Benteng Antonia

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Model dari Benteng Antonia – saat ini di Museum Israel
Benteng dan Gerbang Singa

Benteng Antonia adalah sebuah barak militer yang dibangun di atas Hasmonea Baris oleh Herodes Agung. Dinamainya menurut pelindungnya, Markus Antonius, bertarikh pra 31 SM (tanggal ini dapat dipastikan karena Markus Antonius dikalahkan oleh Octavius (kemudian Kaisar Agustus) dalam pertempuran laut Actium pada tahun 31 SM). Dibangun di Yerusalem di situs benteng Ptolemaik dan Hasmonea sebelumnya, benteng ini dibangun di ujung timur tembok besar kota (dinding kedua), di sisi timur laut kota, dekat Kompleks al-Haram dan Kolam Betesda.

Pemerian[sunting | sunting sumber]

Meskipun rekonstruksi modern sering menggambarkan benteng dengan menara pada masing-masing dari empat penjuru, sejarawan Yosefus berulang kali menyebutnya sebagai menara Antonia, dan menyatakan bahwa itu telah dibangun oleh Yohanes Hyrkanos untuk menyimpan jubah yang digunakan dalam Bait Suci.[1] Namun, Yosefus menyatakan:

"Penampilan umum dari keseluruhan adalah bahwa dari sebuah menara dengan menara lainnya di masing-masing empat penjuru; tiga menara tersebut tingginya lima puluh hasta, sedangkan yang di tenggara sudutnya naik menjadi tujuh puluh hasta seehingga mempunyai pemandangan ke seluruh area bait suci."[2]

Beberapa arkeolog berpendapat bahwa benteng itu hanya berupa satu menara, terletak di sudut tenggara situs itu;[3] misalnya, Pierre Benoit, mantan profesor Perjanjian Baru studi di École Biblique, setelah dilakukan penelitian arkeologi ekstensif  pada situs itu, sepakat dan menambahkan bahwa sama sekali tidak ada dukungan [arkeologi] untuk mendukung adanya empat menara.

Situs Praetorium Pilatus?[sunting | sunting sumber]

Secara tradisional, dianggap bahwa hanya daerah sekitar Benteng Antonia kemudian menjadi situs Pengadilan (Praetorium), yang adalah tempat di mana Yesus dibawa ke hadapan Pilatus (lihat pengadilan Pilatus). Namun, tradisi ini didasarkan pada asumsi yang salah bahwa wilayah batu bendera Romawi, ditemukan di bawah Gereja Kecaman dan Pengenaan Lintas dan Biara Sisters of Zion, adalah trotoar (bahasa yunani: lithostratos) yang disebut di dalam  Alkitab sebagai lokasi  penghakiman Pontius Pilatus atas Yesus;[4] penyelidikan arkeologi sekarang menunjukkan bahwa lembaran ini adalah paving timur dari dua  Forum abad ke-2, yang dibangun oleh Hadrian sebagai bagian dari pembangunan Aelia Capitolina.[5] Situs Forum itu sebelumnya adalah kolam besar terbuka, Kolam Struthion, yang dibangun oleh kaum Hasmonea, disebutkan oleh Yosefus berdekatan dengan Benteng pada abad ke-1,[6] dan masih ada di bawah batu ubin Hadrian.

Seperti Filo, Yosefus bersaksi bahwa gubernur Romawi tinggal di Istana Herodes saat mereka berada di Yerusalem,[7] dan melaksanakan penilaian pada halaman di luarnya;[8] Yosefus menunjukkan bahwa Istana Herodes di Bukit Barat (Kota Atas)[9] dan baru-baru ini (tahun 2001) telah ditemukan di bawah sudut benteng Gerbang Jaffa menurut Jacqueline Schaalje, "Arkeolog Israel Menemukan Istana Herodes", Yahudi Majalah (Oktober 2001). Arkeolog sekarang oleh karena itu menyimpulkan bahwa pada abad ke-1, Praetorium – kediaman gubernur (Praefectus – kemudian Prokurator) – pada Bukit Barat, bukan dari Benteng Antonia, pada sisi berlawanan diametris kota itu.

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

  • Herodian arsitektur
  • Ptolemaic Baris
  • Hasmonea Baris
  • Via Dolorosa, Benteng Antonia adalah titik awalnya
  • Kolam Struthio
  • Bezetha

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Josephus, Antiquities of the Jews 18:4:3
  2. ^ B.J. v. 238
  3. ^ Pierre Benoit, "The Archaeological Reconstruction of the Antonia Fortress", page 89, in Jerusalem Revealed (edited by Yigael Yadin), (1976)
  4. ^ Yohanes 19:13
  5. ^ Pierre Benoit, The Archaeological Reconstruction of the Antonia Fortress, in Jerusalem Revealed (edited by Yigael Yadin), (1976)
  6. ^ Josephus, Jewish War 5:11:4
  7. ^ Pierre Benoit, The Archaeological Reconstruction of the Antonia Fortress, page 87, in Jerusalem Revealed (edited by Yigael Yadin), (1976)
  8. ^ Josephus, Jewish Wars, 2:14:8
  9. ^ Josephus, Jewish Wars, 5:2

Pranala luar[sunting | sunting sumber]