Bendera New Mexico

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Negara Bagian New Mexico
Pemakaian Bendera sipil dan negara Simbol vexillologis kecil atau piktogram berwarna hitam putih yang menunjukkan perbedaan penggunaan benderaSimbol vexillologis kecil atau piktogram berwarna hitam putih yang menunjukkan perbedaan penggunaan benderaSisi sebaliknya kongruen dengan sisi depan
Perbandingan 2:3
Dipakai 15 Maret 1925; 99 tahun lalu (1925-03-15)
Rancangan Warna merah dan emas (kuning) dari bendera lama Spanyol. Terlihat simbol surya Zia berwarna merah dengan latar belakang bendera berwarna kuning.
Perancang Reba Mera[1][2]

Bendera New Mexico resmi terdiri atas simbol surya berwarna merah suku Zia dengan latar belakang warna emas (kuning). Bendera ini sudah digunakan semenjak tahun 1925 guna menonjolkan warisan dari penduduk asli Amerika dan Hispano di negara bagian New Mexico. Bendera ini mencampuri simbol suku Pueblo yang mempunyai sejarah kuno di negara bagian tersebut, dengan warna bendera Spanyol yang sudah mendirikan dan memerintah Nuevo México selama lebih dari dua setengah abad.

Bendera New Mexico adalah salah satu bendera yang unik dan mudah dikenal di Amerika Serikat,[3] terutama karena rancangan benderanya yang sederhana dan indah.[4] Bendera ini adalah salah satu dari empat bendera bendera negara bagian Amerika Serikat yang tidak ada warna biru (termasuk juga bendera lain seperti Alabama, California, dan Maryland) serta dari antara empat bendera itu, bendera New Mexico tidak mempunyai warna putih sama sekali.[5][note 1] Bendera New Mexico adalah salah satu dari dua bendera negara bagian Amerika Serikat (selain Oklahoma) yang mempunyai lambang khas penduduk asli Amerika.[note 2]

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Catatan[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Walaupun bendera Distrik Columbia tidak ada warna biru, tetapi sebagian benderanya ada warna putih, sehingga New Mexico menjadi satu-satunya bendera di Amerika Serikat yang tidak mempunyai warna biru maupun putih.
  2. ^ Bendera Massachusetts, Minnesota, dan Florida mempunyai lambang negara bagian yang menampilkan penduduk asli.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ The Flag Book of the United States karya Whitney Smith (1970), p. 174.
  2. ^ "State Flag". New Mexico Secretary of State. Diakses tanggal 27 Agustus 2022. 
  3. ^ Edward B. Kaye (10 Juni 2001). "2001 State/Provincial Flag Survey" (PDF). nava.org. North American Vexillological Association. 
  4. ^ "flag of New Mexico | United States state flag | Britannica". www.britannica.com (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2022-12-02. 
  5. ^ "List of US state flags and territories". ballotpedia.org (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2021-01-11. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]