Bina Bangsa School

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian


Sekolah Kristen Bina Bangsa
Bina Bangsa School
Informasi
Didirikan2001
MotoGloria Dei Vivens Homo
MaskotLumba-lumba, Panther, Burung Elang, Badak
Jumlah siswaSekitar 4000 orang
StatusSwasta
Alamat
Lokasi, Jakarta Barat, Jakarta Utara, Bandung, Semarang, Malang, DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Indonesia
Situs webhttp://www.binabangsaschool.com/
Moto

Bina Bangsa School (Mandarin:培民学校 Pinyin: Péi mín xuéxiào) adalah sekolah international yang tersebar di Pulau Jawa. Sekolah ini berpusat di Jakarta dan mempunyai berberapa cabang di Bandung, Semarang, Malang.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Didirikan pada tahun 2001 atas dasar menyediakan kurikulum yang diterima secara internasional, memberikan kesempatan untuk unggul dalam Bahasa Inggris, Bahasa Indonesia dan Bahasa Tionghoa, mendorong nilai-nilai Kristen dan pengertian.

Bina Bangsa Sekolah dimulai oleh investasi tanah dan bangunan pada keyakinan kami bahwa BBS dapat membuat perbedaan dalam Anak Indonesia.

Pada tahun 2003, BBS dibangun sekolah kedua bangunan, BBS Pra & SD - Kebon Jeruk gedung sekolah.

Pada tahun 2003, BBS menandatangani perjanjian dengan Yayasan Kalam Kudus di JV untuk mengoperasikan Bina Bangsa di Malang.

Pada tahun 2004, BBS membangun sekolah ketiganya bangunan di Pantai Indah Kapuk. Awalnya bangunan akan menjadi tempatSekolah Dasar, Sekolah Menengah & JC.

Pada tahun 2007, dibangun lah gedung BBS di Pantai Indah Kapuk. Gedung ini akan menyediakan fasilitas umum untuk SD, SMP dan juga SMA.

Pada tahun 2008, BBS bangun kampus keempat di Bandung.

Peraturan[sunting | sunting sumber]

BBS mempunyai peraturan yang cukup tegas. Jika murid melakukan hal yang tidak baik, maka akan dapat surat pelanggaran. Jika murid sudah dapat 5 surat pelanggaran, maka murid akan dapat surat putih. Jika mendapat 5 surat putih, akan dapat 1 surat pink. Jika mendapat 3 surat pink maka murid akan dikeluarkan dari sekolah. Ini berlaku untuk SD.

BBS juga mempunyai peraturan untuk SMP dan SMA. Yaitu, mendapatkan 1 kertas kuning untuk setiap offense dan mendapat poin buruk. Kertas kuning harus diberi tahu orang tua. Jika mendapat lebih dari 100 poin buruk, murid akan di "kick out".

Ini Berberapa hal-hal yang tak boleh terjadi di sekolah adalah: membuli, narkoba, pornography, berantem, menyontek saat ujian, mencuri, membawa barang bahaya seperti senjata api, bom dll.

Laki-laki harus memakai gesper hitam dan rambut tak boleh menyentuh kuping dan perempuan rambut harus selalu diikat.

Pendidikan[sunting | sunting sumber]

Sekolah Dasar terdiri dari tahap dasar empat tahun dari SD 1 sampai 4 dan dua tahun tahap orientasi dari SD 5 sampai SD 6. Tujuan umum pendidikan sekolah dasar adalah untuk memberikan siswa pemahaman yang baik tentang bahasa Inggris, Bahasa Tionghoa Bahasa Indonesia dan Matematika.

Pada akhir pendidikan sekolah dasar, siswa akan mengikuti PSLE (Primary School Leaving Examination) untuk mendapatkan masuk ke sekolah menengah. Setelah itu murid akan mengikuti pesta perpisahan dan pengambilan rapot.

Sekolah Menengah menawarkan dua jalur: Express dan Accelarated.

Kebanyakan siswa akan menjalani jalur Express. Siswa Ekspres akan duduk untuk kedua Cambridge IGCSE dan Cambridge A Level-ujian. Ini akan mengambil 6 biasa tahun untuk menyelesaikan Sekolah Menengah keseluruhan dan Junior College. Sains, Bisnis dan Sub-Science stream yang ditawarkan dalam program Express.

Siswa terpilih akan ditawarkan untuk melakukan jalur Accelerated. Dipercepat siswa diarahkan untuk pendidikan sains. Mereka menghemat 1 tahun dengan memiliki program melalui-kereta menuju Cambridge A Level.

CCA (Co-Kurikulum Activity)[sunting | sunting sumber]

Ini adalah daftar CCA yang tak komplet. Siswa-Siswi harus memilih salah satu ini.

Masterplan[sunting | sunting sumber]

Di masterplan Bina Bangsa, Bina Bangsa akan membangun kampus baru di dekat Jalan Panjang di Kebon Jeruk. Campus ini direncanakan akan selesai dibangun pada tahun 2014. BBS juga akan membangun kampus baru di Malang. Campus direncanakan akan selesai pada tahun 2013. BBS juga akan memperluas BBS Pantai Indah Kapuk dengan menambahkan lapangan sepak bola baru, kolam renang dan lain-lain.

Musik[sunting | sunting sumber]

Jika murid sudah berada di kelas SD 4, siswa-siswi harus memilih salah satu alat musik ini:

Setiap semester akan diadakan ujian musik dan teori. Jika murid menguasai alat musik tersebut, maka guru musik akan menyarankan murid untuk ikut sebuah konser.