Blanche dari Bretagne

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Lompat ke: navigasi, cari

Blanche dari Bretagne (1271–1327) merupakan putri Yann II dari Bretagne dan istrinya Beatrice dari Inggris. Ia juga dikenal sebagai Blanche de Dreux. Melalui ibundanya ia adalah cucu perempuan Raja Henry III dari Inggris dan Éléonore dari Provence.

Pernikahan dan keturunan[sunting | sunting sumber]

Blanche menikah di Paris pada suatu hari setelah bulan November 1281 dengan Philippe dari Artois, yang merupakan putra Robert II dari Artois dan Amice de Courtenay. Pasangan tersebut memiliki tujuh orang anak:

Suami Blanche bekerja di bawah pimpinan ayahandanya di medan Perang Furnes, dimana ia terluka. Ia tidak pernah sembuh, dan meninggal karena efek luka tersebut setahun kemudian. Kematiannya yang dini mengarah ke pertempuran suksesi di masa mendatang, di mana Artois ditinggalkan kepada saudarinya Mahaut daripada putranya Robert. Robert tidak pernah menjadi Comte Artois yang layak, setelah kematian Mahaut, Artois diserahkan kepada putrinya, Jeanne II dari Bourgogne.

Putri Blanche, Marguerite adalah ibunda Felipe III dari Navarra yang menikah dengan Jeanne II dari Navarra. Saudarinya, Marie menikah dengan Guy IV, Comte Saint-Pol.

Blanche meninggal pada tanggal 19 Maret 1327 di Château de Bois-de-Vincennes, dan dimakamkan di Église des Jacobins, Paris.[1]

Silsilah[sunting | sunting sumber]

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Charles Cawley, Medieval Lands, Northern France, Nobility