Bhagawan

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Bhagawan Kresna bersama Radharani.

Bhagawan, juga ditulis Bhagwan atau Bhagawat, (Dewanagari: भगवान्,IASTBhagavān, भगवान्) secara harfiah berarti "memiliki keberuntungan, terberkati, sejahtera" (dari kata benda bhaga, berarti "nasib baik, kekayaan", berkaitan dengan rumpun bahasa Slavia bog 'Tuhan', bahasa Rusia богач [boga'ch] 'kaya').[1]

Dalam beberapa tradisi agama Hindu kata itu digunakan untuk merujuk kepada Zat Yang Mahakuasa atau Kebenaran Mutlak, namun dengan rujukan yang lebih spesifik mengacu kepada Zat yang Mahakuasa yang memiliki kepribadian (Tuhan berkepribadian).[2]

Ciri "pribadi" ini mengindikasikan perbedaan penggunaan kata Bhagawan dari istilah serupa lainnya,[3] seperti Brahman, "Roh Yang Tertinggi" atau "jiwa", maka dalam penggunaan ini, Bhagawan dalam banyak hal mirip dengan konsep ketuhanan Kekristenan secara umum.

Bhagawan yang digunakan sebagai gelar kehormatan seringkali diterjemahkan sebagai "Tuan", misalnya "Bhagawan Kresna", "Bhagawan Siwa", "Bhagavan Swaminarayan", dsb. Dalam agama Buddha dan Jainisme, Gautama Buddha, Mahavira dan Tirthankara lainnya, para Buddha dan bodhisattva juga dihormati dengan gelar tersebut. Kata feminin untuk Bhagawan adalah Bhagawatī dan merupakan gelar Durga dan dewi Hindu lainnya.

Gelar tersebut juga digunakan sebagai bentuk kata sapaan terhormat untuk guru spiritual di India pada zaman sekarang.

Catatan kaki[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Macdonell Sanskrit-English dictionary
  2. ^ Who is Krishna? "God the person, or Bhagavan"
  3. ^ Bhag-P 1.2.11 "Learned transcendentalists who know the Absolute Truth call this nondual substance Brahman, Paramatma or Bhagavan"