Bendera Republik Sosialis Soviet Kirgizstan

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Republik Sosialis Soviet Kirgizstan
(Kirgizia)
Flag of the Kyrgyz Soviet Socialist Republic.svg
Perbandingan 1:2
Dipakai 22 Desember 1952
Rancangan Bendera merah dengan palu arit emas dan bintang merah dengan garis emas di bagian atasnya dengan dua garis biru tua dan garis putih di bagian tengah bendera.
Perancang Truskovsky Lev Gavrilovich
Flag of the Kirghiz Soviet Socialist Republic (reverse).svg
Bendera Republik Sosialis Soviet Kirgizstan tanpa palu arit. (Digunakan juga sebelum 1992).
Pemakaian Bagian belakang bendera
Perbandingan 1:2

Bendera RSS Kirgizstan diadopsi oleh Presidium Dewan Tertinggi RSS Kirghizstan pada tanggal 22 Desember 1952 melalui dekritnya. Dalam konstitusi RSS Kirgizstan 1978 disebutkan bahwa bendera ini memiliki rasio 1:2 dengan garis-garis biru/putih/biru terletak di bagian tengah dengan ukuran lebarTemplat:1/3 garis-garis dari total lebarnya dan garis putih berukuran lebar​120 dari total lebar bendera. Warna merah, biru dan putih pada bendera ini berasal dari warna Pan-Slavic. Menurut konstitusi secara rinci dalam pasal 168:

"Bendera nasional Republik Sosialis Soviet Kirgizstan adalah Bendera merah dengan sebuah garis biru di bagian tengah sepanjang bendera. Lebar garis biru adalah satu pertiga lebar bendera. Di sepanjang garis biru di bagian tengah adalah garis putih, sama dengan satu perdua puluh lebar bendera. Di bagian merah atas, di bagian sudut, digambarkan sebuah Palu arit emas dan di atasnya sebuah bintang merah bersudut lima dengan garis emas. Rasio dari lebar dan panjang bendera adalah 1:2."

— Konstitusi RSS Kirgizstan, 20 April 1978.[1]

Perbedaan bendera ini dari bendera Uni Soviet dan bendera Republik Soviet adalah pada gambar bintang yang lebih besar (dibandingkan dengan gambar palu arit) dan lokasi palu arit tepat pada perbatasan warna merah dan garis biru: pada semua bendera republik lainnya (kecuali Georgia dan Turkmenistan), ukuran diameter lingkaran dari bintang digambarkan persis setengah ukuran dari posisi palu arit digambarkan, dan pada bendera Kirghizia, ukuran diameter bintang(​110 dari lebar bendera) lebih dari setengah bagian sisi persegi (​16 dari lebar bendera).[2]

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Setelah terbentuknya RSS Kirgizstan pada 5 Desember 1936, bendera pertama RSS Kirgizstan mulai digunakan.

"Bendera nasional Republik Sosialis Soviet Kirgizstan adalah bendera merah bertuliskan "Kyrgyz SSR" dituliskan dengan Bahasa Kirgiz di atas dan dalam Bahasa Rusia di bawah di bagian sudut kiri atas bendera. Rasio lebar dan panjangnya adalah 1:2."

— Konstitusi RSS Kirgizstan, 23 Maret 1937

Tampilan awal dari bendera tersebut menggunakan versi Latin dari huruf Kirgiz. Bendera ini digunakan mulai 1937 hingga 1940.

Setelah penggunaan huruf Kiril dibuat desain bendera baru.

Pada 22 Desember 1952, bendera merah ini diganti dengan bendera merah yang baru dengan garis-garis biru dan putih di bagian tengah sepanjang bendera.

Setelah kemerdekaan, bendera ini tetap menjadi bendera Kirgizstan hingga tahun 1992 kemudian Kirgizstan memperkenalkan bendera baru.

Lihat juga[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]