Bertha Lutz

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Bertha Lutz
Bertha Lutz pada 1925
LahirBertha Maria Júlia Lutz
2 Agustus 1894
São Paulo, SP, Brasil
MeninggalKesalahan ekspresi: Karakter tanda baca "{" tidak dikenal. Parameter salah (harus 1 — 12) 16 September 1976(16 September 1976-Kesalahan ekspresi: Kata "agustus" tidak dikenal.-{{{3}}}) (umur Error: Need valid year, month, day)Kesalahan ekspresi: Kata "september" tidak dikenal.
Rio de Janeiro, RJ, Brasil
KebangsaanBrasil
Nama lainLutz Berta
PekerjaanIlmuwan Brasil

Bertha Maria Júlia Lutz (2 Agustus 1894 – 16 September 1976) adalah seorang zoologis, politikus dan diplomat Brasil. Lutz menjadi figur utama dalam gerakan feminis dan gerakan hak asasi manusia Pan Amerika.[1] Ia adalah tokoh penting dalam pengesahan hak suara wanita di Brasil dan mewakili negaranya di Konferensi Perseriatan Bangsa-Bangsa tentang Organisasi Internasional, dimana ia menandatangani Piagam Perserikatan Bangsa-Bangsa. Selain karya politik, ia adalah seorang naturalis di Museum Nasional Brasil. Empat spesies kodok dan dua spesies kadal diambil dari namanya.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ June E. Hahner, "Bertha Maria Julia Lutz" in Encyclopedia of Latin American History and Culture, vol. 3, pp. 474–75. New York: Charles Scribner's Sons 1996.

Bacaan tambahan[sunting | sunting sumber]

  • Hahner, June E. Emancipating the Female Sex: The Struggle for Women's Rights in Brazil, 1850–1940. (1990)

Pranala luar[sunting | sunting sumber]