Berlin Bintang

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian

Berlin Bintang
Berlin Bintang.jpg
Berlin Bintang
Latar belakang
Nama lahirBerlin Chintia Bintang
Nama lainBerlin Bintang
AsalCountry flag Denpasar, Indonesia
GenreDance/Elektronik
PekerjaanDJ (Disc Jockey), Live PA, Producer
Tahun aktif2009 - present
LabelMuses.ent
Fans ClubBerBi Gang
Situs webwww.instagram.com/berlinbintang

Berlin Chintia Bintang (Lahir 23 September), dikenal secara luas sebagai Berlin Bintang merupakan DJ (Disc Jockey) asal Indonesia. Ia mulai dikenal publik setelah tampil di berbagai festival lokal di tempat kelahirannya yaitu Bali dan beberapa acara lainnya di kota-kota besar di Indonesia. Kehidupannya di dunia musik telah dimulai sejak usia muda, dimana ia lebih dulu terjun menjadi penyanyi sampai pada akhirnya jatuh cinta pada industri musik dance sejak tahun 2009.

Musiknya banyak dipengaruhi oleh HipHop, R&B dan Trap. Namun ia mengusung open format DJ yang juga memainkan musik lainnya dari berbagai genre, seperti EDM, Mashup, Deep House, Techno, Tech House, House, dan lainnya.

Penampilannya yang selalu atraktif diatas panggung menjadi salah satu kelebihannya sebagai seorang DJ dan juga memamerkan skill/kemampuannya dalam bermusik untuk menghibur penonton dilantai dansa. Ia juga mulai dikenal publik berkat video-video penampilannya di social media. Selain itu, ia juga produktif merilis remix lagu ataupun podcast melalui music platforms.

Pada tahun 2013, Berlin Bintang berhasil menjadi runner up DJ Beat Battle dan menjadi pembuka untuk DJ Internasional, Emma Hewitt pada saat menggelar tour-nya di Samarinda, Indonesia.

Pada tahun 2017, Berlin Bintang berhasil menempatkan namanya dalam jajaran female dj dunia versi website djanetop.com dan menduduki posisi ke 9 sebagai top female dj indonesia dan posisi ke 39 untuk tingkat Asia.

Pada tahun 2018, Berlin Bintang merilis karya original pertamanya secara professional, berjudul "I Don't Give A Damn." Dan prestasi terbarunya adalah menduduki posisi ke 7 sebagai top female dj Indonesia dan posisi ke 29 di Asia versi www.djanetop.com.

Pada tahun 2019, Berlin Bintang juga mulai dikenal sebagai Youtuber, dengan menyuguhkan vlog-vlog kesehariannya dan juga aktifitas DJnya. Youtube channel Berlin Bintang bisa dilihat di www.youtube.com/berlinbintang


Karier[sunting | sunting sumber]

2009 - 2015: Awal Karier

Awal kariernya sebagai seorang DJ, dimulai di Bali, Indonesia. Bermain di beberapa klub besar di Bali, rupanya belum cukup bagi Berlin Bintang untuk menetapkan konsistensinya di ranah musik dance. Ia mulai melakukan perjalanan karier di berbagai kota di Indonesia, dengan menjadi resident di beberapa klub besar.

2011: Horyzon 1 & 2 Jayapura (Febuary - June) - Barong Bali Hotel (July - September) - Q-Beat Ternate (November 2011 - January 2012)

2012: Connexion Balikpapan (January - Febuary) - Deja Vu Samarinda (March - May) - Venus Luxury Club Palembang (May) - Bintan Lagoon Resort, Pulau Bintan (July - October) - Q-Beat Ternate (October - November) - Grand Club Jambi (December 2012 - May 2013)

2013: Deja Vu Samarinda (May - July) - D’Club 89 Balikpapan (August - October) - Sheraton Hotel Bali (October - November) - Hardrock Cafe Bali

2015: Hardrock Cafe Bali - Marina Club Lombok (October - December)

Sampai pada 2016, Berlin Bintang memutuskan untuk menetap di Bali, dan memantapkan kariernya sebagai seorang DJ dengan bermain di banyak event besar baik di Bali maupun nasional.

2016 - Sekarang: DJ Menjadi Prioritas

2016 merupakan awal kesuksesan Berlin Bintang terutama di ranah lokal Bali, dimana namanya sudah mulai dikenal oleh pecinta musik dance di Bali. Dengan bermain di berbagai acara, baik itu di Club, Acara Kampus/Mahasiswa, Sekolah, Mall, Perusahaan sampai Wedding After Party dan Festival besar membuat namanya semakin dikenal oleh masyarakat Bali. Ia juga mendapat panggilan untuk bermain di club di Indonesia, seperti di Banjarmasin, Balikpapan, Lombok, Yogyakarta, Jambi, Kupang, Sulawesi, Palembang, Timika, Sorong, Jayapura dan lainnya.

Pada tahun 2018, Berlin Bintang memantapkan kariernya dengan merilis single berjudul "I Don't Give A Damn."

Discography[sunting | sunting sumber]

Single "I Don't Give A Damn"

Akhirnya, setelah cukup lama berkarier dalam industri musik dance, DJ sekaligus penyanyi asal Bali, yang akrab disapa Berlin Bintang, merilis debut karyanya secara luas. Berjudul “I Don’t Give A Damn” merupakan karya pertama Berlin Bintang yang ia rilis setelah 9 tahun berkarier sebagai Disc Jockey.

“Bisa dibilang bahwa single ini merupakan idealisme dari saya sendiri, yang mengedepankan musik elektronik party ketimbang vocal didalamnya,” ungkap Berlin Bintang.

Single ini merupakan gambaran mengenai ketidakpeduliannya terhadap haters, yang saat ini mungkin sudah menjadi fenomena publik juga, dimana social mediapun sudah menjadi media utama para netizen mengungkapkan ketidaksukaan mereka terhadap suatu hal. Berlin Bintang ingin mengungkapkan nya melalui sebuah karya. “Jadikan haters semangat untuk berkarya dan berprestasi.”

Penggarapan single ini memakan waktu hampir setahun di sela-sela kesibukannya off air sebagai DJ dalam beberapa acara baik di Bali, maupun kota-kota lainnya di Indonesia. Sebelumnya ia hanya merilis beberapa remix lagu-lagu terkenal melalui youtube channelnya. Sampai pada akhirnya tanggal 9 September 2018 menjadi tanggal perilisan dari debut singlenya, dan bisa di beli atau streaming melalui digital platforms, baik iTunes, Apple Music, Spotify, Deezer, Google Play, Youtube dan masih banyak lagi.

“Kedepannya mungkin aku akan mengeluarkan single yang lebih bernyanyi tapi masih lekat dengan nuansa dance elektroniknya juga. Tidak menutup kemungkinan untuk berkolaborasi dengan beberapa musisi/penyanyi juga,” kata DJ yang identik dengan penampilannya yang sexy ini. Harapannya, lagu ini bisa diterima oleh semua kalangan dan menjadi awal konsistensinya di industri musik Indonesia.

Prestasi[sunting | sunting sumber]

2013: Berlin Bintang berhasil menjadi runner up dalam DJ Beat Battle di Samarinda dan menjadi opening act untuk show dari international DJ Emma Hewitt.

2017: Berlin Bintang berhasil menempatkan namanya dalam jajaran female DJ dunia dengan menduduki nomor 9 top female DJ di Indonesia dan nomor 39 top female DJ di Asia versi djanetop.com sebuah poll website untuk semua female DJ dunia.

2018: Berlin Bintang berhasil menempatkan namanya dalam jajaran female DJ dunia dengan menduduki nomor 7 top female DJ di Indonesia dan nomor 29 top female DJ di Asia versi djanetop.com sebuah poll website untuk semua female DJ dunia.

Referensi[sunting | sunting sumber]

1. https://sinergi.radarmalang.id/dj-berlin-bintang-siapkan-kejutan-di-tahun-2018-bali-express/

2. https://www.topdj.id/4390

3. https://www.indoclubbing.com/artist/berlin-bintang

4. http://samarinda.prokal.co/read/news/12362-dj-berlin-bintang-siap-manjakan-clubbers.html

5. http://suluhbali.co/berkarier-di-bali-dan-luar-bali/

6. http://rakyatsulsel.com/siap-siap-dj-berlin-bintang-bakal-guncangkan-karebosi-condotel.html

7. http://makassar.tribunnews.com/2017/09/14/jangan-lewatkan-black-saturday-di-karebosi-condotel-bersama-dj-cantik-ini

8. https://djanetop.com/djanes/berlin-bintang/

9. https://sinergi.radarmalang.id/berlin-masuk-10-besar-top-djane-indonesia-2017-ini-foto-foto-seksinya-bali-express/

10. http://indonesia.djanemag.com/news/berlin-bintang/berlin-bintang-tampil-hebat-hingga-crowd-benar-bali-express

11. https://baliexpress.jawapos.com/read/2017/08/28/10259/fokus-nge-dj-berlin-bintang-tinggalkan-kursi-assisten-manager

12. https://www.youtube.com/user/djberlinbintang

13. https://www.instagram.com/berlinbintang

14. https://soundcloud.com/berlinbintang