Berenike Phernophorus

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
(Dialihkan dari Berenice Phernophorus)

Berenike (Yunani kuno: Βερενίκη, Berenikē) (~275 SM[1]–246 SM), dikenal sebagai Berenice Phernophorus ("Pembawa mahar nikah")[2] atau Berenice Syra, adalah putri Ptolemaios II Philadelphus dari istri pertamanya Arsinoe I dari Mesir.[3][4]

Pernikahan[sunting | sunting sumber]

Setelah adanya perjanjian damai pada tahun 253 SM antara keturunan Antiokhus dan Ptolemeus yang mengakhiri Perang Siria kedua, sekitar musim panas tahun 252 SM, Berenike dinikahkan dengan raja Seleukia Antiokhus II, yang sebelumnya menceraikan istrinya Laodice I dan memindahkan hak pewarisan tahta kepada anak-anak Berenike.[5]

Kematian[sunting | sunting sumber]

Pada tahun 246 SM, ketika Ptolemeus II meninggal, Antiokhus II menikah lagi dengan istri pertamanya, Laodice. Antiochus meninggal tidak lama kemudian, dan banyak yang mencurigai akibat diracun. Ratu Berenike mengklaim perwalian kerajaan atas putranya yang masih bayi, Antiochus,[6] tetapi ia dan putranya kemudian dibunuh di Daphne dekat Antiokhia oleh kaki tangan Seleucus II dan Laodice[7] pada bulan September/Oktober 246 SM.[8] Saudara laki-laki Berenike, Ptolemaios III Euergetes, meneruskan tahta ayahnya, segera membalas kematian saudara perempuannya itu dengan menyerang Siria dan menghukum mati Laodice. Kejadian ini menggenapi nubuat yang tertulis dalam Kitab Daniel pasal 11:6 (pada Alkitab Ibrani dan Perjanjian Lama di Alkitab Kristen).[9]

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Bennett, Chris. "Berenice Phernophorus". Egyptian Royal Genealogy. Diakses tanggal Feb 24, 2015. 
  2. ^ PP VI 14498. Gr: Berenikh FernoforoV. Penamaan "Phernophorus" ("pembawa mahar nikah") dijumpai pada tulisan Jerome (Komentari mengenai Daniel 11.6).
  3. ^ Schol. Theocritus 17.128.
  4. ^ Mengingat Arsinoe I diasingkan paling awal tahun 274/3 SM, Berenike tentunya lahir sebelumnya, sehingga usianya sekitara 20-an pada waktu dinikahkan. Namun D. J. Thompson in K. Gutzwiller (ed.), The New Posidippus: A Hellenistic Poetry Book [forthcoming] menunjukkan bahwa ia digambarkan sebagai "anak perempuan kecil" [paiV] pada waktu kemenangan-kemenangan Nemea dan Isthmia. (Posidippos, Hippika AB 80 (kemenangan Nemea) dan AB 82 (kemenangan Isthmia)), yang dipakai untuk anak berusia antara 7 dan 14 tahun. Karena anak-anak Arsinoe I hanya diadopsi setelah kematiannya oleh Arsinoe II, dan karena wanita terkemuka di istana segera setelah kematiannya adalah Bilistiche, yang merayakan kemenangan-kemenangan Olimpiadenya, kurang masuk akal -- meskipun bukannya tidak mungkin -- bahwa kemenangan-kemenangan ini terjadi antara tahun 274/3 dan ~260 SM. Kesimpulannya, Berenice rupanya dilahirkan ~ 275 SM.
  5. ^ pCairZen 2.59242, 2.59251 (terjemahan); catatan yang kedua ini menggambarkan Berenike diantar ke perbatasan Seleukia pada bulan April 252, dan pernikahan dilangsungkan beberapa minggu kemudian. Saat itu ia berusia 20-an tahun. G. M. Macurdy, Hellenistic Queens 87, mengemukakan pendapat yang tidak dapat dibuktikan bahwa ia sebelumnya telah ditunangkan dengan saudara laki-lakinya, Ptolemeus "muda".
  6. ^ Disebut sebagai "Raja Seleukia" dalam SEG 42.994, sebuah surat dari panglima Ptolemeus, Tlepolemos, kepada penduduk Kildara: W. Blümel, EA 20 (1992) 127.
  7. ^ Justin 27.1, Polyaenus 8.50.
  8. ^ S. West, CQ N.S. 35 (1985) 61, berpendapat bahwa tarikh peristiwa yang digambarkan pada syair buatan Callimachus "Coma Berenice" ditentukan berdasarkan "heliacal rising" rasi bintang "Coma Berenices", yang terjadi sekitar 3 September 246, artinya Ptolemus III berangkat berperang untuk membantu saudara perempuannya dan putranya pada Perang Siria ketiga sekitar saat itu. H. Hauben, AfP 36 (1990) 29, lebih jauh mencatat bahwa AntioKhus II telah mati pada bulan Juli 246 [dilaporkan di Babilon pada tahun 66 bulan 5 (Abu) = Agustus 246 SM menurut BM 35603, suatu tawarikh Babilonia yang dipublikasikan dalam A. J. Sachs & D. J. Wiseman, Iraq 16 (1954) 202], dan tanggal itu memberikan waktu bagi Ptolemeus III untuk mempersiapkan serangannya. Kebanyakan disepakati bahwa Berenike dan Antiokhus dibunuh tidak lama sebelum Ptolemeus III mencapai Antiokhia; sehingga kematian mereka tentunya terjadi pada akhir bulan September/awal Oktober 246 SM.
  9. ^ Daniel 11:6

Pustaka[sunting | sunting sumber]