria dan putra Raja Albert I dari Jerman. Blanche memberinya seorang putri pada tahun 1304 dan setelah itu ia mengalami dua kali keguguran. Pernikahan itu tidak bahagia dan Blanche meninggal setelah pernikahan keduanya pada bulan Maret 1305 di Vienna. Rudolph menikahi Elisabeth Richeza dari Polandia pada tahun berikutnya, mereka tidak memiliki keturunan dan Rudolph meninggal pada tahun 1307 setelah menjadi Raja Bohemia hanya setahun lamanya.

Blanche dimakamkan di Minoritenkirche, Vienna.

Silsilah Keluarga[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Habsburg family
  2. ^ House of Capet descendents
  3. ^ FRANCE CAPETIAN KINGS, Medieval Lands
Didahului oleh:
Elisabeth dari Gorizia-Tyrol
Istri Adipati Austria
permaisuri gabungan dengan Elisabeth dari Gorizia-Tyrol

1300-1305
Diteruskan oleh:
Elisabeth Richeza dari Polandia