Benjamin Peirce

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Benjamin Peirce.

Benjamin Peirce (lahir 4 April 1809 – meninggal 6 Oktober 1880 pada umur 71 tahun) ialah seorang matematikawan Amerika yang mengajar di Universitas Harvard selama kira-kira 50 tahun. Dia bersumbangsih dalam bidang mekanika benda langit, teori bilangan, aljabar, dan filsafat matematika.

Setelah tamat dari Harvard, dia menjadi seorang asisten dosen (1829), dan kemudian diangkat menjadi dosen matematika pada 1831. Dia menambahkan astronomi ke dalam portofolionya pada 1842, dan tetap menjadi dosen Harvard hingga ajalnya tiba. Selain itu, dia juga seorang instrumentalis di dalam pengembangan kurikulum sains Harvard, berperan sebagai pustakawan, dan menjadi direktur Lembaga Survey Geodesi Nasional Amerika Serikat sejak 1867 hingga 1874.

Di dalam teori bilangan, dia membuktikan bahwa tidak ada bilangan sempurna ganjil yang kurang dari empat faktor prima.

Di dalam aljabar, dia dikenal atas pengkajiannya pada aljabar asosiatif. Dia pertama mengajukan istilah idempoten dan nilpoten pada 1870 untuk menjelaskan unsur-unsur aljabar ini, dan dia juga memperkenalkan penguraian peirce.

Di dalam filsafat matematika, dia dikenal dari pernyatannya bahwa "Matematika adalah sains yang melukiskan simpulan-simpulan yang penting",[1] dan meyakini, beserta George Boole, bahwa matematika dapat digunakan untuk menganalisis logika. Ini bertentangan dengan program Gottlob Frege dan Bertrand Russell untuk melandaskan matematika di atas logika.

Dia juga seorang saksi ahli di dalam kasus percobaan pemalsuan wasiat Howland. Analisisnya terhadap tanda tangan di dalam pertanyaan menunjukkan bahwa tanda tangan itu sangat menyerupai contoh tulisan tangan tertentu lainnya, di mana harapan kecocokan itu secara statistika terlalu jauh.

Sebagai seorang Kristen yang saleh, dia memandang "matematika sebagai pengkajian karya Tuhan melalui ciptaan-ciptaan-Nya."

Dia menikahi Sarah Hunt Mills, puteri dari Senator Amerika Serikat Elijah Hunt Mills.[2] Mereka dikaruniai tiga putera dan satu puteri: Charles Sanders Peirce logikawan ternama, James Mils Peirce, yang juga mengajar matematika di Harvard, dan Herbert Henry Davis Peirce, yang bekerja untuk Herter Brothers.

Catatan[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Baris pertama Linear Associative Algebra
  2. ^ Adams, Henry. The Life of George Cabot Lodge. halaman 4-5. Boston dan New York: Houghton Mifflin, 1911