Betabara

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
(Dialihkan dari Betania, Perea)
Bagian dari Peta Madaba yang menggambarkan Betabara, Βέθαβαρά το τού άγίου Ιωάννου τού βαπτίσματος: Bethabara, tempat Santo Yohanes membaptis

Betabara (Inggris: Bethabara beth-AB-ər-ə; בית עברה; bēth‛ăbhārāh; Βηθαβαρά; Bēthabará; "house of the ford, tempat penyeberangan") adalah nama tempat yang disebut dalam sebagian besar naskah Alkitab bahasa Yunani sebagai tempat pembaptisan Yesus oleh Yohanes Pembaptis (Yohanes 1). Nama "Betabara" juga muncul dalam Peta Madaba dari abad ke-6 dan dalam Talmud.

Lokasi Betabara yang paling memungkinkan dalam wilayah Yordania modern adalah tempat berseberangan dengan titik paling selatan kota Yerikho di tepi timur sungai Yordan.

Tradisi berdasarkan tafsiran teks Alkitab menghubungkan tempat ini dengan dua mujizat: penyeberangan Sungai Yordan, yang airnya tiba-tiba terbendung di hulu, sehingga orang Israel di bawah pimpinan Yosua dapat lewat di tanah kering (Yosua 3); dan terangkatnya nabi Elia ke sorga dibawa oleh kereta berapi (2 Raja–raja 2:9, 11).

Upaya mengidentifikasi Betabara[sunting | sunting sumber]

Pembacaan: Betabara vs. Betania[sunting | sunting sumber]

Dalam naskah-naskah kuno yang memuat Injil Yohanes didapati ada dua nama berbeda, yaitu Betabara (Bethabara) atau Betania (Bethany), untuk tempat di mana Yohanes membaptis "dengan air" dan di mana ia menyebut Yesus sebagai "Anak domba Allah, yang menghapus dosa dunia."(Yohanes 1:28–29)

Nama "Betabara" sebagai tempat Yohanes Pembaptis membaptis dipakai dalam Alkitab bahasa Inggris Versi Raja James (mengikuti Textus Receptus[1]) pada Yohanes 1:28.

Sejumlah terjemahan misalnya Revised Version memuat "Bethany" atau "Betania",[2] tetapi dibedakan dengan desa Betania, tempat tinggal Lazarus, Maria dan Marta yang terletak di dekat Yerusalem, karena Betania tempat pembaptisan ini ditambahi frasa "beyond the Jordan" ("di seberang (sungai) Yordan").

Pembacaan Bethabara menjadi tetap berkat dukungan Origenes (abad ke-3)[3] dan Yohanes Krisostomus (abad ke-4),[4] serta nama Betabara yang sama dimuat dalam Peta Madaba (abad ke-6)[5] maupun Talmud Yahudi.[6]

Telah muncul berbagai penjelasan mengenai pembacaan yang berbeda ini. G. A. Smith menulis dalam karyanya "Atlas of the Historical Geography of the Holy Land" (HGHL; 1915) bahwa Betania (house of the ship; "tempat kapal air") dan Betabara (house of the ford; "tempat penyeberangan sungai") merupakan nama-nama dari tempat yang sama.

Beth-barah dan Beth-arabhah[sunting | sunting sumber]

Betabara juga diidentifikasi dengan "Bet-bara" (Beth-barah), yang bukan pada sungai Yordan, tetapi pada salah satu anak sungai yang mengalir ke sungai itu (Kitab Hakim-hakim, yaitu Hakim–hakim 7:24).

Menarik untuk dicatat bahwa satu versi Alkitab bahasa Yunani Septuaginta, yaitu Codex Vaticanus (LXXB) memuat, Baithabara sebagai terjemahan kata Ibrani yang pada Teks Masoret ditulis Bēth-‛ărābhāh, salah satu kota Suku Benyamin (Kitab Yosua, Yosua 18:22). Jika benar, maka pada abad pertama Masehi tempat ini terletak di wilayah provinsi Yudea.

Beth-nimrah[sunting | sunting sumber]

Pemecahan lain meneliti ide korupsi nama asli menjadi Betania dan Betabara, yaitu nama yang mempunyai konsonan n, b dan r setelah "Beth-" (atau "Bet-"). Dalam Yosua 13:27 (Septuaginta, Codex Vaticanus) ditemukan, Baithanabra untuk Bethnimrah (Teks Masoret), dan Sir George Grove dalam Dictionary of the Bible (artikel "Bethabara" dan "Beth-nimrah") mengidentifikasi Bethabara dan Beth-nimrah. Situs terakhir ini hanya beberapa mil di utara Yerikho (lihat Beth-nimrah), langsung dapat dicapai dari Yerusalem dan seluruh Yudea (bandingkan Injil Matius: Matius 3:5; Injil Markus: Markus 1:5).

Jarak dari Kana; Abarah dekat Beisan[sunting | sunting sumber]

George Frederick Wright mengamati: "Situs tradisional terletak pada tempat penyeberangan sungai di sebelah timur kota Yerikho; tetapi menurut Yohanes 1:29, Yohanes 1:35, Yohanes 1:43 tempat itu hanya satu hari perjalanan jauhnya dari Kana di Galilea, sementara menurut Yohanes 10:40; Yohanes 11:3, Yohanes 11:6, dan Yohanes 11:17, berjarak dua atau tiga hari dari Betania, jadi seharusnya di hulu sungai dekat Galilea. Conder menemukan suatu tempat penyeberangan sungai terkenal dekat Beisan yang dinamai Abarah, dekat muara lembah Yizreel. Lokasinya 20 mil dari Kana dan 60 mil dari Betania, serta kondisi tempatnya cocok dengan sejarah." Namun, tidak ada rujukan dalam Injil Yohanes yang sesungguhnya menyatakan berapa lama perjalanan dari tempat-tempat tersebut, sehingga hanya merupakan spekulasi.

Al-Maghtas[sunting | sunting sumber]

Diskusi ini berubah bentuk pada akhir tahun 1990-an, ketika proyek pembersihan tambang di sebelah timur sungai Yordan memberikan kesempatan para arkeolog untuk menggali gereja kuno yang menandai tempat baptisan di mana sungai Yordan mengalir pada abad ke-1 Masehi, cocok dengan tempat yang ditandai di Peta Madaba. Nama Arab setempat adalah Al-Maghtas, artinya "baptisan". Ini mendorong konsensus kuat di kalangan arkeolog, sarjana dan pemimpin gereja, bahwa tempat ini, yang terletak di tepi timur sungai Yordan, sedikit di utara muara ke Laut Mati, adalah paling memungkinkan sebagai tempat Yohanes Pembaptis membaptis.[7][7][8]

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Mengikuti naskah-naskah Uncial New York dan Moscow, form yang dikoreksi dari Ephraemi dan Athos, along with uncial fragments from St Petersburg, Paris, minuscule 1, and family 13, backed up by Eusebius, Cyril, some Byzantine texts and lectionaries, and the Curetonian Old Syriac, Aramaic Peshitta, Armenian, and Georgian manuscripts, among others cited in The Greek New Testament, 4th ed. (1983).
  2. ^ S. F. Hunter (1939). James Orr, John Nuelsen, Edgar Mullins, Morris Evans, Melvin Grove Kyle, ed. "Bethabara". International Standard Bible Encyclopedia (ISBE). Diakses tanggal 20 March 2015. (British and American) (with Tischendorf, Westcott and Hort, The New Testament in Greek following Codex Sinaiticus, Codex Vaticanus, Codex Alexandrinus, Codex Ephraemi) 
  3. ^ Bethany Beyond the Jordan - artikel Catholic Encyclopedia
  4. ^ Bruce Metzger, Textual Commentary on the Greek New Testament, 2nd ed. (1994), 171 and n. 5.
  5. ^ Harper's Bible Dictionary (1985), 105
  6. ^ Raymond Brown, Gospel According to John I-XII, Anchor Bible (1968), 44-45.
  7. ^ a b "The Discovery of Elijah's Hill and John's Site of the Baptism, East of the Jordan River from the Description of Pilgrims and Travellers | Waheeb | Asian Social Science". Ccsenet.org. 2012-06-29. Diakses tanggal 2015-04-29. 
  8. ^ "The Discovery of Bethany Beyond the Jordan River (Wadi Al-Kharrar)". Journals.ju.edu.jo. Diakses tanggal 2015-04-29. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]

Media terkait Bethabara di Wikimedia Commons

Koordinat: 31°50′13″N 35°32′50″E / 31.83694°N 35.54722°E / 31.83694; 35.54722