Bhool Bhulaiyaa 2

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Bhool Bhulaiyaa 2
SutradaraAnees Bazmee
ProduserBhushan Kumar
Murad Khetani
Krishan Kumar
Anjum Khetani
Ditulis olehAakash Kaushik
Farhad Samji (dialog)
Pemeran
Penata musikSkor:
Sandeep Shirodkar
Lagu:
Pritam
Tanishk Bagchi
SinematograferManu Anand
PenyuntingBunty Nagi
Perusahaan
produksi
T-Series Films
Cine1 Studios
DistributorAA Films
Tanggal rilis
  • 20 Mei 2022 (2022-05-20)[1]
Durasi145 menit[2]
NegaraIndia
BahasaHindi
Anggaran₹90 crore[3]
Pendapatan
kotor
per. ₹266,88 crore[4]

Bhool Bhulaiyaa 2 (Bahasa Indonesia: Labirin 2) adalah sebuah film komedi horor berbahasa Hindi tahun 2022 yang disutradarai oleh Anees Bazmee, ditulis oleh Aakash Kaushik dan Farhad Samji, dan diproduksi oleh Bhushan Kumar dan Krishan Kumar di bawah spanduk T-Series Films dan Murad Khetani dan Anjum Khetani di bawah spanduk Cine1 Studios. Sekuel spiritual hingga Bhool Bhulaiyaa (2007), film ini dibintangi oleh Tabu, Kartik Aaryan, dan Kiara Advani. Plot mengikuti Ruhaan Randhawa (Aaryan), yang harus berpura-pura menjadi penipu psikis untuk berurusan dengan kembalinya Manjulika (Tabu), roh jahat yang bertekad membalas dendam terhadap keluarga Thakur.

Fotografi utama dimulai pada Oktober 2019 dan syuting selesai pada Februari 2022. Terutama difilmkan di rumah-rumah mewah di Jaipur dan Lucknow, lokasi syuting lainnya termasuk Mumbai dan Manali. Skor film ini disusun oleh Sandeep Shirodkar sedangkan lagu-lagunya disusun oleh Pritam dan Tanishk Bagchi, dengan lirik ditulis oleh Amitabh Bhattacharya, Sameer , Yo Yo Honey Singh, Mandy Gill dan Saaveri Verma. Ini menampilkan single remix dari judul lagu film 2007 oleh Neeraj Shridhar.

Awalnya ditetapkan untuk rilis pada 31 Juli 2020, "Bhool Bhulaiyaa 2" ditunda karena pandemi COVID-19. Itu dirilis secara teatrikal di seluruh dunia pada 20 Mei 2022 dan menerima ulasan yang umumnya positif dari para kritikus, dengan pujian khusus untuk kinerja Tabu. Hingga 23 Juni 2022, film telah mendapatkan 266,88 crore (US$37 juta) di seluruh dunia untuk menjadi film Hindi terlaris kedua tahun 2022.[5]

Plot[sunting | sunting sumber]

Di sebuah rumah besar Bhawanigarh, 2007: para pendeta mengurung roh jahat, Manjulika, yang sangat ingin menyerang menantu keluarga Anjulika, ke sebuah ruangan. Keluarga itu meninggalkan mansion demi keselamatan mereka.

18 tahun kemudian, 2025 di Himachal Pradesh: Ruhaan Randhawa bertemu Reet yang sedang dalam perjalanan ke kampung halamannya Bhawanigarh, Rajasthan melalui Chandigarh untuk menikahi tunangannya Sagar dengan enggan. Mereka naik bus ke Chandigarh tetapi mempersingkat perjalanan mereka karena menghadiri karnaval musik dan kemudian menemukan bahwa bus yang seharusnya mereka tumpangi mengalami kecelakaan, menewaskan setiap penumpang lainnya. Keluarga Reet, pemilik mansion yang ditinggalkan delapan belas tahun lalu, menganggapnya sudah mati. Reet mencoba menghubungi keluarganya tetapi pada satu panggilan telepon; yang tidak dapat didengar oleh penerima dan saudara perempuan Reet, Trisha; Reet sengaja mendengar percakapan antara Trisha dan Sagar mengungkapkan perselingkuhan mereka. Untuk memberi mereka kesempatan untuk menikah, Reet memainkan anggapan keluarganya tentang kematiannya dan melakukan perjalanan ke Bhawanigarh dengan Ruhaan yang ragu-ragu.

Mereka memutuskan untuk bersembunyi di rumah leluhur yang sepi tetapi Chote Pandit, seorang pendeta melihat pintu rumah terbuka dan memberi tahu keluarga Reet, The Thakurs. Thakurs dan penduduk desa memasuki mansion dan melihat Ruhaan, yang menutupi situasi dengan berbohong bahwa roh Reet membawanya ke sana dan keinginan terakhirnya adalah melihat keluarganya tinggal di rumah leluhur dan juga pernikahan saudara perempuannya Trisha. Di bawah pengaruh Ruhaan, The Thakurs memperbaiki pernikahan Trisha dengan Sagar. Karena kemampuannya berkomunikasi dengan roh, Ruhaan menjadi populer sebagai Rooh Baba. Ruhaan dan Reet saling jatuh cinta. Ketika Ruhaan dibawa ke ruangan tempat roh itu terperangkap, Anjulika: Kakak ipar Reet memperingatkan dia untuk menjauh dari kamar dan mengungkapkan masa lalu.

Semangatnya adalah Manjulika: kembaran Anjulika. Para suster bermigrasi ke mansion ketika ayah mereka diminta untuk mengelola rekening untuk Thakurs. Ayah mereka yang menyukai bakat Anjulika daripada Manjulika menanamkan kecemburuan pada Manjulika yang berubah menjadi kebencian terhadap saudara perempuannya seiring berjalannya waktu. Kedua bersaudara itu jatuh cinta pada Uday Thakur, kakak laki-laki Reet pada 2007, delapan belas tahun yang lalu. Namun, Uday membalas perasaan Anjulika yang membuat Manjulika marah dan tertipu. Manjulika, yang mencari pelipur lara dalam mempelajari Sihir Hitam memutuskan untuk menggunakannya sebagai senjata melawan Anjulika. Setelah pernikahan Anjulika dan Uday: pada malam yang sama, Manjulika dengan brutal menikam ayahnya karena menemukan kebenarannya dan berangkat untuk membunuh Anjulika tetapi dia menyelamatkan dirinya sendiri dan menikam Manjulika untuk membela diri membunuhnya. Meski sudah meninggal, Manjulika tidak meninggalkan keluarga sendirian karena arwahnya terus menyakiti mereka dan melumpuhkan Uday dengan mendorongnya keluar dari balkon. Para pendeta menangkap Manjulika ke sebuah ruangan di lantai tiga.

Saat ini, ayah Reet mengungkapkan kepada Ruhaan bahwa kutukan Manjulika telah membunuh delapan anggota keluarga mereka. Suatu malam, Chote Pandit menemukan Ruhaan dan Reet berkeliaran di sekitar mansion dan menemukan kebenaran. Dengan bantuan kakak laki-lakinya Bade Pandit dan istrinya yang bisnisnya terpengaruh karena popularitas Ruhaan; Chote Pandit mempelopori pencarian di mansion. Mengetahui bahwa tidak ada yang akan memasuki kamar Manjulika, Reet memutuskan untuk bersembunyi di sana dan tuduhan Chote Pandit terbukti salah kepada keluarga. Dibebaskan, Manjulika menyerang Anjulika, yang menemukan kebenaran tentang Reet yang masih hidup dan bergandengan tangan dengan Ruhaan dan Reet untuk mengusir roh tersebut. Mereka meminta bantuan dari pendeta yang sama yang menangkap roh Manjulika tetapi dia mengatakan kepada mereka bahwa dia membutuhkan tiga hari. Roh Manjulika merasuki pendeta yang membuatnya membunuh murid-muridnya sebelum dibunuh oleh dirinya sendiri. Ruhaan bertemu dengan roh dan jatuh dari teras karena takut.

Ruhaan kembali ke istana, berbicara dalam Bengali dan mengklaim dirinya sebagai Manjulika mengungkapkan bahwa dia kerasukan. Thakurs melihat Reet dan mengetahui bahwa dia masih hidup. Ruhaan menyerang Anjulika yang menggunakan Reet sebagai perisai manusia dengan mengancam akan menggorok lehernya jika Ruhaan menyerangnya dan memanggilnya sebagai "Anjulika" yang membingungkan keluarga. Ruhaan mengungkapkan bahwa dia telah melakukan tindakan kerasukan roh dan mengungkapkan bahwa wanita yang meninggal pada tahun 2007 adalah menantunya sendiri Anjulika dan orang yang tinggal bersama mereka selama 18 tahun terakhir adalah yang asli. Manjulika.

Delapan belas tahun yang lalu, setelah membunuh ayahnya dengan bantuan pendeta yang dinyatakan sebagai kaki tangan Manjulika, Manjulika mempengaruhi Anjulika menggunakan Ilmu Hitamnya dan mencuri identitasnya. Menyamar sebagai Manjulika di bawah pengaruh Ilmu Hitam, Anjulika menyerang Manjulika yang menikamnya sampai mati dengan dalih membela diri. Ketika Uday menemukan kebenaran, Manjulika mendorongnya dari balkon, melumpuhkannya dan dengan demikian mencegahnya memberi tahu siapa pun. Dia juga membunuh delapan anggota keluarga karena mengetahui kebenaran. Saat ini, roh Anjulika menyerang Manjulika dan memenjarakannya di ruangan yang sama di mana dia dikurung pada tahun 2007. Roh Anjulika memiliki momen dengan keluarganya dan meminta ayah Reet untuk memaafkan Reet atas kebohongannya karena mengungkapkan kebenaran Anjulika dan Manjulika. Dia berterima kasih kepada Ruhaan dan meminta keluarga untuk pergi karena dia memiliki urusan yang belum selesai dengan saudara perempuannya. Anjulika kemudian memasuki ruangan dan membunuh Manjulika asli. Seluruh keluarga Thakur meninggalkan istana, yang ditinggalkan lagi.

Pemeran[sunting | sunting sumber]

Produksi[sunting | sunting sumber]

Pengembangan[sunting | sunting sumber]

Sekuel Bhool Bhulaiyaa (2007) secara resmi diumumkan pada 19 Agustus 2019.[8] Bhushan Kumar, ketua T-Series, telah lama mempertimbangkan untuk membuat waralaba berdasarkan produksi 2007 mereka "Bhool Bhulaiyaa". Aakash Kaushik dan Farhad Samji memiliki dua naskah terpisah yang disiapkan untuk film independen mereka. Samji merasa bahwa elemen dari dua naskah mereka dapat bekerja sama untuk sebuah film baru, dan mereka mengajukan ide tersebut kepada produser Murad Khetani. Khetani merasa ide itu menjanjikan dan bisa bekerja sebagai sekuel dari Bhool Bhulaiyaa.[9]

Syuting[sunting | sunting sumber]

Bhool Bhulaiyaa 2 mulai syuting pada 9 Oktober 2019[10] dan diselesaikan pada 25 Februari 2022.[11] Aaryan kehilangan suaranya saat syuting urutan klimaks film.[12] Itu difilmkan di rumah nyata.[13] Syuting dilakukan di Lucknow, sebelum pandemi mengganggu jadwal.[14] Itu syuting di Mumbai dan Manali.[15][16][17]

Rilis[sunting | sunting sumber]

Teater[sunting | sunting sumber]

Bhool Bhulaiyaa 2 dirilis pada 20 Mei 2022.[1] Film ini awalnya dijadwalkan akan dirilis di bioskop pada 31 Juli 2020, tetapi ditunda karena pandemi COVID-19.[18]

Media rumah[sunting | sunting sumber]

Hak streaming digital dari film tersebut diperoleh oleh Netflix. Film ini disiarkan secara digital di Netflix mulai 19 Juni 2022.[19] Hak satelit diperoleh oleh Sony Max.

Soundtrack[sunting | sunting sumber]

Bhool Bhulaiyya 2
Album lagu tema karya Pritam dan Tanishk Bagchi
Dirilis1 Juni 2022[20]
Direkam2020-2021
GenreFeature film soundtrack
Durasi32:37 (Album)
2:20:16 (Audio film)
BahasaHindi
LabelT-Series
ProduserBhushan Kumar
Official audio
Bhool Bhulaiyya 2 - Full Album di YouTube

Musik dari film tersebut digubah oleh Pritam sementara Tanishk Bagchi muncul sebagai komposer tamu untuk menciptakan kembali judul lagu bersama dengan Pritam. Liriknya ditulis oleh Amitabh Bhattacharya, Sameer, Yo Yo Honey Singh, Mandy Gill dan Saaveri Verma.[20]

Lagu "Bhool Bhulaiyaa 2 - Title Track" diciptakan kembali dari judul lagu untuk film tahun 2007 Bhool Bhulaiyaa yang dinyanyikan oleh Neeraj Shridhar dan ditulis oleh Sameer.[21] Ini adalah kali kedua lagu tersebut diciptakan kembali setelah film tahun 2017 Commando 2 yang berjudul "Hare Krishna Hare Ram" yang dinyanyikan oleh Armaan Malik, Raftaar, Ritika dan disusun oleh Gourov-Roshin.[22]

Lagu "Ami Je Tomar/Mere Dholna Sun" dari prekuel juga dipertahankan dalam film tersebut. Shreya Ghoshal, yang menyanyikan "Mere Dholna" di Bhool Bhulaiyaa.[23]

Para penggemar lagu "Ami Je Tomar" menginginkan suara Shreya dan Arijit untuk berduet di lagu tersebut. Lagu tersebut juga dirilis dengan judul "Ami Je Tomar Kartik X Vidya" pada tanggal 28 Juni 2022 yang diambil dari setiap video klip lagu tersebut.

Seluruh musik diciptakan oleh Pritam except where mentioned.

Daftar lagu
No.JudulLirikPenyanyiDurasi
1."Bhool Bhulaiyaa 2 - Title Track" (co-composed by Tanishk Bagchi)Mandy Gill, SameerNeeraj Shridhar, Mellow D, Bob3:31
2."Hum Nashe Mein Toh Nahin"Amitabh BhattacharyaArijit Singh, Tulsi Kumar3:58
3."De Taali"Amitabh Bhattacharya, Yo Yo Honey SinghYo Yo Honey Singh, Armaan Malik, Shashwant Singh3:30
4."Mere Dholna" (Arijit Version)SameerArijit Singh6:04
5."Ami Je Tomar Tandav"SameerArijit Singh2:23
6."Ami Je Tomar Tandav" (Film Version)SameerTushar Joshi2:24
7."Ami Je Tomar" (Kiara's Scare)SameerShreya Ghoshal, Arijit Singh1:38
8."Mere Dholna" (The Sisters)SameerShreya Ghoshal2:25
9."Mere Dholna" (Revisited)Saaveri Verma, SameerShreya Ghoshal2:32
10."Ami Je Tomar" (Kartik X Vidya)SameerArijit Singh, Shreya Ghoshal6:12
Durasi total:32:37

T-Series juga merilis "Audio film" dari Bhool Bhulaiyaa 2 pada 24 Juni 2022.[24]

Bhool Bhulaiyaa 2 (Cine Audio)
No.JudulDurasi
1."Introduction with Rohan and Reet"16:39
2."Entering the Bhool Bhulaiyaa"19:20
3."The Horror Begins"18:18
4."Manjulika's Story"20:24
5."The Ghost Strikes"20:25
6."Meeting Monjulika"16:34
7."The Revenge of the Spirit"28:36
Durasi total:142:16

Penerimaan[sunting | sunting sumber]

Tanggapan kritis[sunting | sunting sumber]

Bhool Bhulaiyaa 2 menerima ulasan positif dari para kritikus.[25][26][27] Seorang kritikus untuk Bollywood Hungama memberi film ini empat setengah bintang dari lima dan menulis, "Bhool Bhulaiyaa 2 adalah penghibur dan karya yang lengkap karena kombinasi horor dan komedi yang luar biasa."[28] Pallabi Dey Purkayastha dari The Times of India memberi peringkat tiga setengah dari lima bintang dan menulis, "Bhool Bhulaiyaa 2 adalah kumpulan kesedihan dan kesedihan."[29] Rohit Vats dari Daily News and Analysis memberinya tiga setengah bintang dari lima dan menulis, "Bhool Bhulaiyaa 2 adalah penghibur yang luar biasa dan berikutnya di garis khas Bollywood film 'masala'."[30] Avinash Lohana dari Pinkvilla menilai film ini tiga bintang dari lima dan menulis, "Kartik, Kiara, dan Tabu memenuhi bagian mereka. Film ini memiliki daya tarik massal dan potensi untuk membawa penonton kembali ke teater."[31] Tushar Joshi dari India Today juga memberikan film ini tiga bintang dari lima dan menulis, "Bhool Bhulaiyaa 2 memiliki semua masala dan kemampuan untuk memuaskan selera. Ini lucu di beberapa tempat, mencoba untuk menjadi menakutkan sebagian besar waktu, tetapi seperti judulnya, usahanya tersesat di labirin."[32] Bharathi Pradhan dari Lehren juga memberikan peringkat yang sama dan menulis, "Tabu membuktikan sekali lagi bahwa dia adalah perpaduan langka dari keserbagunaan dalam penampilan dengan wajah yang menawan. Ini bukan jenis film di mana Anda berhenti menonton. cari logika."[33]

Rohit Bhatnagar dari The Free Press Journal menilai film ini tiga bintang dari lima dan menulis, "Komedi horor adalah genre yang rumit, tetapi Anees Bazmee mencoba-coba dengan satu kalimat yang lucu dan lompatan ketakutan bersama dengan cukup baik."[34] Devesh Sharma dari Filmfare, juga dengan tiga dari lima bintang, menulis, "Tonton film untuk penampilan Tabu dan Kartik serta elemen komiknya."[35] Nandini Ramnath dari Scroll.in juga memberi film ini tiga bintang dari lima dan menulis, "Bhool Bhulaiyaa 2 bergerak seiring dengan ketidakpedulian pahlawannya, kehadiran layar Tabu, dan potongan komedi yang menghibur."[36] Dalam tinjauan yang beragam, Sukanya Verna dari Rediff.com menilai film tersebut dua setengah bintang dari lima dan menemukan bahwa film tersebut tidak menganggap serius kekuatannya, menulis, "Bhool Bhulaiyaa 2 adalah film menakutkan konyol yang tahu itu film menakutkan konyol."[37] Shalini Langer dari The Indian Express menilai film ini dua bintang dari lima dan merasa humornya bisa lebih sensitif: "Ada lelucon berulang dengan mengorbankan anak yang kelebihan berat badan dan anak yang sulit pandit pendengaran."[38] Dengan satu setengah bintang dari lima, Tatsam Mukherjee dari Firstpost menyesalkan sekuel yang tidak memiliki hubungan naratif dengan film sebelumnya, menulis, "Sementara film tahun 2007 menggunakan wadah film horor untuk menceritakan kisah yang agak penting tentang penyakit mental, sekuelnya mundur menjadi "bhoot-pret" yang sebenarnya (roh-roh)."[39]

Box office[sunting | sunting sumber]

Film ini menunjukkan lonjakan koleksi pada hari ketiga. Terjadi pertumbuhan yang seragam sekitar 35 sampai 40 persen pada hari kedua, dan ini merupakan tanda penerimaan dari penonton.[11] Bhool Bhulaiyaa 2 diperoleh 14,11 crore (US$2,0 juta) di box office domestik pada hari pembukaannya. Pada hari kedua, film dikumpulkan 18,34 crore (US$2,6 juta). Pada hari ketiga, film dikumpulkan 23,51 crore (US$3,3 juta) mengambil total koleksi akhir pekan domestik ke 55,96 crore (US$7,8 juta).[4]

Hingga 8 Juli 2022, filmnya meraup 221,33 crore (US$31 juta) di India dan 45,55 crore (US$6,4 juta) luar negeri, untuk koleksi kotor seluruh dunia dari 266,88 crore (US$37 juta) menjadi film Hindi terlaris kedua tahun 2022.[40]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ a b "Bhool Bhulaiyaa 2: Kartik Aaryan averts clash with 'RRR'; opts for May 20 release". The Times of India. 2 February 2022. Diakses tanggal 2 February 2022. 
  2. ^ "Kartik Aaryan and Kiara Advani's Bhool Bhulaiyaa 2 passed with U/A certificate by CBFC". Bollywood Hungama. 16 May 2022. Diakses tanggal 17 May 2022. 
  3. ^ "Bhool Bhulaiyaa (2022) - Box Office India". Box Office India. Diakses tanggal 8 July 2022. 
  4. ^ a b "Bhool Bhulaiyaa 2 Box Office". Bollywood Hungama. Diakses tanggal 22 June 2022. 
  5. ^ Hungama, Bollywood. "Worldwide Highest Grossing Bollywood Movies on 2022 - Bollywood Hungama" (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2022-05-30. 
  6. ^ "Kartik Aaryan shares hilarious photo with Rajpal Yadav from Bhool Bhulaiyaa 2 to extend Holi wishes". Bollywood Hungama. 29 March 2021. Diakses tanggal 9 May 2021. 
  7. ^ "Amar Upadhyay paired opposite Tabu in Bhool Bhulaiyaa 2". India Today. 9 July 2021. Diakses tanggal 28 September 2021. 
  8. ^ Basu, Nilanjana (19 August 2019). "Bhool Bhulaiyaa 2 First Look: Kartik Aaryan Is (Almost) Akshay Kumar's Doppelganger". NDTV. Diakses tanggal 19 August 2019. 
  9. ^ Mankad, Himesh (24 May 2022). "Exclusive: Farhad Samji decodes Bhool Bhulaiyaa 2 success; Says 'BB 2 is an amalgamation of two stories'". Pinkvilla. Diakses tanggal 24 May 2022. 
  10. ^ "'Bhool Bhulaiyaa 2': Kartik Aaryan and Kiara Advani kick-start shooting for the much-awaited sequel". The Times of India. 9 October 2019. Diakses tanggal 9 October 2019. 
  11. ^ a b "Tabu wraps the shoot of Bhool Bhulaiyaa 2; shares picture from the sets". Bollywood Hungama. 25 February 2022. Diakses tanggal 1 May 2022. 
  12. ^ "Kartik Aaryan loses his voice while shooting for Bhool Bhulaiyaa 2 climax". 
  13. ^ "Kiara Advani ran away from Bhool Bhulaiyaa 2 set 'as fast as she could'. Here's why". 13 May 2022. 
  14. ^ "We've to go back to Lucknow for Bhool Bhulaiyaa 2's shooting: Anees Bazmee". 24 July 2020. 
  15. ^ "Kartik Aaryan resumes shooting for 'Bhool Bhulaiyaa 2'". 
  16. ^ "Kiara Advani shoots for Bhool Bhulaiyaa 2 in Manali, shares pic from set". 
  17. ^ "Kartik, Tabu resume 'Bhool Bhulaiyaa 2' shooting". 23 August 2021. 
  18. ^ "Tabu joins Bhool Bhulaiyaa 2, Kartik Aaryan and Kiara Advani welcome her on board". Hindustan Times. 14 November 2019. Diakses tanggal 17 November 2019. 
  19. ^ "BREAKING: Bhool Bhulaiyaa 2 to release on Netflix on June 19; four weeks post theatrical release". Bollywood Hungama (dalam bahasa Inggris). 16 June 2022. 
  20. ^ a b "Bhool Bhulaiyaa 2 – Original Motion Picture Soundtrack". Jiosaavn. 2 June 2022. 
  21. ^ "Bhool Bhulaiyaa 2 title song: Kartik Aaryan's Rooh Baba tap dances, does the moonwalk". Hindustan Times. 2 May 2022. Diakses tanggal 2 May 2022. 
  22. ^ "Bhool Bhulaiyaa's 'Hare Krishna Hare Ram' number to be recreated in 'Commando 2'". The Times of India. 29 January 2017. Diakses tanggal 4 July 2022. 
  23. ^ "Kartik Aaryan Calla Bhool Bhulaiyaa 2 Song Ami Je Tomar his most difficult fans call it his best performance". Hindustan Times. 29 May 2022. Diakses tanggal 4 July 2022. 
  24. ^ Bhool Bhulaiyaa 2 (Cine Audio) (dalam bahasa Inggris), 2022-06-24, diakses tanggal 2022-07-07 
  25. ^ "Bhool Bhulaiyaa 2 Day 1 Box Office Occupancy: Opens strong with 25% occupancy". Bollywood Hungama. 20 May 2022. Diakses tanggal 20 May 2022. With positive reviews from critics and good audience feedback from morning shows, the Kartik Aaryan starrer looks set to take off to a flying start. 
  26. ^ "Bhool Bhulaiyaa 2 movie OTT release date and platform fixed". The Hans India. 20 May 2022. Diakses tanggal 20 May 2022. However, the recent flick Bhool Bhulaiyaa 2 released today and got positive reviews everywhere. 
  27. ^ "Bhool Bhulaiyaa 2: Kartik Aaryan-Kiara Advani starrer film's full HD version leaked on Tamilrockers, other torrent sites". Daily News and Analysis. 20 May 2022. Diakses tanggal 20 May 2022. Kartik's film which hit theatres today opened to positive reviews and is already being hailed as a blockbuster. 
  28. ^ "Bhool Bhulaiyaa 2 Movie Review: Kartik Aaryan starrer Bhool Bhulaiyaa 2 is a complete entertainer". Bollywood Hungama. Diakses tanggal 20 May 2022. 
  29. ^ "Bhool Bhulaiyaa 2 Movie Review : In Kartik Aaryan and Kiara Advani's labyrinth, Tabu emerges victorious". The Times Of India. Diakses tanggal 20 May 2022. 
  30. ^ "Bhool Bhulaiyaa 2 movie review: Kartik Aaryan-Tabu make it as entertaining as Akshay Kumar's Bhool Bhulaiyaa". DNA India. Diakses tanggal 20 May 2022. 
  31. ^ "Bhool Bhulaiyaa 2 Review: Kartik Aaryan, Kiara Advani and Tabu starrer has the thrills and chills". Pinkvilla. Diakses tanggal 20 May 2022. 
  32. ^ "Bhool Bhulaiyaa 2 Review: Tabu steals the show in this Kartik Aaryan film". India Today. Diakses tanggal 20 May 2022. 
  33. ^ "Bhool Bhulaiyaa 2 Review: Horror+Humour=Entertainment". Lehren. Diakses tanggal 20 May 2022. 
  34. ^ "'Bhool Bhulaiyaa 2' Review: Kartik Aaryan starrer is a predictable comic caper but totally worth it". The Free Press Journal. Diakses tanggal 20 May 2022. 
  35. ^ "Bhool Bhulaiyaa 2 Movie Review". Filmfare. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2022-05-20. Diakses tanggal 20 May 2022. 
  36. ^ "'Bhool Bhulaiyaa 2' review: A spiritual and spirited sequel". Scroll.in. Diakses tanggal 20 May 2022. 
  37. ^ "Bhool Bhulaiyaa 2 Review". Rediff. Diakses tanggal 20 May 2022. 
  38. ^ "Bhool Bhulaiyya 2 movie review: Tabu towers over everyone in this Kartik Aaryan-Kiara Advani retread". The Indian Express. Diakses tanggal 20 May 2022. 
  39. ^ "Bhool Bhulaiyaa 2 movie review: Kartik Aaryan, Tabu film wears its flimsiness on its sleeve". Firstpost. Diakses tanggal 20 May 2022. 
  40. ^ "Bollywood Top Grossers Worldwide 2022". Bollywood Hungama. Diakses tanggal 18 May 2022. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]