Bénézet

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
(Dialihkan dari Benezet)
Santo Bénézet
Lahirca. 1163
Hermillon, Savoy, Prancis
Meninggal1184
Dihormati diGereja Katolik Roma
Pesta14 April
Atributdigambarkan sebagai seorang anak laki-laki yang membawa sebuah batu besar di pindaknya.
PelindungAvignon; para bujangan; para pembuat jembatan

Santo Bénézet (sekitar 1163-1184) adalah seorang penggembala yang membangun jembatan, sehingga dikenal sebagai "Benezet si Pembangun Jembatan".[1] Ia dilahirkan di Hermillon, Savoy, Prancis.[1] Ia datang ke Avignon sekitar tahun 1178 karena mendapat mimpi di mana ia diminta membangun sebuah jembatan di atas sungai Rhein.[1][2] Ia meyakini bahwa mimpi itu berasal dari Tuhan, sehingga ia pergi ke uskup setempat dan menceritakan mimpinya, serta memohon supaya uskup membantunya.[2] Uskup merestui hal pembangunan jembatan tersebut dan bersedia membantu.[2] Selama 9 tahun Benezet mengerjakan proyek tersebut.[2] Ketika ia meninggal, jembatan itu belum selesai dikerjakan, dan baru selesai beberapa tahun kemudian.[1][2] Setelah Benezet meninggal, orang-orang di kota itu menghormatinya sebagai seorang santo.[2]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ a b c d (Inggris) David Farmer. 1997. The Oxford Dictionary of Saints . New York: Oxford University Press. P. 50-51.
  2. ^ a b c d e f (Indonesia) Bernadette McCarver Snyder. 2001. 115 Kisah Santo-Santa yang Mengasyikkan. Yogyakarta: Kanisius. Hal. 33-34.