Benjamim de Araújo e Côrte-Real

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Benjamim Côrte-Real

Prof. Drs. Benjamim de Araújo e Côrte-Real M.Si, Ph.D. (lahir 1961) adalah rektor Universidade Nacional Timór Lorosa'e.

Bersekolah di Externato de São José dari bulan Agustus 1979 hingga Juli 1984, lalu mengajar kimia dan geografi. Sejak bulan Agustus 1985 ia kuliah di Universitas Satya Wacana, Salatiga, Jawa Tengah, dan lulus dengan karya tulis mengenai perbandingan fonologi bahasa Tetun dan Inggris.

Sekembali ke Timor Timur, ia mengajar di Jurusan Bahasa Inggris di Universitas Timor Timur. Pada bulan Juli 1992, ia bertolak ke Australia untuk studi S2 di bidang linguistik terapan, yang dilanjutkan dengan studi S3 dalam bidang linguistik di Universitas Macquarie di Sydney, yang selesai pada tahun 1998 dengan disertasi berjudul Mambai and Its Verbal Art Genres: A Cultural Reflection of Suro-Ainaro, East Timor. Kemudian ia kembali mengajar di Universitas Timor Timur, dan pada bulan Maret 1999 kembali ke Macquarie University untuk kegiatan akademik.

Pada bulan Maret 2000, puteri pertamanya lahir. 8 bulan kemudian, ia diangkat sebagai staf pengajar di Universidade Nacional de Timor Lorosa'e.

Pada bulan Juli 2001, Côrte-Real diangkat sebagai direktur Lembaga Bahasa Nasional yang dibentuk oleh pemerintah, dan di bulan September ia menjadi Rektor UNTL. Tujuan pembentukan lembaga tersebut adalah menetapkan kebijakan berbahasa dan melindungi budaya dan identitas Timor Leste melalui 2 bahasa resmi, yakni Tetun dan Indonesia, untuk melawan kepentingan asing.

Côrte-Real aktif menulis bermacam hal untuk pengembangan bahasa Tetun.