Black Rebel Motorcycle Club

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Lompat ke: navigasi, cari

Black Rebel Motorcycle Club (atau biasa disingkat BRMC) adalah sebuah band rock yang berasal dari San Francisco, CA, U.S.A.. Band ini beranggotakan Peter Hayes (vokal, Lead gitar, Harmonika), Robert Levon Been (vokal, bass, gitar), dan Leah Shapiro (drums). Sedangkan mantan drummer mereka yaitu Nick Jago yang keluar pada tahun 2008. BRMC dikenal dengan musik garage rock, blues, folk revival, neo-psychedelica.


Mereka terpengaruh oleh beberapa band seperti: The Brian Jonestown Massacre, The Verve, The Rolling Stones, T. Rex, The Velvet Underground, The Call, Love and Rockets, Daniel Ash, dan The Jesus and Mary Chain.

Sejauh ini mereka telah merilis tujuh studio album: B.R.M.C. (2001), Take Them On, On Your Own (2003), Howl (2005), Baby 81 (2007), The Effects of 333 (2008), Beat the Devil's Tattoo (2010), and Specter at the Feast (2013). Dan album EPs, serta album live.


Pembentukan dan Tahun Awal (1998-2003)[sunting | sunting sumber]

Black rebel Motorcycle Club dibentuk pada tahun 1998, diambil dari nama geng motor Marlon Brando dalam film The Wild One (1953). Robert Levon Been yang merupakan seorang basis dan Peter Hayes yang notabenenya seorang gitaris bertemu di sekolah tinggi di Lafayette, San Francisco kemudian mereka segera membentuk sebuah band. Saat sedang mencari pemain drum, mereka bertemu Nick Jago. Band ini awalnya bernama The Elements, tapi setelah mengetahui bahwa ada band lain dengan nama sama, mereka berganti nama menjadi Black Rebel Motorcycle Club. Vokalis mereka ada dua, yaitu Robert Levon Been dan Peter Hayes.

Rekaman pertama mereka lebih cenderung beraliran hard rock dan agak lambat seperti psychedelic rock, space rock, dan noise pop yang terpengaruh band-band seperti The Verve, Loop, Sonic Youth, Dinosaur Jr, dan Mary Chain Yesus. Album kedua mereka Take Them On, On Your Own terdiri dari beberapa lagu seperti “Generation” dan “US Government”, setelah menggunakan nama samaran Robert Turner pada rekaman pertamadan kedua, supaya tidak dikaitkan dengan ayahnya yang terkenal (Michael Been dari The Call) kemudian ia membuka identitasnya ketika mempromosikan album Howl. Parasenior Been kemudian melakukan perjalanan dengan Black Rebel Motorcycle Club.

Howl (2004–2006)[sunting | sunting sumber]

Setelah konflik dengan label rekaman mereka, band ini dijatuhkan oleh Virgin Record pada tahun 2004. Konflik Nick Jago terjadi di Skotlandia. Tak lama kemudian, Nick Jago berhenti. Dengan demikian, Jago tidak mengambil bagian dalam album ketiga Howl. Sebaliknya, ia pergi untuk menjalani rehabilitasi, dan akhirnya bergabung kembali dengan band ini pada saat mereka merekam satu lagu slow yang berjudul “Promise”. Pada tahun 2005 band ini masuk ke Echo di Inggris, dan RCA di Howl AS. Beberapa lagu dalam Howl telah ditulis jauh sebelum gagasan BRMC dikandung. Pada tour untuk album ini mereka menggunakan anggota keempat sementara yaitu Spike Keating sebagai gitaris.

Baby 81 and The Effects of 333 (2007–2009)[sunting | sunting sumber]

Pada tahun 2007, Nick Jago telah bergabung kembali di BRMC. Album keempatnya, Baby 81, telah dirilis pada tanggal 30 April 2007 di Inggris dan Eropa dan 1 Mei 2007di Amerika Serikat. Pada Album ini mereka mengembangkan suara yang lebih konkrit dan gaya: meliputi blues, folk, dan rock, sementara sisanya tema. Sebuah lagu BRMC, “Done All Wrong” muncul sebagai Soundtrack film New Moon tahun 2010. Album studio keenam BRMC, Beat The Devil’s Tattoo dirilis 8 Maret 2010 di Inggris dan Eropa dan 9 Maret 2010 di Amerika.

Beat the Devil's Tattoo (2010–2011)[sunting | sunting sumber]

Salah satu single B.R.M.C., "Done All Wrong", menjadi soundtrack film the soundtrack tahun 2009 film New Moon.

BRMC's merilis album keenam, Beat the Devil's Tattoo pada 8 Maret 2010 di UK & Europe dan 9 Maret 2010 di Amerika. Band ini selanjutnya melakukan tur dunia dari bulan Februari hingga Desember.

Pada bulan Agustus tahun 2010, sesudah band melakukan konser the Pukkelpop Festival di Belgia, ayah dari bassis mereka yaitu Robert's Michael Been meninggal di backstage karena serangan jantung.


Specter at the Feast (2013)[sunting | sunting sumber]

Pada tanggal 9 Januari tahun 2013, mereka mengumumkan akan merilis album baru via Facebook dengan nama seperti album ketujuh called Specter at the Feast yang akan dirilis pada 18 Maret di UK and Europa dan 19 Maret di USA, Canada dan seluruh dunia.

Members[sunting | sunting sumber]

Personil Band
Mantan Personil
  • Nick Jago – drums, percussion (1998–2004, 2005–2008)
Additional Players
  • Peter Salisbury – drums, percussion (2002)
  • Michael "Spike" Keating – bass, gitar

Diskografi[sunting | sunting sumber]