Beshbarmak

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Beshbarmak

Beshbarmak (bahasa Kirgiz: бешбармак, bahasa Rusia: бешбармак, bahasa Bashkir: бишбармаҡ, bahasa Tatar: бишбармак — "lima jari") adalah sebuah hidangan nasional antara bangsa Turk nomaden di Asia Tengah dan Rusia. Ia juga dikenal sebagai naryn di Xinjiang, Uzbekistan, Kirgizstan dan Kazakhstan, sebagai gulchatay[1] di Talas, sebagai turama atau dograma di Karakalpakstan, Kaukasus Utara dan Turkmenistan, dan sebagai kullama di Bashkortostan dan Tatarstan.

Istilah "Beshbarmak" berarti "lima jari", karena pengembara secara tradisional memakan hidangan ini dengan tangan mereka. Beshbarmak biasanya dibuat dari cincang halus, daging rebus, dicampur dengan mie dan chyk, saus bawang. Biasanya disajikan dalam hidangan besar, bundar, setelah shorpo, yang merupakan hidangan daging kambing pertama yang disajikan dalam mangkuk teh yang disebut kese. Hal ini juga diikuti oleh kaldu yang disebut ak-serke (shorpo dicampur dengan kymyz atau ayran), yang dianggap membantu menenangkan perut.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ ltd, Baibol Group. "National dish Besh-Barmak • Culture and traditions of kyrgyz people - culture, food and nomads clothing • Baibol Travel". BAIBOL.KG (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2020-01-22. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]