Benteng Santo Domingo

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Benteng Anthonio
Benteng Anthonio.
Peta
Informasi umum
LokasiTamsui, Taipei, Taiwan

Fuerte Santo Domingo atau Benteng San Domingo (Hanzi: 紅毛城, 聖多明哥城; Pinyin: Hóngmáochéng; POJ: Âng-mn̂g-siâⁿ) awalnya merupakan benteng kayu yang didirikan oleh Spanyol tahun 1629 di Danshui, pantai timur laut Taiwan.

Pada malam tahun 1636, sekelompok penduduk asli yang marah dengan pajak yang ditetapkan oleh gubernur Spanyol berhasil menguasai benteng dan menghancurkannya. Pada tahun 1637, Spanyol mendirikan kembali benteng dengan bahan batu dan meningkatkan tinggi tembok. Pada tahun 1642, Belanda mengusir Spanyol. Benteng Spanyol di Danshui telah dihancurkan oleh Spanyol sendiri. Belanda membangun benteng baru di tempat tersebut, yang disebut Benteng Anthonio. Pada tahun 1644, mereka menggantikannya dengan struktur yang masih berdiri hingga hari ini, disebut Benteng Anthonio. Dari tahun 1683 hingga 1867, pemerintah Dinasti Qing menguasai benteng ini dan mendirikan benteng batu dengan empat gerbang disekitarnya.

Kini benteng ini dibuka untuk umum pada hari Selasa - Minggu, dari pukul 9:00 - 17:00, dengan biaya masuk NT$60 untuk dewasa dan NT$40 untuk pelajar.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]