Belvedere (struktur)

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Belvedere di kota Garda, Italia.

Belvedere /ˈbɛlvdɪər/ atau belvidere (dari bahasa Italia yang berarti "pemandangan yang indah") adalah struktur yang dengan sengaja dibangun di tempat dengan pemandangan yang indah.[1] Belvedere dapat dibangun di bagian atas suatu bangunan, baik itu berupa menara, kupola atau galeri terbuka.[2] Belvedere juga dapat berupa paviliun terpisah di kebun.

Istilah ini juga dapat digunakan untuk seluruh bangunan, seperti Istana Belvedere di kota Wina atau Belvedere Castle di New York.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Di lereng bukit di atas Istana Vatikan, Antonio Pollaiuolo membangun paviliun kecil (casino dalam bahasa Italia) yang diberi nama palazzetto atau Belvedere untuk Paus Innosensius VIII. Beberapa tahun kemudian, Donato Bramante mengaitkan Vatikan dengan Belvedere dengan membangun Cortile del Belvedere ("Lapangan Belvedere"). Maka dimulainya tren pembangunan belvedere pada abad ke-16.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Belvedere". britannica.com. Diakses tanggal 6 July 2017. 
  2. ^ "Belvedere bell ve DEER". Illustrated Architecture Dictionary. buffaloah.com. Diakses tanggal 6 July 2017. 
  • Roth, Leland M. (1993). Understanding Architecture: Its Elements History and Meaning. Oxford, UK: Westview Press. hlm. 342–3. ISBN 0-06-430158-3.