Bintang Krisantemum

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Jump to navigation Jump to search
Bintang Krisantemum
Order of the Chrysanthemum Japan.png
Ordo Krisantemum dari Victor Emmanuel III. Musée de la Légion d'Honneur
Dianugrahkan oleh Kaisar Jepang
Tipe
Dianugrahkan untuk Pengabdian/jasa menonjol
Status Masih diberikan
Tingkatan (pasca-nominal) Knight Grand Cordon with Collar
Knight Grand Cordon
Prioritas
Satu tingkat lebih tinggi Tidak ada; tertinggi.
Satu tingkat lebih rendah Ordo Kembang Paulownia
Order Chrysantemum Sash.svg
Pita Ordo

Ordo Tertinggi Krisantemum (大勲位菊花章, Dai-kun'i kikka-shō, artinya Ordo Besar Kapitulum Krisantemum) adalah ordo tertinggi di Jepang. The Grand Cordon of the Order didirikan pada 1876 oleh Kaisar Meiji dari Jepang; the collar of the Order ditambahkan pada 4 Januari 1888. Tak seperti counterpart Eropa-nya, ordo tersebtu diberikan secara anumerta.

Selain Keluarga Kekaisaran, hanya enam warga Jepang yang dianugerahi dengan penghargaan tersebut sepanjang hidup mereka; orang terakhir yang diberikan penghargaan dalam keadaan semacam itu adalah mantan Perdana Menteri Saionji Kinmochi pada 1928. Tujuh orang lainnya dianugerahi secara anumerta; orang terakhir yang diberi penghargaan dalam keadaan semacam itu adalah mantan Perdana Menteri Sato Eisaku pada 1975. Sekarang, hanya Kaisar yang memerintah yang memegang kekuasaan sebagai kepala berdaulat dari ordo tersebut; namun, pengecualian dibuat untuk kepala negara asing, yang dianugerahi atas dasar persahabatan.

Grand cordon adalah penghargaan tertinggi terhadap warga negara yang dapat dianugerahi pada masa hidupnya. Disamping Keluarga Kekaisaran, hanya 21 grand cordon yang dianugerahi kepada warga negara yang masih hidup dan 29 kepada yang telah almarhum.

Catatan[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

Kutipan[sunting | sunting sumber]

Sumber[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]