Bekerja Mengikuti Peraturan

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian

Bekerja mengikuti peraturan adalah tindakan industri di mana karyawan melakukan pekerjaan tidak lebih dari minimum yang diperlukan oleh aturan kontrak mereka, dan justru mengikuti semua keselamatan atau peraturan lainnya, yang dapat menyebabkan perlambatan atau penurunan produktivitas, karena mereka tidak lagi bekerja saat istirahat atau selama tambahan jam dan akhir pekan tanpa dibayar (memeriksa email, misalnya).[1][2] Tindakan tersebut dianggap kurang mengganggu dari pemogokan atau lockout, dan mematuhi aturan-aturan menyebabkan kerentanan terhadap tindakan disipliner. Contoh-contoh yang dimaksud antara lain seperti perawat yang menolak untuk menjawab telepon, guru menolak untuk bekerja secara gratis di malam hari dan selama akhir pekan dan hari libur, dan polisi menolak untuk mengeluarkan kutipan. Penolakan untuk bekerja lembur, perjalanan dinas, atau pendaftaran untuk tugas-tugas lain yang membutuhkan karyawan persetujuan adalah manifestasi lain dari menggunakan kerja-untuk-aturan sebagai aksi industrial.

Hal itu dijelaskan oleh Sir John Donaldson sebagai keputusan untuk "Memberikan aturan makna yang tidak masuk akal orang yang bisa memberi mereka dan bekerja untuk itu."[3]

Kadang-kadang istilah "rule-book slowdown" digunakan dalam arti yang sedikit berbeda dari "kerja-untuk-aturan": mantan melibatkan menerapkan to-the-surat-aturan yang biasanya disisihkan atau ditafsirkan secara harfiah kurang-lebih untuk meningkatkan efisiensi; kedua, menahan diri dari kegiatan-kegiatan yang lazim, tetapi tidak diharuskan oleh aturan atau job description, tetapi istilah ini dapat digunakan secara sinonim.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Gareth Morgan (1998). Images of Organization. Thousand Oaks, California USA: Sage Publications. hlm. 165. ISBN 0-7619-1752-7. Diakses tanggal 20 June 2012. 
  2. ^ "Air Canada Hit By Work-to-Rule", The Sun, Vancouver, British Columbia, Canada, hlm. 1–2, 9 December 1968, diakses tanggal 20 June 2012  Lebih dari satu parameter |accessdate= dan |access-date= yang digunakan (bantuan)
  3. ^ Secretary of State v. ASLEF (No. 2) [1972] 2 All E.R. 949 at 959 (N.I.R.C.) per Sir John Donaldson. Cited in William Twining and David Miers (2010). How to Do Things with Rules. Cambridge University Press. hlm. 41. ISBN 978-0-521-19549-2. Diakses tanggal 26 December 2012.