Bilik telepon

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Bilik telepon Amerika Serikat abad ke-20 bergaya klasik, masih utuh di La Crescent, Minnesota, Mei 2012

Bilik telepon, kotak telepon, pondok telepon, atau boks telepon[1][2] adalah sebuah bangunan kecil yang dilengkapi dengan telepon umum dan dirancang untuk kemudahan pengguna telepon. Pengguna bilik telepon biasanya masuk ke dalam bilik dan menutup pintu bilik saat menggunakan telepon umum di dalamnya.[3]

Bilik seperti ini biasanya memiliki pencahayaan, pintu untuk privasi, dan jendela untuk memberi tahu orang jika bilik telepon sedang digunakan. Bilik ini dapat dilengkapi dengan panduan tercetak nomor telepon lokal. Bilik di tempat resmi seperti hotel dapat dilengkapi dengan kertas, pena, bahkan tempat duduk. Bilik telepon luar ruangan mungkin dibuat dari logam dan plastik untuk menghadapi penggunaan yang banyak, sedangkan bilik telepon dalam ruangan mungkin memiliki arsitektur dan perabot yang lebih rumit.[4] Sebagian besar bilik telepon luar ruang menampilkan logo dan nama penyedia layanan telepon.

Rujukan[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Phone Boxes". legendarydartmoor.co.uk. 21 March 2016. 
  2. ^ Discussion Note on Phone Boxes, Kiosks and ATM machines at Urban Design London
  3. ^ Sag, Ivan; Baldwin, Timothy; Bond, Francis; Copestake, Ann; Flickinger, Dan. "Multiword Expressions: A Pain in the Neck for NLP" (PDF). Stanford University. hlm. 2. Diakses tanggal 1 June 2012. 
  4. ^ "Public Telephones". Melchior Telematics. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2016-03-03. Diakses tanggal 4 December 2007. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]

  • PayPhoneBox Indeks nomor telepon umum dan gambar foto telepon umum di tempat-tempat yang tidak biasa atau terkenal di seluruh dunia.