Bendera Sisilia

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Sisilia
Nama Trinacria
Pemakaian Bendera sipil dan negara
Perbandingan 3:5
Dipakai 4 Januari 2000
Rancangan Terbagi secara diagonal dari sudut atas; segitiga atas berwarna merah dan segitiga bawah berwarna kuning; di tengahnya adalah triskelion Sisilia yang menampilkan Gorgon.

Bendera Sisilia (Bahasa Sisilia: Bannera dâ Sicilia; Bahasa Italia: Bandiera Siciliana) adalah bendera yang digunakan di daerah otonomi Sisilia di Italia. Bendera ini pertama kali diadopsi pada tahun 1282, setelah pemberontakan Vespiri Sisilia berhasil melawan raja Carlo I dari Napoli.

Tinjauan Umum[sunting | sunting sumber]

Bendera ini dikarakteri dengan adanya triskelion (trinacria) di tengahnya, kepala Medusa (Gorgon), dan tiga kepala bantalan biji gandum. Tiga kaki bengkok pada bendera tersebut diduga mewakili tiga titik dari bentuk segitiga Pulau Sisilia, atau tiga valli historis pulau tersebut.[1] Rancangan terbaru bendera ini menjadi bendera sipil resmi Daerah Otonomi Sisilia pada tanggal 4 Januari 2000, setelah berlakunya undang-undang sesuai yang mendukung penggunaannya pada bangunan umum, sekolah, balai kota, dan tempat-tempat lain di mana mewakili Sisilia.

Bendera ini terbagi dua secara diagonal terhadap daerah berwarna merah dan kuning. Warna merah mewakili kotamadya Palermo sementara warna kuning mewakili Corleone, yang pada abad pertengahan merupakan kota pertanian yang terkenal. Palermo dan Corleone adalah dua kota pertama yang membentuk konfederasi untuk melawan peraturan Angevin. Saat ini, triskelion (atau trisceli) juga banyak dianggap sebagai simbol dari Sisilia yang sebenarnya. Simbol ini juga dikenal sebagai trinacria, yang juga merupakan nama kuno Sisilia. Nama itu juga dihidupkan kembali dan digunakan selama periode Aragon Kerajaan Sisilia segera setelah Vespiri Sisilia pada tahun 1282 yang mengakhiri kekuasaan Angevin.

Bendera Lainnya[sunting | sunting sumber]

Bendera Kerajaan Sisilia

Selama masa pemerintahan Muslim di bawah Emirat Sisilia (831-1072), pulau ini menggunakan bendera hijau polos, serupa dengan bekas bendera nasional Libya di bawah kepemimpinan Muammar Gaddafi.

Selain itu, bendera lain di mana triskelion digambarkan adalah bendera Pulau Man.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Dana Facaros; Michael Pauls (2008). Sicily (edisi ke-illustrated). New Holland Publishers. hlm. 222. ISBN 9781860113970. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]