Berat lepas landas maksimum

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian

Berat lepas landas maksimum (bahasa Inggris: Maximum takeoff weight, disingkat MTOW) adalah berat maksimum di mana pilot diizinkan untuk lepas landas, karena batasan struktural atau lainnya. Istilah analog untuk roket adalah massa lepas landas kotor, atau GLOW. MTOW biasanya ditentukan dalam satuan kilogram atau pound.

MTOW adalah bobot terberat di mana pesawat telah terbukti memenuhi semua persyaratan kelaikan udara yang berlaku untuknya. MTOW pesawat terbang adalah tetap dan tidak berbeda dengan ketinggian, suhu udara, atau panjang landasan yang akan digunakan untuk lepas landas atau mendarat. Bobot yang berbeda, "bobot lepas landas maksimum yang diizinkan" atau "bobot lepas landas yang diregulasi", bervariasi sesuai pengaturan flap, ketinggian, suhu udara, panjang landasan pacu dan faktor lainnya. Ini berbeda dari satu lepas landas ke yang berikutnya, tetapi tidak pernah bisa lebih tinggi dari MTOW.

Dengan beberapa produsen pesawat besar, model pesawat yang sama dapat memiliki lebih dari satu MTOW. Operator dapat memilih untuk mensertifikasi pesawat terbang dengan bobot yang dikurangi, seringkali dengan biaya yang lebih rendah dengan opsi untuk kemudian meningkatkan MTOW dengan biaya dan biaya perubahan sertifikasi. Beberapa maskapai yang tidak membutuhkan MTOW tinggi memilih untuk memiliki MTOW yang lebih rendah untuk pesawat tertentu untuk mengurangi biaya (Biaya pendaratan dan biaya kontrol lalu lintas udara didasarkan pada MTOW).[1]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "ICAO's Policies on Charges for Airports and Air Navigation Services" (PDF). Diakses tanggal 15 September 2013. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]