Bendungan Wonorejo

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Jump to navigation Jump to search
Bendungan Wonorejo
Lokasi Kecamatan Pagerwojo, Kabupaten Tulungagung, Provinsi Jawa Timur
Kegunaan Irigasi, PLTA, pengendali banjir
Status Digunakan
Konstruksi dimulai 1977-1984
Pemilik Jasa Tirta
Dam dan saluran air
Tipe bendungan Urugan batu inti tanah
Tinggi 95 meter
Panjang 545 meter

Bendungan Wonorejo adalah bendungan yang terletak di Kecamatan Pagerwojo, Kabupaten Tulungagung, Provinsi Jawa Timur. Letaknya berada di kaki Gunung Wilis atau dari pusat kota diperkirakan sejauh 12 kilometer. Dengan kapasitas sekitar 122 juta meter kubik, Bendungan Wonorejo menjadi salah satu bendungan terbesar di Indonesia. Bendungan Wonorejo diresmikan pada tahun 2001 oleh Wakil Presiden Indonesia pada tahun tersebut, yaitu Megawati Sukarnoputri, setelah dibangun selama hampir 9 tahun sejak 1992.

Pembangunan[sunting | sunting sumber]

Bendungan ini dibangun pada aliran sungai Kali Gondang di Desa Wonorejo. Panjang puncak bendungan 545 meter, lebar puncak sekitar 10 meter dan tinggi bendungan dari dasar sungai mencapai 95 meter. Konsultan design bendungan oleh Nippon Koei Co.Ltd Jepang dan PT. Indah Karya. Sedangkan kontraktor pembangunannya dikerjakan oleh Hasama Gumi, Kajima Co. TAISEI dan PT. Pembangunan Perumahan dengan biaya Rp 77 Miliar ditambah ¥ 18,456 Miliar. Waduk dari bendungan ini memiliki luas muka air 380 hektar dengan apasitas sekitar 122 juta meter kubik. Sungai utama yang memasok air adalah Kali Gondang dan Kali Wangi.

Pemanfaatan[sunting | sunting sumber]

Bendungan Wonorejo memiliki fungsi penting sebagai salah satu pusat tenaga listrik 6,02 MW dan sumber air minum sebesar 8,02 meter kubik per detik di Provinsi Jawa Timur. Bendungan ini juga berfungsi sebagai sumber irigasi bagi lahan pertanian seluas 7.540 hektar serta untuk pencegah banjir di Tulungagung yang dulu sering melanda kota tersebut, bersama Bendungan Niyama di Kecamatan Besuki. Kini, Bendungan Wonorejo juga berfungsi sebagai salah satu objek wisata andalan Kabupaten Tulungagung selain Pantai Popoh. Beberapa sarana akomodasi telah dibangun di sekitar Bendungan Wonorejo, salah satu yang besar adalah Swa-Loh Resort.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]