Berliner Weisse

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian

Berliner Weisse merupakan istilah yang merujuk pada bir khas Jerman yang memilik rasa asam, ringan dan menyegarkan dengan cita rasa gandum dan lemon.[1] Berliner Weisse difermentasikan menggunakan ragi Lactobacillus dalam jangka waktu yang lama sehingga memberikan kesempatan pada bir untuk membentuk rasa asam yang khas. Banyak pula pembuat bir yang menambahkan ragi Brettanomyces liar untuk menimbulkan lapisan tar dan rasa yang bersahaja. Puluhan tahun lalu, Berliner Weisse sangat populer di Jerman, sebelum akhirnya langka beberapa tahun terakhir. Konsumen kini menginginkan rasa bir dengan asam yang lebih kompleks. Berline Weisse dibuat dengan proporsi gandum yang tinggi (biasanya sekiar 2-3% volume alkohol). Hampir tidak ada hop terdeteksi pada bir jenis ini. Beberapa pembuat bir juga menambahkan cita rasa buah atau pedas untuk menambah kekayaan cita rasa bir asam ini.

Berliner Weisse meupakan bir yang berasal dari Jerman Utara, khususnya Berlin. Penampakan bir ini sangat pucat (namun tidak putih/transparan), dengan densitas yang sangat rendah. Fermentasi bir ini dilaksanakan pada suhu 20 derajat Celcius dengan kultur Lactobacillus delbrueckii. Berliner Weisse sangat populer di Jerman pada tahun 962-1806, juga dikenal dengan nama champagne du nord oleh para tentara Napoleon.[2]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Craft Brewed Berliner Weisse Beers". http://www.craftedpours.com/. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2016-11-19. Diakses tanggal 5 Oktober 2017.  Hapus pranala luar di parameter |website= (bantuan)
  2. ^ Rabin, Dan; Forget, Carl (1998). The Dictionary of Beer and Brewing. Taylor & Francis. hlm. 36.