Birthday Girl (cerita pendek)

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
"Birthday Girl"
PengarangHaruki Murakami
Judul asli"バースデイ・ガール"
PenerjemahJay Rubin
NegaraJepang
BahasaJapanese
GenreCerita pendek
TerbitanHarper's (2003), Blind Willow, Sleeping Woman (2006)
Jenis mediaPrint
Tanggal terbit2002
Versi Inggris2003[1]

"Birthday Girl" (バースデイ・ガール, Bāsudei gāru = Birthday girl) adalah cerita pendek yang ditulis oleh penulis Haruki Murakami, pertama kali diterbitkan pada tahun 2002. Setelah membaca Birthday Timothy karya William Trevor dan The Moor oleh Russell Banks, Murakami merasa dihantui dan memutuskan untuk mengumpulkan lebih banyak cerita bertema ulang tahun untuk sebuah antologi.[2] Murakami sedang menyusun Birthday Stories (2002 dalam bahasa Jepang, 2004 dalam bahasa Inggris), antologi cerita pendeknya dengan tema ulang tahun, dan menulis "Birthday Girl" khususnya[3] untuk itu.

Ringkasan plot[sunting | sunting sumber]

Dalam sebuah Cerita berbingkai, seorang wanita yang sudah menikah dengan anak-anak menceritakan kepada temannya apa yang terjadi pada ulang tahunnya yang kedua puluh (usia dewasa di Jepang). Wanita itu memulai dengan mengatakan bahwa dia menghabiskan hari itu bekerja lembur sebagai pelayan di sebuah restoran Italia di Roppongi karena temannya menelepon karena sakit pada menit terakhir. Pemilik restoran yang tertutup yang tinggal di lantai enam mendapatkan makanannya diantarkan kepadanya dengan gaya layanan kamar oleh manajer restoran setiap malam pada jam 8 malam. Manajer jatuh sakit pada malam ulang tahun wanita itu sehingga wanita itu didelegasikan tanggung jawab untuk membawakan makanannya kepada pemiliknya.

Wanita itu mengetuk pintu malam itu dan menemukan seorang pria tua di pintu. Setelah menjelaskan situasinya, dia mengundangnya ke kamar dan meminta waktu lima menit; dia setuju. Dia bertanya berapa umurnya dan dia menjawab bahwa dia berumur dua puluh untuk saat ini, secara tidak langsung mengatakan kepadanya bahwa hari ini adalah hari ulang tahunnya. Setelah mengucapkan Selamat Ulang Tahun padanya, dia mengatakan padanya bahwa dia dapat mengabulkan satu permintaannya. Dia membuat keinginannya, meninggalkan ruangan, dan tidak pernah bertemu pemiliknya lagi.

Temannya bertanya apakah keinginannya menjadi kenyataan dan apakah dia menginginkan sesuatu yang lain di belakang. Dia mengatakan bahwa waktu akan menentukan apakah keinginannya menjadi kenyataan dan setengah mengalihkan pertanyaan kedua dengan bertanya kepada teman apa yang dia inginkan jika dia berada di posisi wanita itu; temannya tidak yakin dan wanita itu mengatakan itu karena Kamu sudah 'membuat' keinginanmu sendiri

Analisa[sunting | sunting sumber]

Setting menciptakan suasana yang intens untuk cerita. Hujan yang tak henti-hentinya menciptakan suasana yang mengganggu keadaan biasa dan duniawi dalam menyajikan meja di hari ulang tahun Anda yang ke-20. Seperti kebanyakan cerita Murakami, ada cerita di dalam cerita, yang menambah efek karya.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Haruki Murakami (tr. Jay Rubin), "Birthday Girl" (pay article), in Harper's Magazine, July 2003 issue.
  2. ^ Manuel, Jessica S. (2015-01-30). "Birthday Girl by Haruki Murakami - Book Oblivion". Book Oblivion (dalam bahasa Inggris). Diarsipkan dari versi asli tanggal 2017-12-22. Diakses tanggal 2017-12-21. 
  3. ^ Birthday Stories page, at Exorcising Ghosts. (Note a typo: the Harper's issue is wrongly listed as "June" instead of July.)