Bendera Olimpiade Tionghoa Taipei

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Bendera Tionghoa Taipei yang digunakan dalam Olimpiade
Bendera Republik Tiongkok

Bendera Olimpiade Tionghoa Taipei adalah bendera yang digunakan oleh tim Republik Tiongkok, yang berkompetisi di bawah nama "Tionghoa Taipei", selama pesta olahraga olimpiade dan kejuaraan Dunia Bisbol Klasik sebagai pengganti bendera Republik Tiongkok. Ini merupakan akibat dari hubungan Lintas Selat yang kompleks antara Republik Tiongkok dan Republik Rakyat Tiongkok. Bendera olimpiade ini telah digunakan sejak tahun 1980, menyusul keputusan oleh Komite Olimpiade Internasional bahwa Republik Tiongkok tidak dapat berkompetisi dengan menggunakan nama atau bendera negaranya.

Karena pembatasan ini, Lagu Kebangsaan Republik Tiongkok juga tidak bisa dimainkan ketika tim memenangi medali, sehingga sebagai gantinya, Lagu Bendera Nasional Republik Tiongkok yang dimainkan selama pengibaran bendera dalam upacara pengalungan medali.

Bendera ini menunjukkan Langit Biru dengan sebuah Matahari Putih (lambang negara Republik Tiongkok dan Kuomintang) dan cincin Olimpiade, dikelilingi oleh bunga Prunus mei (bunga nasional Republik Tiongkok) berkelopak lima, yang digambar dalam warna merah, putih, dan biru (warna dari bendera Republik Tiongkok).[1]

Kasus pengadilan atas keputusan Komite Olimpiade Internasional[sunting | sunting sumber]

Pada tahun 1971, Taiwan - secara resmi Republik Tiongkok - dipaksa menarik diri dari Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) setelah Majelis Umum mengesahkan sebuah mosi yang mengakui Republik Rakyat Tiongkok sebagai satu-satunya wakil sah dari Tiongkok di PBB.[2]

Komite Olimpiade Internasional mengadopsi Resolusi Nagoya pada bulan November tahun 1979 yang menyerukan "Komite Olimpiade Republik Tiongkok" harus mengubah namanya menjadi "Komite Olimpiade Tionghoa Taipei" dan mengadopsi bendera dan lagu kebangsaan baru jika ingin berpartisipasi dalam olimpiade. Republik Tiongkok sangat tidak setuju dengan keputusan tersebut dan menggugat IOC di Swiss.[3] Republik Tiongkok mengklaim bahwa syarat-syarat mengenai nama, bendera, dan lagu negaranya melanggar artikel 6, 64, dan 66 dari Piagam Olimpiade. Namun, meskipun mengajukan banding putusan pengadilan awal, Republik Tiongkok tidak berhasil. Pada tanggal 15 Januari 1980, pengadilan Swiss menolak upaya Republik Tiongkok untuk tetap berada dalam gerakan olimpiade dengan nama "Republik Tiongkok."[4][5][6]

Setelah melalui serangkaian keberatan kuat, Taiwan secara resmi menerima kompromi pada tahun 1981, dan pulau tersebut berkompetisi dalam Olimpiade pertamanya pada tahun 1984, pada Olimpiade musim dingin di Sarajevo.[2]

Bendera lainnya[sunting | sunting sumber]

Untuk acara olahraga yang terafiliasi dengan olimpiade dan internasional lainnya, Taiwan menggunakan variasi bendera olimpiade seperti:

Galeri[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "National Flower of the Republic of China". Government Information Office of the Republic of China. 2007-04-12. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2008-05-03. Diakses tanggal 2016-11-11. 
  2. ^ a b Griffiths, James (2016-08-06). "What's in a name? Anger in Taiwan over 'Chinese Taipei' Olympics moniker". CNN. Diakses tanggal 2016-11-11. 
  3. ^ The Times, November 24, 1979
  4. ^ The Times, January 17, 1980
  5. ^ "Taiwan requests meets court folly; Swiss gives Peking go-ahead". The Spokesman Review. 1980-01-16. Diakses tanggal 2011-09-23. 
  6. ^ "Swiss court dismisses Taiwan case". Bangor Daily News. 1980-01-16. Diakses tanggal 2011-09-23.