Bener, Majenang, Cilacap

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Bener
Desa
Negara Indonesia
ProvinsiJawa Tengah
KabupatenCilacap
KecamatanMajenang
Kodepos53257
Luas... km²
Jumlah penduduk... jiwa
Kepadatan... jiwa/km²

Bener adalah sebuah desa di Kecamatan Majenang, Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah, Indonesia. Desa Bener berjarak sekira 4,8 Km berkendara dari pusat Kecamatan Majenang dan 81 Km dari pusat Kabupaten Cilacap. Desa Bener terletak di wilayah perbukitan dengan ketinggian antara 60-400 meter diatas permukaan air laut. Terdapat 3 sungai di Desa Bener, yaitu Sungai Cijalu, Sungai Cileleung dan Sungai Cilopadang.

Batas wilayah[sunting | sunting sumber]

Batas-batas wilayahnya adalah sebagai berikut:

Utara Desa Pengadegan
Timur Desa Pengadegan, Desa Boja dan Desa Padangjaya
Selatan Desa Sindangsari dan Desa Jenang
Barat Desa Cibeunying dan Desa Sepatnunggal

Geografi[sunting | sunting sumber]

Desa Bener terletak di wilayah perbukitan dengan ketinggian antara 60-400 meter diatas permukaan air laut. Terdapat 3 sungai di Desa Bener, yaitu Sungai Cijalu di batas barat desa, Sungai Cileleung di tengah, dan Sungai Cilopadang dibatas sebelah timur. Desa Bener yang beriklim tropis dengan dua musim dalam satu tahunnya yaitu musim kemarau dan penghujan, dengan suhu udara pada siang hari berkisar antara 26 - 33 derajat Celcius.

Penduduk[sunting | sunting sumber]

Bahasa yang di gunakan adalah penduduk Desa Bener umumnya adalah bahasa sunda campuran jawa. Sedangkan agama mayoritas adalah agama islam. Profesi penduduk Desa Bener umumnya adalah bertani di persawahan dan perkebunan serta sebagai peternak ayam dan ikan lele. Hasil panen pertanian unggulan penduduk Desa Bener diantaranya adalah padi, timun, kacang panjang. daun singkong, singkong, rambutan, mangga, manggis, salak, durian, langsa, duku, jengkol dan petai.

Pendidikan[sunting | sunting sumber]

Di Desa Bener terdapat 3 Sekolah Dasar:

  1. SD Negeri 1 Bener
  2. SD Negeri 2 Bener
  3. SD Negeri 3 Bener

Potensi Wisata[sunting | sunting sumber]

Di Desa Bener terdapat potensi wisata berupa air terjun atau curug yaitu curug Curug Go'ong. Selain sebagai wisata masyarakat setempat, curug ini juga digunakan sebagai sumber irigasi bagi lahan pertanian di sekitarnya.