Binnenhof

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Binnenhof
Binnenhof dari Hofvijver
Informasi umum
KotaDen Haag
Negara Belanda
Koordinat52°04′47″N 4°18′47″E / 52.079631°N 4.313035°E / 52.079631; 4.313035Koordinat: 52°04′47″N 4°18′47″E / 52.079631°N 4.313035°E / 52.079631; 4.313035
Penyewa sekarangDewan Negara, Perdana Menteri, Kementerian Umum
Mulai dibangunAbad ke-13

Binnenhof (dahulu bernama Hof van Holland) adalah sebuah kompleks bangunan di pusat kota Den Haag, Belanda, di sebelah Hofvijver. Kompleks ini adalah rumah tempat pertemuan kedua majelis dari Dewan Negara Belanda, serta Kementerian Umum dan kantor Perdana Menteri Belanda. Dibangun pada abad ke-13, kastel bergaya Gotik ini awalnya berfungsi sebagai kediaman bangsawan Belanda dan menjadi pusat politik Republik Belanda pada tahun 1584. Kastel ini termasuk di antara 100 situs warisan Belanda Teratas. Binnenhof adalah salah satu gedung Parlemen tertua di dunia yang masih digunakan.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Binnenhof dan Hofvijver pada peta Den Haag dari sekitar tahun 1600

Sedikit yang diketahui tentang asal usul Binnenhof. Agaknya, pekarangan di sebelah danau Hofvijver, dan wisma kecil di atasnya, dibeli oleh Pangeran Floris IV dari Holland dari Meiland van Wassenaar pada November 1229. Antara 1230 dan 1234, wisma itu diperluas menjadi sebuah gudang kecil. Setelah putra dan penerus Floris, Willem II dimahkotai sebagai Raja Romawi pada tahun 1248, pembangunan ini dilanjutkan. Antara 1248 dan 1280, Willem membangun Ridderzaal. Di kiri dan kanannya dibangun tembok, yang memisahkan area di depan gedung dengan di belakangnya. Kedua dinding memiliki gerbang. Di ujung dinding di sebelah kiri, dekat Hofvijver, kapel pengadilan dibangun, dan di dekat Ridderhuis (secara harfiah Rumah Ksatria) tempat para ksatria yang berkunjung berlindung. William meninggal dalam pertempuran pada tahun 1256, sebelum pembangunan Ridderzaal selesai, dan kastil tersebut selesai pada masa pemerintahan putranya, Floris V.

Bangunan Binnenhof di sepanjang Hofvijver sekitar tahun 1625.

Binnenhof adalah kediaman bangsawan Holland untuk waktu yang singkat. Setelah Wangsa Holland mati pada tahun 1299, kepangeranan jatuh ke tangan bangsawan Hainaut. Para pangeran Hainaut jarang tinggal di Binnenhof pada awal abad ke-14. Adipati Albert I dari Bavaria dan penggantinya Willem II tinggal di Binnenhof secara permanen. Di bawah pemerintahan mereka, kastel mengalami perluasan yang cukup besar, dan secara bertahap menjadi tertutup oleh berbagai bangunan.[1][2]

Pertemuan Dewan Negara Republik Belanda di Ridderzaal pada tahun 1651

Ketika Holland menjadi bagian dari Kekaisaran Bourgogne pada tahun 1432, Binnenhof kehilangan fungsinya dan ditinggalkan. Bagian dari kompleks itu kemudian dijadikan kediaman stadhouder (pejabat) Belanda, yang memerintah daerah itu tanpa kehadiran penguasanya. Setelah Felipe II digulingkan sebagai Pangeran Holland, dan Republik Belanda diproklamasikan pada tahun 1581, Ridderzaal pada awalnya merupakan ruang publik, sering digunakan oleh pedagang, pemilik kios, dan penjual buku. Pada tahun 1584, stadhouder Maurits pindah ke markas stadhouder, dan pada tahun yang sama, Ridderzaal menjadi tempat pertemuan Dewan Negara Republik Belanda yang baru dibentuk. Perluasan Binnenhof oleh Maurits adalah awal dari pembangunan kembali kastil secara bertahap yang berakhir setelah pembangunan sayap selatan di bawah stadhouder Willem V, pada akhir abad ke-18.[1][3]

Foto udara Binnenhof pada tahun 1938 sebelum adanya perluasan Tweede Kamer

Antara 1806 dan 1810, di bawah pemerintahan Prancis, pusat administrasi Belanda dipindahkan ke Amsterdam, sehingga Binnenhof menjadi tidak berguna dan sempat dipertimbangkan untuk digusur. Namun, ketika Belanda memperoleh kemerdekaan dari Prancis, pemerintahan pindah kembali ke Binnenhof. Keberadaan gedung itu dalam bahaya untuk kedua kalinya pada tahun 1848, ketika konstitusi baru melembagakan sistem demokrasi parlementer dan Dewan Negara secara simbolis ingin membongkar gedung-gedung pemerintah yang lama dan membangun kompleks baru. Penduduk setempat, bagaimanapun, lebih peduli pada nilai sejarah bangunan, dan berhasil memprotes pembongkaran.[4]

Selama pendudukan Belanda oleh Nazi Jerman (1940-1945), Binnenhof digunakan oleh Jerman sebagai pusat pemerintahan.[5]

Tweede Kamer (Dewan Perwakilan) berkedudukan di Oude Zaal (secara harfiah Aula Lama) sampai tahun 1992, ketika tempat itu menjadi terlalu kecil untuk menampung 150 anggota parlemen, dan perluasan modern dibangun di selatan gedung, menampung tempat baru untuk parlemen.

Tata letak Binnenhof[sunting | sunting sumber]

Panorama Binnenhof. Dari tengah ke kanan: museum Mauritshuis, Torentje (di belakang pulau di Hofvijver), Kementerian Urusan Umum, bekas Hofkapel, Eerste Kamer, Mauritstoren, dan ruang Dewan Negara di Buitenhof.

Awalnya dibangun sebagai ruang dansa, Ridderzaal (Aula Besar, secara harfiah Aula Ksatria) yang bergaya Gotik pada hari ini membentuk pusat Binnenhof. Setiap Selasa ketiga bulan September, saat Prinsjesdag, di sinilah Raja mengadakan Pidato tahunan dari Takhta. Bangunan lain membentuk persegi panjang di sekitar Ridderzaal, menciptakan halaman besar di depan bangunan, dan persegi kecil di belakangnya. Air mancur emas bergaya Neo-Gotik menghiasi halaman dan patung Raja Willem II, salah satu dari sedikit patung berkuda Belanda, menjaga gerbangnya, Gerbang stadhouder, yang berasal dari tahun 1620.

Memandang ke Hofvijver, Eerste Kamer (Senat) berkedudukan di sebuah ruangan di sudut barat Binnenhof, sementara Tweede Kamer awalnya berkedudukan di sudut selatan, di sisi lain Gerbang stadhouder. Sekarang, majelis rendah bertemu di sebuah ruangan di bagian timur kompleks yang besar dan modern. Kantor Perdana Menteri sejak tahun 1982 terletak di menara kecil di sudut utara, yang disebut Torentje ("Menara Kecil").[6] Terletak di sayap barat laut, Trêveszaal adalah ruang pertemuan yang awalnya dibangun untuk negosiasi selama Perang Delapan Puluh Tahun; sekarang, ruang itu adalah ruang rapat Kabinet.

De Ridderzaal[sunting | sunting sumber]

Gedung Ridderzal

Ridderzaal adalah sebuah ruangan besar di sebuah gedung bergaya Gotik, yang terletak di tengah-tengah Binnenhof. Setiap tahun pada hari Selasa ketiga bulan September, Pidato Raja dari Takhta disampaikan di sini di Dewan Negara. Nama Ridderzaal adalah penemuan romantis dari abad ke-19. Aula ini secara tradisional disebut sebagai 'Aula Besar' dan juga sebagai 'Loterijzaal'. Aula ini awalnya merupakan perpanjangan dari istana yang dimulai di bawah Pangeran Floris IV dari Holland. Pangeran Willem II dari Belanda mendirikan Aula Besar di sisi barat istana itu. Count Floris V dari Holland mungkin memiliki aula yang dimulai oleh ayahnya sebagian dihancurkan, untuk mendirikan aula yang lebih besar sebagai gantinya.

Pada 2020-2021, Ridderzaal digunakan sebagai ruang rapat Eerste Kamer, karena ruang ini memiliki ruang lebih untuk menjaga jarak yang cukup antara anggota yang hadir saat rapat akibat pandemi Covid-19.

Trêveszaal[sunting | sunting sumber]

Interior di Trêveszaal

Pada tahun 1588, di sisi Hofvijver, dibangun sebuah ruang pertemuan dengan beberapa ruang kerja yang berdekatan untuk Dewan Negara, di lokasi di mana ruang Trêveszaal nantinya akan dibangun. Negosiasi terjadi di sini pada tahun 1608 yang menyebabkan Gencatan Senjata Dua Belas Tahun selama Perang Delapan Puluh Tahun.

Baru pada tahun 1696, Dewan Negara menugaskan arsitek Daniël Marot untuk mengubah aula dan kamar-kamar menjadi ruang resepsi besar, dengan ruang pertemuan yang telah direnovasi total di sebelahnya. Langit-langit aula resepsi besar dinaikkan dan fasad di sisi Hofvijver diganti. Aula, yang dibangun kembali dengan dekorasi mewah gaya Louis XIV diresmikan pada Oktober 1697. Mengacu pada negosiasi gencatan senjata dari tahun 1608, aula baru itu disebut "Trêveszaal" atau "Aula Arsip". Sejak abad ke-20, Trêveszaal telah digunakan sebagai ruang pertemuan Dewan Menteri Belanda.[7]

Torentje[sunting | sunting sumber]

Het Torentje

Torentje, yang sebagian besar berasal dari abad ke-15, telah menjadi kantor Perdana Menteri sejak 1982. Di sebelahnya adalah museum Mauritshuis yang dibangun pada tahun 1640 sebagai tempat tinggal Pangeran Johan Maurits van Nassau-Siegen. Torentje digunakan sebagai kantor oleh politisi Thorbecke pada tahun 1840-an, tetapi beberapa perdana menteri kadang berganti kantor. Torentje hanya menjadi tempat kerja permanen Perdana Menteri Belanda sejak pemerintahan Ruud Lubbers.

Di sisi lain Torentje adalah Mauritspoort atau Grenadierspoort, yang memberikan akses ke Binnenhof. Tepat di seberang Torentje di bekas Kementerian Jajahan yang kini menjadi ruang kantor Tweede Kamer.

Hofkapel[sunting | sunting sumber]

Mauritstoren (kiri), ruang pertemuan Eerste Kamer (tengah), dan sisa-sisa Hofkapel (kanan).

Sejak 1591, Gereja Reformasi Walloon telah mengadakan kebaktian di Kapel van Maria ten Hove di Binnenhof, yang didirikan oleh Pangeran Floris V dari Holland. Hofkapel dijual ke pemerintah pada tahun 1879. Setelah renovasi menyeluruh, bangunan itu diberi fungsi yang berbeda.[8] Hari ini, bagian dari Binnenhof ini menampung parlemen, komite, dan ruang kerja Eerste Kamer. Plafon kayu tua bergaya Gotik masih bisa dilihat di bagian loteng.

Eerste Kamer (Senat)[sunting | sunting sumber]

Eerste Kamer terletak di Binnenhof 22. Pada tahun 1650, Negara Bagian Holland dan Friesland Barat menugaskan arsitek terkenal Pieter Post untuk membangun ruang pertemuan baru yang monumental. Konstruksi berlangsung selama era tanpa stadhouder yang diproklamirkan setelah kematian stadhouder Willem II. Untuk tujuan ini, sebagian dari kediaman stadhouder dihancurkan. Mauritstoren, yang terletak di sudut barat daya Binnenhof, tetap utuh dari Istana stadhouder.

Mauritstoren[sunting | sunting sumber]

Menara Mauritstoren dan Eerste Kamer, dilihat dari Hofvijver

Di lantai pertama Mauritstoren adalah sebuah ruangan yang dilengkapi sebagai ruang makan di bawah stadhouder Willem V. Ruangan yang menghadap ke Buitenhof ini telah lama digunakan sebagai ruang menteri oleh para menteri dan sekretaris negara, yang disiapkan di sini untuk pembahasan paripurna RUU di Eerste Kamer. Banyak negosiasi dalam rangka pembentukan kabinet terjadi di ruang menteri ini. Pada 2012, setelah tahap penjajakan di Ruang Menteri, perundingan lanjutan dilakukan di gedung Tweede Kamer. Ruang itu kemudian digunakan sebagai ruang fraksi di Eerste Kamer.

Air mancur[sunting | sunting sumber]

Air mancur Binnenhoffontein di depan Ridderzaal

Air mancur bernama Binnenhoffontein ini merupakan hadiah dari warga Den Haag, sebagai ucapan terima kasih atas restorasi fasad Grafelijke Zalen (Ridderzaal). Pemerintah ragu menerima pemberian itu karena mahalnya harga air. Masalah ini diselesaikan dengan ketentuan bahwa air mancur hanya akan menyembur pada hari-hari puncak tertentu. Air mancur ini dirancang oleh Pierre Cuypers.

Goudsmids Keurhuis[sunting | sunting sumber]

Di utara Ridderzaal, tepatnya di Binnenhof 6, terdapat sebuah rumah kecil dengan tulisan "t' Goutsmits Keurhuys". Itu adalah bangunan yang dibangun pada tahun 1640 untuk para pandai emas dan pandai besi. Di sini ciri-cirinya dibuat dengan benda-benda perak dan emas.

Untuk sampai ke gedung itu, seseorang harus melalui Spuipoort dan Hofpoort. Stadhouderspoort di Buitenhof hanya bisa digunakan oleh stadhouder. Bangunan di sebelahnya, Binnenhof 4, dibangun pada tahun 1776. Bangunan itu digunakan oleh Tweede Kamer.

Galeri[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ a b "Binnenhof". web.archive.org. 2014-10-20. Archived from the original on 2014-10-20. Diakses tanggal 2022-02-02. 
  2. ^ "Het Binnenhof: ontstaan". anemaa.home.xs4all.nl. Diakses tanggal 2022-02-02. 
  3. ^ "Geschiedenis van de Ridderzaal op het Binnenhof in Den Haag IsGeschiedenis". web.archive.org. 2014-07-03. Archived from the original on 2014-07-03. Diakses tanggal 2022-02-02. 
  4. ^ "'Binnenhof twee maal bijna afgebroken'". NU (dalam bahasa Belanda). 2010-05-30. Diakses tanggal 2022-02-02. 
  5. ^ Berry de Nijs, tijdschrift Vind, nummer 44, 2021
  6. ^ Emma, Shakespeare, William Smith,. King Henry V. ISBN 978-1-316-56399-1. OCLC 1225902497. 
  7. ^ "Binnenhof 20; Kwartier der Staten-Generaal (Trêveszaal)". 
  8. ^ Bijvoegsel tot de Nederlandsche Staatscourant van Donderdag 24 Julij 1879. D. Veegens, Griffier van de Tweede Kamer der Staten Generaal: Verslag omtrent het onderzoek naar het aanwezig zijn van grafsteden of andere historische merkwaardigheden in de voormalige Hofkapel op het 's-Gravenhaagsche Binnenhof - 19 Junij 1879