Bendungan Tiu Kulit

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Bendungan Tiu Kulit
NamaBendungan Tiu Kulit
LokasiKabupaten Sumbawa, Nusa Tenggara Barat
KegunaanIrigasi, PLTA
StatusDigunakan
Konstruksi dimulai1991
Mulai beroperasi1994
Dam dan saluran air
Tipe bendunganUrugan batu
Tinggi24,4 meter
Panjang264 meter

Bendungan Tiu Kulit adalah bendungan yang terletak di Kabupaten Sumbawa, Nusa Tenggara Barat, Indonesia. Bendungan ini dibangun pada alur Sungai Brang Bera di Desa Simu, Kecamatan Maronge. Bendungan Tiu Kulit diresmikan oleh Presiden Soeharto. Bendungan ini memiliki kapasitas tampung 11 juta meter kubik dan luas genangan mencapai 110 hektare.

Pembangunan[sunting | sunting sumber]

Pembangunan konstruksi Bendungan Tiu Kulit dimulai pada tahun 1991 hingga 1994 dengan biaya sebesar Rp. 25 Miliar. Bendungan ini dikerjakan oleh kontraktor PT. Wijaya Karya dan konsultan design oleh Nippon Koei Co. Ltd.

Fungsi[sunting | sunting sumber]

Bendungan Tiu Kulit memiliki fungsi utama untuk sarana irigasi dan pembangkit listrik tenaga air (PLTA). Selain itu juga berfungsi sebagai sarana budidaya perikanan air tawar, sarana olahraga air, sarana rekreasi, dan lain sebagainya. Bendungan ini difungsikan sebagai pusat pengairan untuk mengairi daerah irigasi (DI) seluas 1.800 hektar di Kabupaten Sumbawa. Selain itu, bendungan ini juga bermanfaat sebagai pengendali banjir, penyedia air baku sebesar 8,31 liter/detik, dan pembangkit tenaga listrik sebesar 75 kW.

Referensi[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]