Begum Om Habibeh Aga Khan

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian

Begum Om Habibeh Aga Khan
Yvette Labrousse 1930.jpg
Lahir(1906-02-15)15 Februari 1906
Sète, France
Wafat1 Juli 2000(2000-07-01) (umur 94)
Le Cannet, France
Pemakaman
Nama lengkap
Yvonne Blanche Labrousse
AyahAdrien Labrousse
IbuMarie Brouet
PasanganAga Khan III (m.1944)
PekerjaanMiss France 1930

Begum Om Habibeh Aga Khan (lahir 15 Februari 1906 – meninggal 1 Juli 2000 pada umur 94 tahun) adalah istri keempat dan terakhir dari Sir Sultan Muhammad Shah, Aga Khan III. Pasangan ini menikah tiga belas bulan setelah Aga Khan III dan istri ketiganya bercerai karena kesepakatan.[1] Begum dikenal sebagai pribadi yang murah hati dan mengasihi orang miskin serta orang tua.[2] Yayasannya, Egyptian Om Habibeh, bekerja untuk mengentaskan kemiskinan dan meningkatkan kualitas hidup di daerah sekitar Aswan, Mesir, dan Le Cannet tempat dia menetap untuk pensiun. Dia berpartisipasi dalam gerakan-gerakan yang mengangkat masalah perempuan dan dan seniman ahli dalam bidang pemahatan. Dia tertarik di berbagai kesenian antara lain musik klasik, balet, dan opera. Begum meninggal pada usia 94 tahun di Le Cannet dan dimakamkan di dekat makam suaminya di Aswan.

Biografi[sunting | sunting sumber]

Awal kehidupan[sunting | sunting sumber]

Yvette Labrousse yang memiliki nama asli Yvonne Blanche Labrousse lahir di Sète, France pada 15 Februari 1906. Dia adalah puteri dari Adrien Labrousse, seorang kondektur trem, dan Marie Brouet, seorang penjahit. Keluarganya pindah di Cannes dan kemudian di Lyon di mana Yvette muda menghabiskan sebagian masa kanak-kanaknya. Tahun 1929, saat dia berusia dua puluh tahun, dia menjadi Miss Lyon dan satu tahun kemudian dia memenangi kontes kecantikan Miss Prancis. Sebagai ratu kecantikan Prancis, dia berkunjung ke beberapa negara. Dia pindah ke Kairo dan memeluk agama Islam.[3]

Masa menikah[sunting | sunting sumber]

Yvette Labrousse bertemu Sir Sultan Muhammad Shah, Aga Khan III di Mesir dan menikah pada 9 Oktober 1944 di Swiss. Nama baru Begum diasumsikan kepada nama Om Habibeh setelah salah satu istri Nabi Muhammad.[3] Suaminya memberi nama panggilan "Yaky", yang disusun dari inisial "Yvette", "Aga" and "Khan". Begum merancang villa mereka di Le Cannet dekat Cannes dan bernama "Yakymour", kombinasi dari nama panggilannya "Yaky" dan "Amour", kata dalam bahasa Prancis untuk "cinta".[4] Pasangan itu hidup dengan mesra, saling mengasihi satu sama lain.

Pada tahun 1954, Om Habibeh diberikan gelar Mata Salamat, yang artinya tenang atau ibu yang damai. Atas pernikahannya dengan Begum Om Habibeh, Aga Khan III menulis memoar, "I can only say that if a perfectly happy marriage be one in which there is a genuine and complete union and understanding, on the spiritual, mental, and emotional planes, ours is such."[1] Tak lama sebelum meninggalnya, Aga Khan III memilih sebuah lokasi di West Bank Nile sebagai peristirahatan terakhirnya.[5] Lokasi ini memiliki simbol, abad sebelum nenek moyang Aga Khan mendirikan dinasti Fatimid yang beribu kota di Kairo.[5][6][7][8][9]

Penghargaan[sunting | sunting sumber]

Penghargaan dari Iran[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ a b Aga Khan III, Sir Sultan Muhammad Shah (1954). The Memoirs of the Aga Khan: World Enough and Time. London: Cassel & Company. hlm. 274,. 
  2. ^ Aga Khan’s ‘Red Rose’ Buried. BBC News. 4 July 2000. 
  3. ^ a b Frischauer, Willi (1970). The Aga Khans. London: The Bodley Head Ltd. 
  4. ^ Jackson, Stanley (1952). The Aga Khans: Prince, Prophet and Sportsman. London: Odham's Press Ltd. 
  5. ^ a b "Faithful to the Man and the Place". Al Ahram Weekly. 23–29 April 1992. 
  6. ^ "Aga Khan III, Yvette Blanche Labrousse, Begum – (1906 – 2000)". A Bit of History. Diakses tanggal 26 July 2013. 
  7. ^ Begum Sultan Mahomed Shah Aga Khan. Secrétariat de Son Altesse l’Aga Khan. Aiglemont, France. 1 July 2000. 
  8. ^ Farag, Farah. "In the name of the rose". Al Ahram Weekly. 
  9. ^ Monbreault, Catherine (11–17 July 2000). La bégum domine desormais le Nil. Ici Paris. 
  10. ^ Badraie
  11. ^ Badraie
  12. ^ Badraie
  13. ^ Badraie
Didahului oleh:
Madeleine Mourgues [fr]
Miss Prancis
1930
Diteruskan oleh:
Jeanne Juilla [fr]